Hariantemanggung.com- Daftar objek wiisata di Temanggung Jawa Tengah ini merupakan daftar destinasi wisata Temanggung yang murah sampai yang mahal untuk dijadikan rujukan saat Anda berwisata di Temanggung. Jangan lupa, ketahui juga daftar penginapan atau hotel di Temanggung agar tidak kebingungan saat mau bermalam.

Baca juga: Daftar Hotel, Wisma dan Penginapan Murah di Temanggung

Selama ini, seperti ditulis di laman resmi Pemkab Temanggung, memang banyak yang mengira kalau Temanggung hanya cantik dan bersih, namun miskin obyek wisata. Anggapan  ini keliru, karena Temanggung justru memiliki khazanah pariwisata yang lengkap, mulai dari wisata alam, wisata pegunungan/pendakian, wisata sejarah, wisata geologi, wisata pendidikan, wisata tradisi, hingga wisata buatan seperti rekreasi kartini di Kowangan dan Pikatan Water Park di Komplek Kolam Renang Pikatan.

Hanya saja, Temanggung “diapit” oleh dua kabupaten yang memiliki potensi wisatanya lebih dikenal orang, khususnya turis asing. Terutama Candi Borobudur (Kabupaten Magelang) dan Dataran Tinggi Dieng (Kabupaten Wonosobo). Akibatnya, Temangung lebih sering dijadikan kota Ampiran atau Daerah Antar Tujuan Wisata (DATW), belum sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW).

Baca: Daftar 22 Kuliner Khas Temanggung yang Bikin Kamu Ngiler!

Memang pada umumnya, para wisatawan nusantara maupun mancanegara hanya melewati Temanggung ketika dalam perjalanan wisata Semarang-Dieng atau Yogyakarta-Borobudur-Dieng. Temanggung memang berada di jalur wisata strategi Yogyakarta-Borobudur-Temanggung-Dieng dan jalur Semarang-Curug Sewu-Temanggung-Dieng.

Hal ini menunjukkan bahwa jika digarap dengan lebih baik lagi, Temanggung bisa menjadi DTW andalan di Jawa Tengah. Pemerintah  daerah sangat berkeinginan untuk mengubah posisi Temanggung menjadi daerah tujuan wisata. Apalagi banyak obyek wisata yang menarik dan potensial antara lain Taman Rekreasi Pikatan Indah dengan Pikatan Water Parknya, Monumen Bambang Sugeng, Monumen Meteorit, Candi Pringapus, Curug Lawe, Curug Trocoh, Prasasti Gondosuli, Goa Lawa, Umbul Jumprit dengan Pengambilan Air Suci Waisak, dan lain-lain.

Kecuali Taman Rekreasi Kartini yang merupakan obyek wisata buatan, keberadan objek-objek wisata di TEmanggung terkait erat dengan cerita sejarah dan legenda yang menarik untuk disimak. Hal ini terkait dengan ragam dan budaya masyarakat di mana obyek wisata ditemukan.


Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing pun bisa dijadikan obyek andalan mengingat banyak kawula muda yang memiliki hobi mendaki gunung. Penggemar tanaman hias dan tanaman buah bisa memuaskan hobinya dengan mengunjungi Pasar Agrobisnis Soropadan di Kecamatan Pringsurat.


Dengan potensi yang cukup besar, Pemerintah Kabupaten Temanggung membuka kesempatan seluas-luasnya kepada calon wisatawan untuk datang dan melancong, serta kepada calon investor yang berminat menanamkan modalnya di sektor kepariwisataan.

Baca: Daftar Makam Wali dan Bupati Temanggung yang Jadi Wisata Religi

Pendukung Wisata Temanggung
Sektor pariwisata dalam arti luas tidak hanya menyangkut keberadaan obyek wisata saja, tetapi menyangkut keberadaan obyek wisata saja, tetapi juga mencangkup berbagai sarana da prasarana pendukung. Meski belum sempurna, Temanggung sudah memiliki beberapa kelengkapan tersebut.

Misalnya prasarana jalan raya yang relatif mulus dan bersih. Panjang jalan tercatat 709,91 km, dan sebagian besar (71,03 %) sudah diaspal dan dalam keadaan baik. Selebihnya merupakan jalan makadam (27,42 %) dan jalan tanah (1,55 %).

Dalam ini bisa diakses dari berbagai arah, mulai dari Semarang, Solo, Magelang, Kendal hingga Purwokerto. Dari Semarang, banyak bus jurusan Purwokerto dengan rute Semarang-Ungaran-Bawen-Ambarawa-Secang-Temanggung-Wonosobo-Banjarnegara-Purwokerto. Sedangkan bus jurusan Purwokerto-Semarang menggunakan rute sebaliknya.

Kemudian, wisatawan dari Solo bisa menggunakan bus jurusan Semarang, turun Bawen dan meneruskan perjalanan dengan bus jurusan Semarang-Purwokerto. Sedangkan wisatawan dari Magelang bisa menggunakan minibus jurusan Magelang-Secang-Temaggung-Wonosobo atau Sukorejo-Temanggung-Secang-Magelang.

Begitu pula dengan wisatawan dari Yogyakarta, bisa turun di Secang dan meneruskan perjalanan denga bus jurusan Wonosobo. Sedangkan dari arah Pekalongan melalui Batang-Weleri-Sukorejo-Temanggung.

