Temanggung, Hariantemanggung.com - Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung melalui Kementrian Luar Negeri dan Kementrian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa sukses menggelar Pelatihan SPSS pada Sabtu, (3/12/2022) di Aula INISNU Temanggung.

Dengan bekerjasama dengan Cv Daya Sumber Statistik yang dalam kegiatan tersebut sebagai pemateri, pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 25 mahasiswa yang berasal dari lintas prodi dan lintas semester.

Ketua DEMA INISNU, Miftaf Pradika Putra menjelaskan beberapa hal yang menjadi latar belakang diadakan kerjasama dan diadakannya kegiatan ini 

"Pada dasarnya, yang melatar belakangi diadakannya pelatihan SPSS ini adalah melihat mayoritas mahasiswa yang masih perlu dilatih karena belum mampu dalam proses menganalisis data penelitian secara mandiri, meskipun telah diberikan materi SPSS dalam perkuliahan, namun belum semua prodi mendapatkan materi tersebut. Dalam pelatihan ini mahasiswa akan dilatih mengoperasikan aplikasi SPSS dimulai dari input data hingga menghasilkan sebuah hasil analisis statistik, hasil tersebut kemudian diinterpretasikan sebuah data menjadi hasil analisis penelitian sosial". Ucap Miftaf saat sambutan.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Syariah, Hukum, dan Ekonomi Islam (FSHEI) INISNU Temanggung, mengapresiasi kinerja DEMA INISNU, terkhusus telah mengadakan pelatihan SPSS ini.

"Saya sangat mengapresiasi kepada DEMA INISNU yang telah mengadakan pelatihan SPSS, selain merespon adanya pemerataan materi SPSS yang di ajarkan di kampus, DEMA INISNU telah berusaha juga agar mahasiswa INISNU terhindar dari terjadinya proses pembelian tugas akhir serta sebagai upaya untuk memastikan bahwa hasil karya tulis mahasiswa benar-benar dikerjakan secara mandiri nantinya". Ucap Sumarjoko saat sambutan.

Peserta pelatihan sangat berantusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, hal ini terlihat dari aktifnya mahasiswa dalam berdiskusi dengan tanya jawab, dan juga ada pula mahasiswa yang mendapatkan dorprize dari CV Daya Sumber Statistik karena dapat menjawab beberapa kuis. Dan acara tersebut ditutup dengan sesi foto bersama. (htm/kominfo DEMA INISNU)

Bagikan :

Tambahkan Komentar