Hariantemanggung.com - Sedikitnya, ada 22 kuliner khas Temanggung, Jawa Tengah yang membuat Anda dijamin ngiler ketika tidak segera mencicipinya. Sebagai salah satu kabupaten di Jateng yang dekat dengan Wonosobo, Magelang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Kendal, dan daerah lain, Temanggung memiliki keunikannya sendiri.

Selain wisata kuliner, Anda juga bisa menikmati berbagai objek wisata khas Temanggung yang bisa menghibur dan melepas penat bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Oleh karena itu, jangan lupa mampir ke objek wisata Temanggung jika Anda bukan asli orang Temanggung.

Baca juga: Daftar Objek Wisata Temanggung yang Wajib Anda Kunjungi!

Selain itu, di Temanggung juga memiliki penginapan atau daftar hotel murah yang bisa Anda jadikan rujukan menginap ketika Anda berlibur, berwisata atau melepas penat bersama some one atau bersama-sama keluarga. Jangan lupa, cek barang bawaan Anda agar nyaman ketika berwisata di Temanggung.

Baca juga: Daftar Hotel, Penginapan, Homestay dan Wisma Murah di Temanggung

Oleh karena itu, untuk melengkapi perjalanan Anda, berikut redaksi hariantemanggung.com telah mengulas dan menemukan sejumlah 22 kuliner khas Temanggung yang pasti membuat Anda ngiler dan ketagihan.

1. Iwak Kali Laras Soropadan Temanggung
Iwak Kali Laras Soropadan Temanggung merupakan salah satu makanan khas atau kuliner khas yang bisa Anda temukan di Temanggung saja.
Foto: Foursquare

Untuk lokasinya adalah terletak di Soropadan, Secang (10 km dari Temanggung arah Semarang). Di sini, Anda bisa menikmati berbagai jenis ikan, sebab di sana memang tersedia iwak (ikan) kali yang disajikan dengan sambel korek.

2. Brongkos Kikil Kepala Kambing khas Temanggung
Brongkos Kikil Kepala Kambing khas Temanggung ini juga hanya bisa Anda temukan dan santap di Temanggung Kota Tembakau. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga dan jangan lupa ya, ajak saudara-saudara dan teman kuliah atau sekolah dan rekan kerja Anda.
Salah satu penjual brongkos kikil, yaitu Pak Pujo. Foto: pelesirtemanggung.wordpress.com

Penjual brongkos kikil kambing saat melayani pembeli. Foto: merdeka.com

Untuk lokasinya, yaitu terletak di Tembarak (10 km ke arah gunung Sumbing). Kuliner brongkos kepala kambing ini khas Temanggung, terutama bagian lidah dan otaknya. Buka jam 08.00-17.00 WIB. Anda bisa ke sana menikmati makanan ini, eits jangan lupa ya, ajak orang tersayang agar pertemuan Anda lebih berkesan dan langgeng.

3. Nasi Goreng Tembakau khas Temanggung
Nasi Goreng Tembakau khas Temanggung yang bikin Anda kangen banget, ya kangen bingit kalau istilah anak-anak muda sekarang lah.
Nasi goreng Tembakau khas Temanggung. Foto: Tempo.co

Anda bisa menemukan nasi goreng tembakau ini di beberapa lokasi di Kabupaten Temanggung. Jika biasanya kuliner itu berupa nasi goreng ayam, nasi goreng telur, lah ini justru nasi goreng tembakau bro. Tentu maknyus tenan. Belum pernah nyoba, ya ayo segera ambil uang di ATM Anda dan bersama-sama ke lokasinya.

Perlu diketahui, nasi goreng tembakau ini ada dua jenis loh. Pertama adalah nasi goreng mbako srinthil yang memang harganya lebih mahal, yakni Rp 19 ribu. Kedua adalah nasi goreng mbako, ya memang harga nasi goreng mbako biasa hanya Rp 14 ribu.

Anda bisa menemukan nasi goreng mbako srinthil, khas Temanggung di berbagai tempat. Tapi ingat, jangan kaget kalau rasanya memang maknyus bingit.

4. Tiwul Temanggung
Tiwul khas Temanggung ini adalah salah satu bagian dari kuliner khas Temanggung jaya. Anda bisa mendapatkannya di pasar-pasar tradisional di sekitar Temanggung. Harap diingat, rasanya yang maknyus, akan sangat berkesan jika Anda mencicipinya bersama orang tersayang, ya tersayang maksud redaksi hariantemanggung.com ya ibu dan bapak serta keluarga.
Tiwul khas Temanggung. Foto: satriabajahitam.com

Oh iya, tiwul apaan sih? tiwul di sini merupakan makanan khas Temanggung yang dalam presentasi / penampilan cukup sederhana dan merakyat, tetapi soal rasa, yo ojo ditakonke.