Jika anda melancong ke Temanggung dengan menggunakan angkutan umum, tak usah khawatir bakal kesulitan transportasi selama berada di kabupaten ini. Saat ini tersedia 769 Armada angkutan umum, teriri atas 435 armada bus kecil (kapasitas 12 penumpang), 220 bus sedang (kapasitas 16 penumpang) dan 114 bus besar (kapasitas 55 penumpang), yang melayani berbagai rute dalam kota termasuk ke sebagian besar obyek wisata yang ada.

Infrastruktur fisik lainnya juga sangat mendukung tumbuh dan berkembangnya investasi di sector pariwisata. Misalnya ketersediaan air bersih, jaringan listrik dan telekomunikasi, lembaga perbankan, pusat perbelanjaan dan hiburan, faktor keamanan, hotel dan restoran, aneka makanan khas, aneka barang kerajinan/souvernir/cenderamata dan sebagainaya.

Tidak heran apabila jumlah pengunjung obyek  wisata terus meningkat. Pada tahun 2005 sebanyak 93.755 orang dan kini sekitar 100.000 orang. Melihat berbagai kkondisi di atas, banyak pakar yang memprediksikan jika prospek kepariwisataan di Kabupaten Temanggung sangat cerah.

Nah, berikut daftar wisata Temanggung Jawa Tengah yang wajib kamu baca:

Wisata Pasar Papringan Temanggung
Wisata Pasar Papringan ini adalah salah satu wisata baru di Dusun Ngadiprono, Ngadimulyo, Kedu, Temanggung, Jawa Tengah. Wisata ini berbasis wisata di suatu tempat yang menggunakan keunikan bambu atau pring.

Baca: Ayo Berwisata di Pasar Papringan Ngadiprono Temanggung 

Wisata Pikatan Waterpark Temanggung
Berada 2 km dari terminal Kowangan Temanggung, dengan waterslide sepanjang 5 sampai 50 m, kolam renang, ember tumpah, sliding sepanjang 21 meter, jembatan goyang, dll.

Wisata Pohon Walitis Temanggung
Desa Jetis, Kecamatan Selopampang, di kawasan hutan Rasamala, yang merupakan pohon terbesar di lereng Sindoro – Sumbing, dengan tinggi 30 m, lingkar batang 7,5 m.

Wisata Puncak Wonotirto Temanggung
Kecamatan Bulu, di lereng Gunung Sumbing, dengan pemandangan hutan pinus dan tanaman tembakau, di ketinggian 1.900-2.000 m dpl.

Wisata Curug Lawe Temanggung
Desa Muncar, Kec Gemawang, 26 km dari Temanggung; terdapat buah cendul khas Gemawang; dicapai dengan berjalan kaki di jalan setapak.

Wisata Candi Pringapus Temanggung
Desa Pringsurat, Kec Ngadirejo, 22 Km dari Kota Temanggung, diperkirakan dibangun pada 850, dengan arca Hindu Siwa, dengan relief masih utuh.

Wisata Curug Trocoh Temanggung
Desa Tawangsari, Kec Wonoboyo, 28 km dari Kota Temanggung, pernah digunakan Pangeran Diponegoro mengumpulkan para panglima perangnya.

Wisata Taman Rekreasi Kartini Temanggung
Pintu masuk temanggung sebelah timur, dengan rumah makan puja sera, kolam renang, lapangan basket, lapangan tennis, lapangan voli, hingga lapangan sepak bola.

Wisata Umbul Jumprit Temanggung
Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, di balik sebuah bangunan menyerupai gerbang candi yang telah berusia ratusan tahun; airnya mengalir ke Sungai Progo.

Wisata Religi Makam Ki Jumprit Temanggung
Desa Tegalrejo, Kec Ngadirejo, tidak jauh dari Umbul Jumprit. Konon Ki Jumprit adalah leluhur masyarakat yang tersebar di lereng Gunung Sindoro – Sumbing.

Wisata Monumen Bambang Sugeng Temanggung
Di sebuah bukit kecil, di sebelah timur Terminal Bus Kota; Bambang pernah memimpin pasukannya pada Agresi Militer I (1947) dan Agresi Militer II (1948).

Wisata Monumen Meteorit Temanggung
Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, di kaki Gunung Sumbing, menjadi tengara peristiwa jatuhnya meteor di ladang penduduk pada 11 Mei 2001

Wisata Gunung Sumbing (3.340 m) Temanggung
Desa Pager Gunung, Tjepit; pendakian dimulai dari Kledung, Kampung Butuh dan Selogowok; di puncaknya ada makam Ki Ageng Makukuhan yang memperkenalkan tembakau di Kedu.

Wisata Gunung Sindoro (3.155 m) Temanggung
Dimana ribuan pecinta alam biasanya melakukan pendakian pada malam 1 Sura; Telaga Ajaib dan bunga edelwis di puncak gunung. Pendakian dilakukan melalui Desa Katekan, Ngadirejo.

Wisata Embung Kledung Temanggung
Lokasinya di AM Fendimotor, KM.11, Jl. Raya Parakan - Wonosobo, Tlahap, Kledung, Temanggung, Jawa Tengah.
Wisata dibuka untuk umum
Nomor telepon: 0831-2615-8545


Demikian sajian daftar wisata atau daftar objek wisata di Temanggung yang bisa disajikan hariantemanggung.com dan semoga bermanfaat bagi Anda semua. Tentunya, objek wisata di Temanggung tidak kalah menarik dengan objek wisata di Salatiga, objek wisata di Solo, objek wisata di Jogjakarta, objek wisata di Wonosobo, lalu juga daftar objek wisata di Banjarnegara, juga objek wisata di Kabupaten Semarang, objek wisata di Magelang, objek wisata di Purworejo dan lain sebagainya. (HT45).

Bagikan :

Tambahkan Komentar