Oleh Erlina Novita Sari

Mahasiswi Prodi PGMI INISNU Temanggung


Kali ini kita hidup dizaman yang serba mudah bukan? Iya, kali ini teknologi telah hadir dan mejadi bagian dari hidup manusia. Teknologi memberikan sumbangsih untuk kelangsungan hidup sehari-hari dan mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman yang telah ada. Kemajuan teknologi seperti telepon gengam (HP), televises, radio dan internet tidak dapat dihindari. Dampak dari perkembangan ini dirasakan oleh semua kalangan dari orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak yang masih balita sudah ikut merasakan kecanggihan teknologi tersebut  Akan tetapi jika pemanfaatan teknologi tidak digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan maka kinerjanya tidak akan efektif justru akan memberikn dampak yang luar biasa.

Kemajuan teknologi yang digunakan dengan bijak akan memberiakan dampak yang positif seperti memudahkan manusia untuk berinteraksi, berkomunikasi satu sama lain, dan mendapatkan berbagai  informasi. Bagi para masyarakat terpelajar kecanggihan internet memiliki pengaruh yang baik karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan dimana dengan internet dapat menemukan informasi-informassi penting yang kemudian dapat merangsang untuk berfikir kreatif dan inovatif. 

Pada kenyataannya hal itu sangat bertolak belakang Tidak semua orang menggunkan internet atau Smartphone  dengan bijak. Menghilangnya sopan, santun dan norma-norma yang ada di masyarakat merupakan pengaruh dari perkembangan teknologi. “Kids Zaman Now” istilah tersebut mengambarkan bahwa tingkah laku anak masa kini yang melebihi batas dan tidak sesuai dengan norma. Kacanggihan teknologi Smartphone merupakan bahan pendukung untuk mengakses informasi. Jika dilihat dari pengaruhnya terhadap akhlak lebih cenderung banyak sisi negatifnya dibandingkan dengan positifnya. 

Dampak dari perkembangan teknologi informasi bagi kalangan remaja dapat dilihat dalam kehidupan sehari hari seperti hilangnya unggah-ungguh anak terhadap orang tua, penggunaan narkoba, kejahatan dan banyakyaa kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh masyarakat remaja bahkan ada juga yang masih dibawah umur. Mereka dengan rasa percaya dirinya melakukan hal tersebut bahkan lebih parahnya lagi di publikasiakn ke media social. Informasi yang didapatkan dari social media mereka telamn secara mentah-mentah tanpa memilah dan mencari bukti keakuratan informasi tersebut 

Adapun dampak teknologi informasi Smartphone dalam psikologi seseorang diantaranya adalah ketergantungan, yang mana si pengguna menghabiskan waktunya untuk bermain gadget maka akan membuat si pengguna seakan-akan menemukan dunianya sendiri yang membuatnya merasa nyaman. Dampak lain adalah antisocial behafior dimana si pengguna tidak lagi peduli kepada lingkungan sosialnya dan cenderung mengutamakan gadget. Akibatnya orang tersebut menjadi jarang berinteraksi dengan lingkungan sekitar sehingga emosiaonal yang ada dalam dirinya tidak berkembang dengan optimal. 

Munculnya berbagai dampak dari perkembangan Information Technology (IT) terhadap akhlak dan moralitas seseorang yang kian merosot sangat diperlukan perhatian dari barbagai kalangan agar tidak menimbulkan pengaruh yang dapat merugikan bagi diri sendiri dan orang lain. Sehingga dalam proses pertumbuhan jasmani dan rohaninya dapat tumbuh sesuai dengan tingkatannya. Akan ada baiknya jika pengontrolan tersebut dimulai dari lingkungan terdekat yaitu orang tua. Perhatian dan pengawasan orang tua kepada anak harus lebis besar dan lebih dekat agar memunculkan sebuah jalinan yang harmonis dan kehangatan sehingga anak lebih terbuka dan mudah untuk diarahkan 

Pengontrolan dari masyarakat sekitar juga sangat berperan karena masyarakat merupakan lingkungan tempat kita berinteraksi. Pengontrolan dimasyarakat dapat dilakukan dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan yang bernilai positif dengan melibatkan para remaja dan anak anak.  Tidak kalah pentingnya dunia pendidikan juga berperan dalam menghadapi pekembangan  teknologi. Dengan pendidikan maka anak akan diberikan wawasan tentang teknologi dan memberikan pengarahan dalam menerima informasi yang berasal dari social media. Sebagai generasi penerus bangsa harus bijak mensikapi perkembangan teknologi. Jangan sampai teknologi semakin berkembang tetapi akhlak, kepribadian dan moralitas pada remaja semakin merosot. 


Bagikan :

Tambahkan Komentar