Oleh Sulistyowati

Mahasiswa INISNU Temanggung


Setiap manusia pasti memerlukan adanya informasi keuangan, baik untuk diri sendiri maupun untuk suatu perusahaan. Informasi keuangan ini dapat kita dapatkan melalui perhitungan akuntansi. Akuntansi sendiri merupakan hal yang penting karena melalui akutansi, perhitungan ekonomi akan menjadi lebih mudah. Tanpa adanya akuntansi, kegiatan ekonominya nantinya akan berjalan lambat baik yang diterapkan untuk diri sendiri maupun untuk perusahaan. Hal ini akan berdampak pada perekonomian yang tidak akan tumbuh dengan baik.

Akuntansi merupakan sebuah rangkaian kegiatan dalam pencatatan mengukur, mengidentifikasi, menyajikan serta melaporkan hasil aktivitas transaksi keuangan. Akuntansi ini berfungsi untuk menghasilkan informasi keuangan secara kuantitatif dan relevan kepada pihak-pihak yang berkepentingan (pemakai informasi tersebut) dalam mengambil keputusan-keputusan ekonomi. Baik dalam mengukur keberhasilan operasi perusahaan, maupun membuat rencana di masa yang akan datang. Pimpinan perusahaan memerlukan catatan dan laporan akuntansi dalam menentukan sejauh mana hasil-hasil yang dicapai sesuai rencana.

Pada suatu bisnis atau perusahaan, informasi keuangan biasanya digunakan oleh investor, pemerintah, karyawan, dan manajer atau pemimpin perusahaan. Informasi tersebut berguna bagi mereka sebagai dasar pengambilan keputusan serta sebagai bukti pertanggungjawaban manajemen kepada pemilik dan untuk mengetahui perkembangan dari tahun ke tahun, sebagai sarana perencanaan, koordinasi, pengawasan serta pengendalian, menjadi bahan pertimbangan bagi rekan bisnis, sebagai sarana perencanaan dan menetapkan aktivitas perusahaan,sebagai dasar untuk menghitung pajak, dan untuk memperoleh pinjaman dan kreditor.

Sebagai sarana perencanaan, koordinasi, pengawasan serta pengendalian. Maksudnya, akuntansi digunakan sebagai alat pelaporan kepada manajer apabila membutuhkan informasi keuangan yang disajikan untuk keperluan perencanaan, koordinasi, pengawasan, serta pengendalian suatu perusahaan.

Menjadi pertimbangan bagi rekan bisnis. Sebagai sebuah pertimbangan seseorang apakah perusahaan lain memiliki kondisi keuangan baik atau kurang baik. Karena akan mempengaruhi pada perusahaan yang ingin bekerja sama dengan perusahaan tersebut. Dengan adanya akuntansi ini, kita bisa memperkirakan bahwa apabila perusahaan kita bekerja sama dengan perusahaan lain akan mendapat laba atau rugi.

Sebagai perencanaan dan menetapkan aktivitas perusahaan. Artinya, akuntansi sebagai sarana prasarana dan menetapkan aktivitas apa saja yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan. Laoran keuangan nantinya akan menyajikan data aset kas ataupun data non kas dari perusahaan tersebut. Data aset tersebut sebagai kepentingan operasional perusahaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan dapat melakukan pembelian, membayar hutang, Dna alokasi sumber daya ekonomi yang lainnya.

Sebagai dasar untuk menghitung pajak. Besar pajak yang harus dibayarkan oleh suatu perusahaan kepada negara disesuaikan dengan kondisi dari laba perusahaan. Laba ini dapat diketahui melalui adanya proses akuntansi.

Sebagai sarana untuk memperoleh pinjaman dari kreditor. Para kreditor memerlukan informasi mengenai kondisi keuangan dan prospek perusahaan di masa yang akan datang. Kreditor sebagai sarana peminjaman modal tentu saja memiliki persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan yang akan meminjam modal. Salah satu persyaratan tersebut adalah rasio likuiditas perusahaan yang harus bagus. Rasio ini dihitung melalui adanya laporan keuangan.

Akuntansi berperan sebagai tolak ukur dari kemajuan perusahaan, sebagai alat pertimbangan investor di dalam ataupun di luar negara juga dapat dihitung menggunakan akuntansi, dapat menghasilkan laporan keuangan dan berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan terhada kondisi yang sedang dihadapi, sebagai alat untuk mendeteksi serta mencegah adanya pengalahgunaan dana dalam sebuah perusahaan.

Sedangkan informasi keuangan untuk diri sendiri biasanya digunakan oleh individu atau dalam lingkungan rumah tangga. Informasi ini berguna bagi mereka untuk mengetahui apa saja pemasukan dan pengeluaran dari uang mereka serta dapat mengawasi, mengontrol, dan merencanakan keuangan mereka di masa yang akan datang.

Dengan adanya akuntansi, kita dapat mengetahui mana yang merupakan kebutuhan primer atau kebutuhan pokok dan mana yang merupakan kebutuhan yang tidak seharusnya dipenuhi. Dengan begitu kita harus menentukan skala prioritas yang harus terpenuhi.

Melalui akuntansi, kita dapat mengatur keuangan kita sendiri. Uang yang kita peroleh harus diatur sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Pengeluaran harus sesuai dengan pemasukan, atau bahkan pengeluaran lebih sedikit dibandingkan dari pemasukan yang didapat. Hal ini untuk menghindari adanya kekurangan pemasukan.

Akuntansi tidak hanya berlaku untuk perusahaan saja, melainkan untuk diri kita sendiri itu perlu dan sangat penting karena sangat membantu dan memudahkan kita dalam kegiatan sehari-harinya.


Bagikan :

Tambahkan Komentar