Makanan tiwul adalah makanan yang terbuat dari singkong, ada juga yang terbuat dari tepung gaplek dan diberikan air, diaduk sampai berbentuk butir-butir seperti pasir. Kemudian dipanaskan memakai dandang, kemudian disiram gula merah di atasnya.


5. Empis-empis Tahu Tempe khas Temanggung
Empis-empir tahu tempe khas Temanggung ini terbuat dari bahan dasar tempe dan tahu yang dicampur dengan beberapa sayuran.
Empis-empir Tahu Tempe khas Temanggung. Foto:cokpad.com

Hampir di semua warung makan kecil dan besar seperti restoran melengkapi koleksinya dengan empis-empis khas Temanggung ini.


6. Buntil khas Temanggung
Buntil khas Temanggung adalah merupakan kuliner khas Temanggung yang wajib Anda cicipi bersama keluarga maupun bersama pasangan tercinta.
Buntil khas Temanggung. Foto: kokiku.tv

Buntik ini adalah makanan lokal yang bahan dasarnya berupa parutan daging kelapa yang dicampur dengan ikan teri dan bumbu-bumbu. Kemudian dibungkus dengan daun pepaya dan direbus dalam santan. Biasanya disajikan saat ada momen-momen tertentu.

Anda bisa menemukan Buntil khas Temanggung ini dengan mudah. Jika Anda bukan orang Kedu atau di wilayah Temanggung, silakan tanya saja kepada warga setempat, pasti nanti dikasih tahu.

7. Lento khas Temanggung
Makanan khas Temanggung berikutnya adalah lento. Namanya unik memang, namun dari hasil ulasan yang digali hariantemanggung.com, makanan ini ternyata menjadi makanan favorit loh bagi para wisatawan maupun warga Temanggung.
Makana Lento. Foto; makananminumankue.blogspot.com

Secara kulineris, lento merupakana makanan khas Temanggung yang bahan dasarnya terbuat dari singkong yang telah ditumbuk halus untuk kemudian diberikan campuran kedelai dan tepung. Lalu digoreng.

Ada beberapa jenis lento, sehingga kadang disebut lento-lento; tergantung dari kacang yang menjadi campurannya, seperti lento kedelai yang campurannya berupa kacang kedelai; lento kacang hijau yang campurannya berupa kacang hijau; lento singkong yang campurannya berupa singkong dan kacang tolo.


8. Ndas Borok khas Temanggung

Ndas borok adalah salah satu makanan khas Temanggung yang bisa dengan mudah Anda dapatkan bersama keluarga atau gebetan yang baru Anda ajak kencan pertama kali. Eits, bagi yang jomblo juga nggak masalah kok jika mau makan ndas borok khas Temanggung ini.
Ndas Borok khas Temanggung. Foto; hanifweb.wordpress.com

Nama yang unik, membuat Anda pasti penasaran dengan badhokan yang. Secara kulineris, ndas borok adalah makanan lokal khas Temanggung yang terbuat dari parutan kelapa dan singkong yang di atasnya ditaburi gula jawa yang meleleh ketika dikukus.

Loh, terus mengapa kok dinamakan Ndas Borok? Ya memang karena memang tampilannya seperti kepala yang borok. Jadi, disarankan ketika memakannya tidak membayangkan kepala yang borok. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mencicipi makanan unik dan menarik yang satu ini. Cekidot!

9. Bajingan khas Temanggung
Bajingan khas Temanggung adalah makanan yang paling ngangeni. Namanya saja "bajingan", pasti dikira orang jahat, gentho, atau orang yang amoral lah gitu kira-kira.
Bajingan khas Temanggung. Foto: Jatenglive.com

Nah, sobat Hariantemanggung.com, Anda bisa menemukan makanan khas ini di berbagai wilayah di Temanggung. Namanya saja yang ganas? Oh tentu tidak. Rasanya juga ganas lo.

Secara kulineris, bajingan merupakan makanan yang terbuat dari singkong dipotong kecil, kemudian direbus dengan santan dan gula merah.

