Oleh Ayu Nurhidayah

Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah INISNU Temanggung

Akuntansi merupakan kata yang tidak asing lagi di telinga para pelaku ekonomi, karena pertumbuhan ekonomi dan akuntansi berjalan seiringan dari masa ke masa. Hingga kini ekonomi dan akuntansi sudah berkembang sangat pesat, menciptakan ide dan inovasi baru untuk mewujudkan kepada tujuan ekonomi itu sendiri. Tidak dipungkiri di era pandemi, ekonomi juga terus berkembang dengan menghadapi permasalahan yang semakin menjadi-jadi. 

Permasalahan tersebut perlu kita syukuri, karena dengan adanya masalah menjadikan ekonomi berkembang dengan baik menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat. Kegiatan ekonomi menjadi salah satu objek penting dalam kehidupan masyarakat maupun negara. Ilmu ekonomi memiliki pembahasan yang sangat luas, dan tentunya tidak terlepas dari sistem akuntansi. 

Beriringan dengan perkembangan zaman mengakibatkan munculnya sistem akuntansi syariah di dunia ekonomi, khususnya di dunia ekonomi syariah. Akuntansi syariah merupakan sistem akuntan yang mengacu pada syari'at Islam. Sistem akuntansi syariah sudah muncul sejak zaman Nabi Muhammad SAW, beriringan dengan berkembangnya ekonomi syariah. 

Akuntansi syariah di kembangkan oleh ahli-ahli akuntan pada zaman Rasulullah SAW. Akuntansi syariah juga memiliki dasar hukum dalam pelaksanaannya yaitu hukum etika yang berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah, dasar tindakan dari akuntansi syariah adalah keberadaan hukum Allah SWT. Akuntansi syariah berorentasi pada kemasyarakatan dan batas operasional dibatasi serta tunduk dalam ketentuan syariah. Semua kegiatan akuntansi syariah berporos pada ketentuan syariah atau hukum Islam. 

Tidak terlepas pada prinsip-prinsip dari akuntansi syariah yaitu prinsip pertanggungjawaban, prinsip keadilan, dan prinsip kebenaran. Perkembangan akuntansi syariah di Indonesia tidak lepas dari penyebaran agama Islam di Indonesia, masuknya agama Islam di Indonesia dibawa oleh para pedagang yang tentunya juga menggunakan sistem akuntansi syariah saat melakukan perdagangan di Indonesia. Setelah agama Islam berkembang pesat di Indonesia menjadikan Indonesia sebagai negara mayoritas beragama Islam. Perkembangan agama Islam di Indonesia mengantarkan lahirnya ekonomi syariah dengan ditandai dengan adanya pendirian Bank Syariah di Indonesia. 

Nah berdirinya bank syariah di Indonesia menjadi landasan utama berkembangnya akuntansi syariah di Indonesia. Didalam pelaksanaan perbankan syariah di Indonesia secara otomatis semua kegiatan di dalamnya berlandaskan hukum Islam. Dalam perkembangannya para ahli dan ekonom muslim Indonesia selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kemajuan ekonomi syariah dan perekonomian Indonesia. Sistem akuntansi syariah memiliki banyak perbedaan dengan sistem konvensional, tetapi juga memiliki persamaan diantara keduanya.

Bank Syariah merupakan bank yang berjalan dengan prinsip-prinsip, aturan dan ketentuan hukum Islam. Ekonomi syariah berkembang dengan baik menjadikan munculnya bank syariah di Indonesia. Didukung dengan banyaknya perguruan tinggi yang sudah menyediakan jurusan ekonomi Islam atau syariah menjadikan lebih berpotensinya perbankan syariah di Indonesia. Perkembangan bank syariah di Indonesia sangat berjalan baik dengan didukung masyarakat yang mulai ikut menyukseskan perkembangan bank syariah di Indonesia. 

Peran masyarakat atau nasabah inilah yang menjadi kunci utama perkembangan bank syariah di Indonesia, dengan pemikiran masyarakat yang beragama Islam mencari keberkahan, menghindarkan dari dosa riba. Ya Riba atau yang sering di sebut dengan bunga bank adalah sebuah transaksi yang diharamkan dalam syari'at Islam. Hal ini yang menjadi pemancing utama masyarakat Islam berpindah dari bank konvensional ke bank syariah. Disini peranan akuntansi syariah sangat diperlukan, karena dengan adanya bank syariah tentunya sistem-sistem yang dijalankan didalamnya juga syariah. 

Didalam perbankan syariah tentunya memiliki keuntungan dan keunggulan bagi masyarakat yang beragama Islam, karena di bank syariah disediakan berbagai fasilitas yang mendukung dan memudahkan kita untuk melaksanakan zakat dan amalan lainnya. Dengan adanya bank syariah dengan semua sistem yang juga syariah menjadikan masyarakat Islam lebih nyaman dan aman melakukan transaksi.


Bagikan :

Tambahkan Komentar