Ditulis oleh Muhammad Ansori 

Mahasiswa PGMI INISNU Temanggung


Akhir-akhir ini sepakbola bukan hanya sebuah permainan olahraga biasa. Tetapi sepak bola sudah menjadi budaya di masyarakat kita. Bahkan sepakbola dapat dinikmati dan dimainkan oleh semua kalangan masyarakat dari usia muda sampai tua. Berikut alasan sepak bola menjadi olahraga yang populer di dunia:

Sepak bola adalah olahraga yang sangat simpel. Peraturannya cuma memasukan bola ke gawang memakai kaki.Tidak perlu ada infrastruktur khusus. Mudah dimainkan di mana saja.Tidak perlu banyak syarat fisik yang harus dipenuhi, tidak perlu tinggi. Cukup bisa lari dan penguasaan teknik. Tidak membutuhkan banyak peralatan yang mahal.

Sepak bola sekarang sebagai besar olahraga di desa desa sangat diminati oleh banyak warga setelah Pandemi ini dengan sering mengadakan turnamen di nama kan trofeyo sebagai besar utama yang dilakukan setiap desa jika kemajuan di olahraga sepak bola. Sebagai olahraga yang sangat simpel dan mengasikan sebagai hiburan dan semangat sebagai pemuda di desa.

Siapa saja pemain yang diturunkan dalam pertandingan bisa memainkan peran penting setiap orang di lapangan memiliki kesempatan untuk mengolah si kulit bundar yang didapatkan dan sangat penting skil yang sangat penting dalam menarikan pelatih untuk di percaya sebagai pemain andalan.

Pada tahun yang lalu, diguncangkan isu dimana sepak bola di Indonesia kasus pengaturan skor dan berujung beberapa nama yang terlibat dalam mafia bola. Kini, isu tersebut mencuat kembali dengan mencoreng nama PSSI untuk sekian kalinya. Kemudian beberapa waktu lalu isu pengaturan sekor yang menimpah Perserang di mana di duga terjadi saat laga kontra RANS Cilegon FC. Kemudian pada waktu lalu masalah ini di bahas mata Najwa TransTV yang menguak permasalahan ini. Dan disitu mengukapkan bahwa satgas Anti mafia Bola yang bertugas menangani praktek kecurangan di sepak bola telah bubar. 

Semunculnya isu ini dan kebenarannya akan kecurangan praktek ini menjadikan hilangnya sportifitas club-club sepak bola di Indonesia. Dengan praktek ini, menjadikan permainan  tidak berarti lagi, dan PSSI pum sudah tercoreng nama baiknya. Kenyataannya mafia sepak bola ini berasal dari pengurus dari organisasi PSSI. Mereka memanfaatkan jabatannya untuk kelangsungan mereka sendiri. 

Pada akhirnya, permainan sepak bola di Indonesia  sangat memperhatikan dan memberikan perhatian penuh. Sebagai generasi muda tidak sepatutnya menginginkan sesuatu tanpa ada usaha serta tidak perlu menggunakan hal hal yang tidak halal untuk mendapatkan yang kita mau.  Dan jika membuat suatu kompetensi dengan membuat peraturan yang sangat kuat untuk menjalankan suatu kompetensi atau turnamen karena sering kali hanya gara wasit bisa membuat keributan dan menjadi denda yang merugikan kedua pihak.


Bagikan :

Tambahkan Komentar