Bahkan, makanan ini sempat viral ketika Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memakannya dan diliput berbagai media cetak, media online, tv dan radio di wilayah Temanggung, Kedu bahkan se Jateng dan Indonesia beberapa waktu lalu.


10. Mendut khas Temanggung
Mendut khas Temanggung adalah salah satu makanan khas Temanggung yang wajib Anda cicipi. Mungkin saja namanya mirip Roro Mendut ya. Namun jangan salah sangka, makanan khas ini rasanya benar-benar maknyus lo.
Makanan mendut khas Temanggung. Foto; BURANGIR.com

Secara umum, mendut juga disebut kue atau lebih pasnya secara ilmiah kulineris adalah kued mendut. Badhogan yang satu ini memang ini mirip dengan kue bugis khas Makassar. Sensasi yang ditimbulkan saat kalian menggigit mendut ini sangat nikmat sekali. Karena saat kue tersebut di gigit, kalian akan dikejutkan dengan isi gula kelapa yang manis dan legit yang pasti ngangengi loh.



11. Ketan Gudig khas Temanggung
Ketan Gudig khas Temanggung juga menjadi daftar makanan khas Temanggung yang wajib anda cicipi lo. Siapa saja boleh kok mencicipinya.
Ketan Gudik khas Temanggung. Foto; Wisata Dunia

Kuliner gudig atau ada yang menulis gudik, adalah salah satu akanan ini dibuat dengan campuran beras ketan dan kacang gelandang. Warnanya yang ekstrim, putih mulus dan bertotol-totol akan mengingatkanmu pada penyakit kulit koreng. Namun jangan ingat-ingat penyakit tersebut ketika kalian memakannya. Eits,sebelum makan, baca basmalah dulu ya, kalau yang bukan Islam ya berdoa dulu lah pokoknya, Bro!


12. Entho Cothot khas Temanggung
Entho Cothot khas Temanggung adalah salah satu makanan khas Temanggung yang banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional atau di pinggir-pinggir jalan.
Entho Cothot khas Temanggung. Foto titisdati.blogspot.co.i 

Anda bisa menemukannya kapan saja dan di mana saja. Syaratnya mudah, gesek uang ATM Anda dan silakan pelesiran ke lorong-lorong kuliner di Temanggung ya.


Secara kulineris, entho cothot khas Temanggung ini merupakan makanan atau gorengan yang dibuat dari singkong tumbuk berisi cairan manis dari gula pasir yang meleleh saat proses goreng. Jajanan manis ini merupakan jajanan tradisional yang ada disekitar Temanggung dan sekitarnya. Silakan cicipi dan rasakan nikmatnya yang benar-benar menendang lidah, kalau masih panas sih!

13. Jadah Goreng khas Temanggung
Jadah goreng juga menjadi daftar kuliner menarik dan unik serta ciamik khas Temanggung. Jadah itu adalah ketan atau orang Jawa ada yang menyebutnya gemblong yang merupakan makanan berbahan dasar ketan yang ditumbuk.
Jadah goreng. Foto: mbandung.com

Kemudian, ia digoreng dan akan sangat mak cetar ketika dinikmati bersama kopi khas Temanggung. Akan lebih markotop lagi jika dinikmati bersama orang-orang tersayang sambil melihat pemandangan gunung-gunung yang indah di Temanggung. Enak zamanku tho!

14. Kupat Tahu Magelang 
Memang Kupat Tahu Magelang ini berasal dari Magelang. Namun, secara historis, antara Temanggung dan Magelang memang tidak ada bedanya, yaitu sama-sama memiliki kuliner khas yang kadang-kadang hampir sama.
Kupat Tahu Magelang. Foto: Merdeka.com

Kuliner yang satu ini sangat banyak ditemukan di Temanggung. Saking banyaknya, di dunia kuliner, kupat tahu ini juga menjadi ikon di Temanggung.


15. Gesing khas Temanggung
Gesing khas Temanggung ini menjadi rujukan masakan dunia. Maksud kami adalah dunia kuliner ya. Jangan baper gitu deh. Nah, biasanya kuliner yang satu ini biasa juga disebut kue carang gesing yang terbuat dari bahan dasar pisang.
Gesing khas Temanggung. Foto: Youtube.

Anda bisa menemukannya di berbagai wilayah di Temanggung. Saran kami, ajak keluarga dan siapkan minuman yang bergizi dan alami, jangan keseleg saat Anda makan kue yang satu ini ya.

16. Corobikang khas Temanggung
Corobikang, ada juga yang menyebut kue bikang, kue carabikang dan lainnya. Namun, pada intinya sama-sama terbuat dari bahan dasar tepung. Tapi bukan "tepung rindu" lo, Bro.
Kue Corobikang. Foto: resepmedia.com

Anda bisa menemukan kue corobikang atau corobikan ini di berbagai wilayah di Temanggung. Ajak teman-teman untuk menyantapnya bersama atau Anda bisa buat ototdidak sendiri di rumah sambil dengerin musik yang ngerok atau dangdutan.

17. Sego Gono khas Temanggung
Sego Gono khas Temanggung ini jelas berbeda dengan sego megono atau nasi megono khas Pekalongan. Memang ada perbedaan radikal, eh, sekali lagi ada perbedaan radikal antara sego gono khas Temanggung dengan sego megono Pekalongan.
Sego gono khas Temanggung. Foto: tani-temanggung.blogspot.co.id 
Sego gono, di Temanggung, adalah makanan yang terbuat dari nasi dicampur daun lembayung, kacang panjang, kelapa dan ikan teri, Jangan dilihat dari tampilannya yang memang apa adanya seperti Kota Temanggung yang apa adanya tapi lihatlah dari sisi rasa yang ditawarkan.

Kami menjamin jika anda mencoba masakan ini pasti tidak akan menyesal dan mungkin anda akan mencobanya lagi di lain waktu. Eits, jangan lupa kasih jatah buat teman-temanmu yang dulu waktu SMA sering kamu mintain bantuan untuk nyontek PR di kelas. Diingat-ingat ya kejadian itu!

18. Sego Urap khas Temanggung
Sego urap khas Temanggung ini menjadi salah satu khazanah kuliner di Temanggung. Anda harus tahu, presisi nama dari sego urap khas Temanggung ini.
Sego urap. Foto: detik food.

Anda bisa mengajak teman-temanmu, termasuk yang biasa Anda conteki di zaman SMA yang masih unyu-unyu itu. 

19. Perkedel Kimpul khas Temanggung
Perkedel kimpul khas Temanggung juga masuk kamus kuliner Temanggung. Oh ya, jangan lupa catat bahan dasar dan komposisinya jika Anda ingin membuatnya sendiri secara otodidak di rumah. Tapi jangan sambil nyalakan musik keras-keras ya, tak enak sama tetangga yang punya anak kecil.
Perkedel kimpul. Foto; Parameswari Net

Silakan uji nyali sendiri dengan membuat perkedel kimpul atau ada yang menyebutnya sebagai perkedel timpul.

20. Nasi Tempong khas Temanggung

Nasi Tempong khas Temanggung juga menjadi salah satu menu atau kuliner andalan di Temanggung. Anda bisa mendapatkan di berbagai warung makan atau restoran di wilayah Temanggung, Parakan, Kaloran, atau di dekat-dekat kota. Tapi syaratnya satu jika Anda makan di restoran, yaitu ya bayar.
Nasi tempong. Foto; sumber.com

Maka kalau tidak bayar, itu namanya semprul. Apa itu semprul? Silakan dipikir sendiri lah.


21. Bubur Saren khas Temanggung
Bubur saren khas Temanggung ini juga unik. Ada yang menamakan bubur saren, jenang saren dan lainnya.
Bubur saren. Foto: arsip.tembi.net

Anda bisa mendapatkannya di berbagai wilayah di Temanggung. Sekali-kali, ajak bos Anda menikmati kuliner maknyus ini.

22. Jali khas Temanggung
Jali adalah makanan unik di dunia ini, bahkan di akhirat lo ya. Anda bisa menemukannya di pojok-pojok warung di wilayah Temanggung.
Makanan jali. Foto: isroi.com


Demikian ulasan hariantemanggung.com tentang kuliner khas Temanggung. Jika Anda ada informasi baru, silakan email saja melalui redaksihartem@gmail.com agar lebih menlengkapi ulasan kami di atas.

Prinsipnya, di Temanggung juga ada kuliner khas Parakan, jajanan khas Temanggung dari berbagai daerah, juga oleh-oleh khas Parakan Temanggung rumah makan Temanggung Bersenyum juga ada, lalu juga oleh-oleh khas Temanggung Jawa Tengah yang dekat dengan kota, lalu kuliner malam pasar legi Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, lalu bakso paling enak di Temanggung juga ada dan semua itu bisa Anda temukan di warung makan atau restoran di Temanggung. (HTM44/HI).

Bagikan :

Tambahkan Komentar