Oleh Fina Nikmatul Hasna

Mahasiswa INISNU Temanggung


Arti kata motivasi menurut KBBI, [mo.ti.va.si]. Kata Nomina (kata benda). Berarti dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Diartikan juga usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok tertentu bergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai suatu tujuan yang dikehendaki atau mendapatkan kepuasan dengan perbuatannya. 

Dapat disimpulkan bahwa motivasi merupakan dorongan, dukungan, dari diri kita sendiri atau terpengaruh oleh orang lain, keadaan, untuk mencari sebuah tujuan yang diinginkan. Tentunya motivasi akan muncul dengan berbagai faktor, atau dapat muncul karena kesadaran diri kita sendiri. Memotivasi orang lain, atau memotivasi diri kita sendiri itu penting demi keberlangsungan hidup kita di masa depan. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak motivator di Indonesia yang dapat kita pelajari atau contoh. Seperti sosok wanita Merry Riana yang seorang motivator ternama, yang mampu membuat sejenak kita ingin melakukan apa yang dia katakan. Beliau mampu membius para pendengar dengan gaya bahasa anak muda, mudah dimengerti, manis, dan dapat diterima oleh anak muda saat ini. Motivasi tentunya tidak hanya kita dapatkan dari sosok-sosok motivator, namun diri kita pun mampu memotivasi diri dengan hati dan pikiran yang positif, serius, dan tidak mudah terpuruk. 

Motivasi juga bisa kita dapat dengan membaca buku-buku sastra atau lainnya, yang membuat kita tau sekaligus memberikan efek positif dalam otak kita, tertanam hal baik dan positif. Dan kita merupakan motivator pertama untuk diri kita sendiri, memulai dari hati kita untuk selalu berpikir positif sehingga membuat kita mampu menerima motivasi atau arahan dari orang lain, dari diri kita untuk diri kita. Memulai dengan hal-hal kecil yang jarang kita lakukan maka akan menjadi sebuah kebiasaan yang pasti dalam hal positif. 

Memang terkadang kita sendiri merasa tidak mampu, namun kita belum mencobanya. Jadi perbaiki hati diri kita dahulu, bersihkan hal-hal negatif, maka semua usaha dan uji coba kita membuahkan hasil. Jika tidak berhasil hendaklah memperbaiki, dan jangan berputus asa. 

Menghadapi suatu masalah jadikanlah sebagian sebuah pembelajaran. Pembelajaran yang harus kita koreksi agar menjadi lebih baik dan tidak melakukan kesalahan lagi. Jangan takut salah, namun takutlah jika kita melakukan kesalahan yang sama. Dengan mengalami kesalahan maka kita mampu membenarkan, membenahi, serta memahami bahwa salah itu tidak untuk dijadikan renungan. Tetap mencoba hal-hal yang baru, yang pastinya kita mampu, dan pastinya memberikan pelajaran yang baik untuk kita. Berterima kasih dengan adanya masalah kita mampu mendewasakan diri dan mampu beradaptasi dari sebuah kesalahan menjadi kebaikan. Tak lupa selalu beroda dan berusaha dalam pencapaian tujuan kita. 

Seperti halnya pepatah Jangan Pernah Berputus Asa Karena Usaha Tidak Akan Menghianati Hasil. Jangan lupa berterima kasih kepada orang-orang terdekat kita yang selalu menemani dan memberikan semangat kepada kita. 

Mendengarkan sebuah motivasi membuat kita berpikir bahwa kita harus lebih baik dari hari ini. Saat menjadi mahasiswa kita pasti akan memiliki harapan ingin seperti ini,seperti dia, atau berkeinginan lebih namun kita bingung memulai darimana. Tak lupa dengan cara kita melihat seseorang yang memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi, itu akan menjadi motivasi diri kita dan ingin seperti dirinya, dengan melihat seseorang dari berbagai sudut pandang maka kita mampu mengambil hal positif yang tidak terucap. 

Berbeda lagi jika kita sudah bekerja, kita pasti akan memulai dari terendah untuk mencapai tertinggi. Dalam suatu usaha, tidak bisa dipungkiri memang kita perlu memiliki tokoh idola yang dapat dicontoh, entah pekerjaannya, pendaftarannya, atau gaya bahasa mereka yang positif membuat kita tergerah melalukan hal yang dia lakukan agar kita mampu seperti dia. 

Motivasi dalam diri sangat penting untuk kita memulai hal yang lebih tinggi, untuk mencapai cita-cita kita dan menjadi dasar keunggulan untuk mencapai suatu tujuan. Meningkatkan kemauan kita dalam berusaha, semakin banyak kita memiliki rasa ingin melakukan maka semakin dekat kita dengan kesuksesan, tidak bermalas-malas, jangan mudah menyerah saat orang lain mencoba menjatuhkan, apalagi saat orang lain memberikan sebuah kritik dan saran. Menuju kesuksesan tidak mudah seperti kita membalikkan telapan tangan, namun terdapat komponen didalam nya, seperti motivasi. Jadikan motivasi sebagai tonggak utama kesuksesan, dan sebagai dorongan kita untuk menjadi yang lebih baik. 


Bagikan :

Tambahkan Komentar