Oleh Azka Mufaroh

Mahasiswi Ekonomi Syariah INISNU Temanggung


Akuntansi syariah adalah suatu sistem ekonomi dimana segala sesuatu yang berhubungan dengannya belandaskan pada syariat Islam. Akuntansi syariah sangatlah penting di terapkan pada saat ini, menanggapi banyaknya masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Dengan begitu akuntansi syariah sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari hari. Bahkan segala kegiatan yang ada pasti tidak jauh dari bidang ekonomi. Hal ini sangat membutuhkan adanya alat bantu yang berlandaskan syariah yang cocok bagi kaum muslim maupun non muslim. Dan akuntansi syariah sangat cocok diterapkan dalam hal ini.

Pada hakikatnya, akuntansi syatiah tidak akan pernah terlepas dari berkembangnya agama Islam di Indonesia. Seperti yang telah dijelaskan pada Q.S Al-Baqoroh ayat 282, bahwa umat Islam berkewajiban untuk mencatat transaksi non tunai. Hal tersebut menjadi pendorong bahwa segala kegiatan transaksi perlu adanya laporan keuangan. Akuntansi syariah diperlukan sebagai suatu tuntutan atas pelaksanaan syariah dan kebutuhan akibat pesatnya perkembangan transaksi syariah. 

Akuntansi syariah umumnya diterapkan pada lembaga keuangan syariah akan tetapi pada zaman ini tidak sedikit pula lembaga keuangan lain yang menggunakan akuntansi syariah sebagai landasan laporan keuangan yang ada. Akuntansi syariah di nilai lebih efektif dalam penerapannya. Bahkan akuntansi syariah di katakan solusi terbaik bagi lembaga keuangan pada masa ini menanggapi banyaknya perbedaan perbedaan yang timbul karena banyaknya lembaga keuangan dengan prinsip yang berbeda beda. 

Menanggapi hal ini perlu adanya kesadaran generasi muda untuk mempelajari berbagai bidang yang sesuai dengan agama Islam. Bukan hanya pelajaran umum saja yang di tekuni tetapi berbagai pelajaran Islam perlu di tekuni agar terpeliharanya agama Islam yang sesuai dengan hakikat dan berpedoman pada ahlussunah wal jamaah. Jika Islam terpelihara dengan baik generasi selanjutnya pasti akan mengetahui mana yang benar dan yang salah sesuai dengan dasar yang sejak zaman dahuku telah ada.

Tingginya mayoritas pemeluk agama Islam di Indonesia membuat kita sebagai generasi muda muslim harus berani belajar menjadi akuntan berbasis syariah. Karena dengan begitu masyarakat bebas berhubungan dengan lembaga keuangan tanpa takut melanggar syariat-syariat Islam yang telah ada. Berbeda dengan akuntansi konvensional, akuntansi syariah lebih menekankan prospek kerjanya yang sesuai dengan sumber hukum agama islam yang berupa al quran dan hadits. 

Prinsip, tujuan dan manfaat akuntansi syariah sangatlah berbanding jauh dengan akuntansi konvensional. Akuntansi syariah adalah suatu sistem yang mengatur kegiatan mencatat, menggolongkan dan meringkas, melaporkan, serta menganalisa data-data keuangan menggunakan prinsip-prinsip yang sesuai dengan nilai ajaran agama Islam. Sedangkan Akuntansi konvensional ialah suatu metode yang mengolah informasi keuangan dan menyajikannya agar dapat digunakan oleh pihak terkait yang berkepentingan terhadap hasil laporan keuangan tersebut.

Yang membedakan antara akuntansi syariah dan akuntansi konvensional adalah dasar hukumnya. Akuntansi syariah sangat berpedoman terhadap al quran, as sunah, ijma dan qiyas. Sedangkan akuntansi konvensional berasal dari UU yang berlaku di suatu negara sehingga akuntansi konvensional dapat diterapkan pada berbagai macam transaksi karena sifatnya lebih umum. Hal ini berbeda dengan akuntansi syariah biasanya diterapkan dalam mengolah data-data keuangan berupa transaksi yang berprinsip syariah juga seperti mudharabah, murabahah, dan lain sebagainya. Berbagai lembaga ekonomi pasti memerlukan suatu akuntan agar lembaga keuangan tersebut berjalan lancar. Adanya transaksi syariah secara otomatis memerlukan suatu akuntan yang berbbasi syariah agar sesuai dengan tujuan lembaga keuangan syatiah yang telah ada.

Nah, dengan begitu perbedaan antara akuntansi syariah dan akuntansi konvensional sangatlah jelas. Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa kita sebagai masyarakat muslim akan lebih aman, nyaman dan efisien jika menggunakan jasa akuntansi syariah. Karena sesuatu jika sesuai dengan apa yang menjadi pegangan hidupnya akan lebih percaya dan tidak khawatir menyeleweng dengan syariat yang ada. Kehati-hatian melanggar syariat islam pun akan menghilang dengan sendirinya. 

Oleh karena itu kita sebagai masyarakat muslim haruslah pandai memilih, memilah dan membedakan apa saja yang baik untuk kehidupan kita di dunia ini. Dengan demikian akuntansi syariah sangatlah penting adanya karena hal ini bisa menjadikan segala kegiatan ekonomi dapat berjalan secara lancar tanpa khawatir bertolak belakang dengan prinsip prinsip dasar agama Islam.


Bagikan :

Tambahkan Komentar