Oleh Rifda Malicha


BIODATA ARTIKEL

Judul: PENGUATAN LITERASI BARU PADA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Penulis: Hamidulloh Ibda

Jurnal: Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE)

Terbitan: Vol 1 No 1 2018

Akreditasi: Sinta 4

DESKRIPSI

Artikel ini membahas tentang tantangan dan peluang pendidikan dasar Islam di era Revolusi Industri 4.0. Metode penelitian dalam artikel ini adalah metdoe research dan studi literatur. Dimana penulis mengangkat beberapa buku dan jurnal ilmiah sebagai sumbernya. Hasil dari artikel ini menegaskan bahwa dalam penguatan literasi baru pada guru MI dalam menjawab era Revolusi Industri 4.0 diperlukannya sinergitas dari berbagai pihak agar guru dapat terus melakukan pembaharuan seiring berkembangnya zaman. Penguatan literasi baru juga bertujuan agar guru dapat memiliki kompetensi digital.

INTERPRETASI

Berdasarkan junal ini, dapat saya tarik kesimpulan bahwa pada revolusi industry 4.0 mendatangkan tantangan-tantangan yang sangat besar terutamapara guru. Tantangan tersebut hadir ketika guru tidak dapat memanfaatkan teknologi. Maka dari itu, agar guru mampu menaklukkan tantangan revolusi industry guru harus melakukan inovasi dalam pemanfaatan teknologi. Selain itu, para guru terutama untuk guru SD/MI dwajib memahami literasi baru (seperti data, teknologi, SDM/humanisme) yang dibekali dengan kompetensi literasi berdasarkan pilar literasi yaitu (baca, tulis, arsip). Jadi, pada intinya sinergitas antara elemen pendidik, lembaga pendidikan maupun dinas kependidikan, sebagai sinergitas dalam menguatkan literasi baru, revitalitas kurikulum, dan penguatan kompetensi guru untuk bersama-sama menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0.

EVALUASI

Saya sependapat dengan artikel ini, dalam tantangan literasi baru pada guru MI dalam menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0 diperlukan sinergitas antar berbagai pihak. Seperti diantaranya kerjasma antar elemen kependidikan, civitas akademik di madrasah tersebut agar tujuan yang diharapkan dapat terwujud.

REKOMENDASI

Penelitian ini dapat menambah wawasan bagi para calon guru dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan agar para calon pendidik tersebut akan mempersiapkan diri dengan baik. Tetapi alangkah lebih baiknya dalam artikel ini disinggung terkait contoh penggunaan teknologi terutama dalam mengajar MI/SD

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar