Temanggung, Hariantemanggung.com - INISNU Temanggung terjunkan 120 mahasiswa untuk mengikuti program KKN tematik dengan tema pencegahan stunting yang dibagi ke dalam dua wilayah yaitu Kecamatan Bansari dan Kecamatan Gemawang pada kelompok KKN di masing-masing lokus Desa dengan presentasi tertinggi daerah stunting. 14 mahasiswa diterjunkan ke Desa Gentingsari, Kecamatan Bansari pada Senin, (05/12/2022).

Kegiatan penerjunan mahasiswa KKN bertempat di Aula Balai Desa Gentingsari yang dihadiri oleh Ibu Kepala Desa Gentingsari, Ibu Carik Gentingsari, Kader PKK Gentingsari, dan Ibu DPL INISNU Temanggung. Dalam sambutanya Ibu Waltiyah selaku Kepala Desa Gentingsari menyampaikan bahwa “Program KKN yang sering dilakukan di Desa Gentingsari ini sudah berkali kali dari beberapa universtas negeri maupun swasta, beberapa program yang dibentuk oleh mahasiswa KKN tersebut nantinya dapat direalisasikan dan berdampak baik dalam lingkup masyarakat.” Pungkas Ibu Kades.

Dengan mengangkat tema pencegahan dan penanganan stunting dalam melaksankan tanggug jawab yang besar terhadap pembangunan sumber daya manusia dalam berbagai aspek kehidupan melalui Tri Dharma Perguruan tinggi untuk menyelesaikan permasalahan dan kebutuhan masyarakat terkait permasalahan stuntimg khususnya di Kabupaten Temanggung. Yang mana dari 14 mahasiswa ini akan di terjunkan di Desa Gentingsari yang terbagi menjadi tiga dusun diantaranya Losari, Waduk, Genting. 

“Dalam konteks Pengabdian Kepada Masyrakat (PKM) harus menciptakan ruang bersama untuk mewujudkan program yang nantinya mampu memberikan efek samping positif bagi masyarakatnya. Mahasiswa harus mengetahui betul problematika yang ada sehingga mampu menciptakan arus positif dengan program yang akan dibentuk guna menangani permasalahan itu.” Ujar Ibu Eko Sariyekti., S.H.I,M.S.I selaku DPL KKN Tematik di Desa Gentingsari.

Usai pengarahan dari Ibu Kepala Desa Gentingsari dan Ibu DPL KKN Tematik INISNU Temanggung. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi perkenalan antara mahasiswa KKN dengan kader PKK yang hadir dalam penerjunan mahasiswa KKN Tematik INISNU Temanggung.

“Program KKN ini tentunya menjadi ajang latihan dalam kehidupan bermasyarakat harapanya kami mampu memperoleh berbagai ilmu dan wawasan baru, karena teori yang kami pelajari selama di bangku perkuliahan tentunya tidak lengkap dan sempurna ketika tidak mampu kita praktikan dan memberikan dampak kemanfaatan.” Ujar Tafrichul Ibad selaku ketua kelompok KKN Desa Gentingsari. (htm/Iis Narahmalia)

Bagikan :

Tambahkan Komentar