Perwakilan PGMI STAINU Temanggung (kiri), PGMI STAI Al-anwar Rembang (tengah), PGMI Universitas Muhamamdiyah Magelang (kanan).
Jogjakarta, Hariantemanggung.com - Prodi PGMI STAINU Temanggung, yang diwakili Hamidulloh Ibda, menyukseskan seminar internasional yang digelar Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta yang dirangkai dalam International Conference The 4th Summit Meeting On Education "Value-Based Digital Literacy In Millenium Era" yang dihadiri ratusan peserta dari unsur dosen, mahasiswa, peneliti dan lainnya, Selasa (12/12/2017) di auditorium kampus tersebut.

Baca juga: Prodi PGMI Wajib Terapkan Kurikulum KKNI dan SN-DIKTI

Hadir Roger (Raj) Miles, Expert Of Value-Based Distance Learning Australia, Gerardette Philips Expert of Interreligious Value-Based Education and Counselling Canada dan Christoper Drake, President of International ALIVE dan Budhy Munawar Rachman perwakilan The Asia Foundation Indonesia.

Menurut Hamidulloh Ibda, agenda seperti itu menjadi hal urgen untuk peningkatan kualitas akademisi dalam berliterasi. Ia berharap, ke depan bisa dikembangkan di wilayah Temanggung dan sekitarnya.

Dalam pemaparannya, Budhy Munawar Rachman perwakilan The Asia Foundation menjelaskan bahwa tradisi literasi digital di era sekarang tidak bisa melepaskan tradisi pembelajaran tradisional.

"Dalam tradisi literasi, mengumpulkan dan membaca serta mempelajari literatur jelaa berbeda. Meskipun sekarang ada literasi digital, tetapi proses pembelajaran tetap tradisional yaitu membaca, mempelajari dan menuliskannya kembali dalam bentuk ilmiah. Jadi tidak bisa dishort cut tanpa melakukan proses pembelajaran tradisional," beber penulis dan juga pendiri Nurcholish Madjid Society (NCMS) tersebut.

Budhy Munawar Rachman juga menegaskan, tradisi literasi tidak boleh lepas dari pendidikan berbasis nilai. Oleh karena itu, pihaknya lewat The Asia Foundation mengajak Fakultas Tarbiyah di UIN seluruh Indonesia untuk mengembangkan pembelajaran literasi berbasis nilai.

Hadir pula Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PhD Rektor UIN Sunan Kalijaga yang didapuk sebagai keynote speaker. Juga Dekan FITK UIN Sunan Kalijaga dan Kaprodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta.  Hadir juga ratusan mahasiswa dan juga dosen termasuk perwakilan dari PGMI STAINU Temanggung, PGMI UM Magelang, PGMI STAI Al Anwar Rembang, PGMI UIN Walisongo, PGMI IAINU Kebumen dan lainnya. (htm44).
Bagikan :

Tambahkan Komentar