Oleh : Mar’atussolichah

Prodi PGMI STAINU Temanggung 


A.  Biodata Buku
Judul Buku: Filsafat Umum Zaman Now
Penulis   : Hamidulloh Ibda
Penerbit   :CV. Kataba Group
Cetakan   : Agustus 2018
Tebal : 21 X 14 cm, 218 Halamn
ISBN  : 978-6012-50213-3-6

B. Sinopsis Buku
Perubahan besar sangat ditentukan dari perubahan cara berpikir. Pola dan cara berpikir yang benar maka akan menentukan perkataan dan perbuatan bahkan keputusan yang besar. Urgensi filsafat sebagai induk dari semua ilmu atau the mother all of scienses menjadi landasan bagi perkembangan pikiran manusia.

Lewat sumber daya yang berkualitas, maka akan mampu menjawab tantangan era revolusi industri 4.0 ini. Apalagi keharusan kita di abad 21 ini tidak hanya dituntut memiliki “kompetensi, karakter, dan literasi” yang hanya pada literasi lama yakni membaca menulis dan berhitung.

Revolusi industri 4.0 mengharuskan kita memiliki bekal literasi baru, yaitu literasi data. Teknologi, sumber daya manusia (humanism). Di situlah terlihat jelas jika filsafat selalu relevan dalam kehidupan manusia.

Filasafat umum mengkaji mengenai persoalan kesatuan, keseragaman, serta hubungan diantara segenap ilmu. Kajian ini berkaitan dengan masalah hubungan antara ilmu dengan kenyataan, kesatuan perjenjangan, susunan kenyataan, dan sebagainya. Filsafat ilmu khusus, yaitu kajian filsafat imu yang membicarakan kategori-kategori serta metode-metode yang digunakan dalam ilmu-ilmu tertentu atau dalam kelompok-kelompok ilmu tertentu, seperti kelompok ilmu pendidikan.

C. Isi Buku
Filsafat merupakan induk dari semua ilmu yang menjadi hal penting dan mendasar untuk penguatan, pemahaman, pendalaman, dan penelitian. Buku karya dosen penggiat literasi PGMI STAINU Temanggung ini berisi mengenai kajian tentang persoalan kesatuan, keseragaman, serta hubungan diantara segenap ilmu.

Buku ini disusun oleh kaprodi PGMI STAINU Temanggung. Beliau adalah Hamidulloh Ibda. Ratusan bahkan ribuan tulisan beliau sudah menghiasi berbagai media massa, baik media cetak, media online, media nasional, maupun media lokal.

Di halaman awal bukunya berisi mengenai prakata dari ketua STAINU Temanggung, yakni Dr. H. Muh Baihaqi, MM. Dalam prakatanya, beliau menitik beratkan bahwa inti dari filsafat adalah berpikir kritis, analitik, dan radikal atau dari akar. Kemudian prakata dari penulis sendiri menuliskan bahwa perubahan besar sangat ditentukan dari perubahan cara berpikir dan sumber daya yang berkualitas. Karena, lewat sumber daya yang berkualitas itu akan mampu menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0.

Buku ini berisi sepuluh bab yang setiap babnya terdiri atas sub bab yang terperinci sehingga memudahkan pembacanya memahami inti-inti dari bab yang dibacanya.

Dalam bab satu yang terletak dihalaman satu mengkaji secara umum pengertian dari filsafat, ilmu, pengetahuan, dan ilmu pengetahuan. Selain itu kajian mengenai sifat kebenaran ilmu, filsafat, dan agama juga tertuang dalam bab satu ini. Bahasa yang digunakan cukup umum dan mudah dipahami oleh pembacanya.

Kemudian bab dua dalam buku ini mengkaji mengenai ruang lingkup filsafat, yang didalamnya terdapat sub bab yang meliputi objek material dan objek formal filsafat, ruang lingkup studi filsafat, serta cabang aliran dan metodologi filasafat. Dalam bab tiga kajiannya fokus membahas mengenai manusia, baik dari segi latar belakangnya, definisi manusia itu sendiri, dan keunikan manusia dari makhluk lain. Selanjutnya pada bab keempat mengkaji mengenai konsep diri dalam perspektif filsafat.

Bagian bab lima mengkaji mengenai konsep dari akal dan badan serta relasi dari keduanya. Selanjutnya, bab enam sendiri membahas mengenai manfaat filsafat ilmu, implikasi filsafat umum, serta hubungan filsafat umum dan pendidikan. Bab tujuh sendiri membahas mengenai metodologi dan klasifikasi filsafat imu. Dilanjutkan dalam bab delapan, Sembilan, dan sepuluh yang terdapat di halaman 192 mengkaji mengenai perkembangan ilmu, hubungan ilmu, dan relevansi nilai-nilai islam bagi pengembangan ilmu.

D. Kelebihan Buku
Materi yang disampaikan dalam buku ini sangat terperinci dan jelas dalam setiap babnya. Bahasa yang digunakan ringan dan mudah dipahami, kemudian buku ini  juga sangat menginspirasi bagi para pembacanya. Selain terinspirasi oleh karya-karya penulis buku ini, pembaca juga akan merasa terbantu ketika harus menemukan materi yang berkaitan dengan ilmu kefilsafatan, karena materinya juga sangat lengkap.

E.  Kekurangan Buku
Terdapat bahasa dan kalimat yang sulit dipahami bahkan sudah dibaca secara berulang-ulang pun masih saja kesulitan dalam menemukan intisari dari bacaan tersebut. Selain itu, penempatan tanda baja yang kurang sesuai juga menjadi pengaruh kurangnya pemahaman dari si pembaca.
Bagikan :

Tambahkan Komentar