Oleh Febi Tias Indriyani

Mahasiswi PGMI INISNU Temanggung


Pendidikan merupakan hal yang esensial dilakukan semua orang. Pendidikan sebagai suatu proses yang sangat diperlukan untuk mendapatkan kesempurnaan dan perkembangan pada setiap individu. Pendidikan mempunyai tujuan dan maksud tertentu yang mengarahkan individu untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Setiap orang berhak mendapatkan suatu pendidikan untuk dapat mencapai suatu yang diinginkan. 

Pendidikan Sekolah Dasar (SD) memegang kedudukan penting untuk perkembangan peserta didik. Dimana pada tahap ini peserta didik dibekali kemampuan dasar sesuai dengan tingkat pekembangannya untuk memastikan perkembangan pengetahuan, kepribadian, keterampilan, dan biologis peserta didik sehingga nantinya mampu melanjutkan proses perkembangan ke tingkatan yang lebih tinggi. Dengan ini maka lembaga pendidikan mempunyai tujuan untuk membantu peserta didik dalam pencapaian perkembangan yang optimal. Sehingga diperlukan bimbingan  dan konseling pada sekolah dasar untuk menjadikan pendidikan yang berkualitas. 

Bimbingan dan Konseling adalah suatu upaya yang dilakukan oleh pembimbing dalam rangka membantu perkembangan atau pengoptimalan peserta didik. Bimbingan dan konseling termasuk dalam program pendidikan yang secara keseluruhan membantu dan memberikan layanan kepada individu secara khusus dimana setiap layanan yang diberikan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik. Adanya bimbingan konseling dimaksudkan untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik yang berkiatan  dengan lingkungannya. 

Bimbingan konseling sangat diperlukan di sekolah dasar karena tidak lepas dari namanya problematika pendidikan. Seperti yang telah diketahui bahwa peserta didik usia sekolah dasar adalah yang berusia antara enam sampai tiga belas tahun. Dalam masa perkembangannya peserta didik usia sekolah dasar kadang menghadapi masalah-masalah dan mengalami kesulitan. Yang menjadikan mereka membutuhkan bantuan dari orang lain khususnya pendidik dan orang tuanya. Pada lembaga pendidikan sekolah dasar peserta didik mulai mengenal lingkungan yang lebih luas sehingga mengharuskan mereka untuk belajar menyesuaikan diri. Mereka juga mulai belajar memahami aturan, norma, dan nilai di lingkungan baik itu keluarga, sekolah maupun masyarakat. 

Bimbingan konseling mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pendidikan. Dimana untuk membatu mengingkatkan perkembangan kepribadian peserta didik sebagai bekal di masa depan. Bimbingan konseling diperlukan di sekolah untuk mengatasi permasalahan-permasalahan baik di sekolah maupun lingkungannya. Pelaksanaan bimbingan konseling dalam praktinya tidak sedikit untuk mengatasi permasalahan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menghadapi masalah yang berasal dari peserta didik sendiri maupun dari lingkungan sekitarnya. 

Bimbingan dan konseling di sekolah dasar dapat mengembangkan peserta didik menjadi insan yang cerdas. Bimbingan konseling tidak hanya mengatasi peserta didik yang mempunyai permasalahan saja. Tetapi, juga banyak membantu dalam segala aspek perkembangan peserta didik baik dalam akademik, sosial, bakat, penyesuaian diri, dan lain sebagainya. 

Bimbingan dan konseling diberikan untuk semua peserta didik yang sedang berkembang dan dalam proses pertumbuhan untuk mencapai perkembangan pribadi yang optimal. Bimbingan Konseling mengarahkan peserta didik untuk lebih maju baik dalam perkembangan maupun akademik, bisa menyelesaikan permasalahan, mempunyai hubungan baik dengan lingkungan sekitar, mempunyai target untuk pencapaian hasil belajar. Tujuan BK pada setiap jenjang pendidikan sama untuk membantu peserta didik mencapai bakatnya dan berusaha mencegah adanya masalah yang akan muncul. 

Adanya bimbingan dan konseling yang sudah diberikan kepada peserta didik dapat menjadikan peserta didik menjadi pribadi yang baik dan berperilaku positif. Karena tidak ada maksud lain dari adanya bimbingan konseling selain untuk mengembangkan kepribadian peserta didik menjadi lebih baik dan mendukung keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran untuk menyiapkan bekal di masa depan. 




Bagikan :

Tambahkan Komentar