Oleh  Fatih Wahyu Alam

Mahasiswa Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung


Dalam kegiatan bisnis yang baik, pasti didalamnya harus terdapat sistem pencatatan keuangan yang baik juga. Kebanyakan masyarakat masih belum menyadari betapa pentingnya penerapan akuntansi dalam sebuah bisnis/usaha terlebih untuk bisnis/usaha UMKM yang dalam tujuan sederhananya dimaksudkan untuk sekedar mengetahui pemasukan dan pengeluaran sehingga tidak grusa-grusu (semena-mena) dalam mengambil keputusan.

Akuntansi sendiri menurut American Accounting Association merupakan proses identifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi untuk memungkinkan adanya penilaian keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut

Akuntansi sendiri memiliki tujuan antara lain; untuk mendapatkan informasi akuntansi (accounting information) sehingga dapat bertindak dalam pengambilan keputusan, memberikan pertanggung jawaban (accountability) para pelaku ekonomi, serta mengetahui perkembangan perusahaan (going concern) dari tahun ketahun.

Secara umum, akuntansi sebenarnya tidak hanya digunakan oleh akuntan saja, melainkan sebenarnya seluruh orang telah menerapkan prinsip akuntansi seperti ketika kita mengatur uang yang diberikan dari orang tua kita berapa yang digunakan untuk jajan berapa yang kita gunakan untuk menabung. Begitu pula ketika kita ingin menjalankan sebuah usaha kita perlu juga mencatat berapa modal yang kita punya, berapa biaya pengeluaran untuk bahan baku, berapa pengeluaran untuk produksi,sehingga kita dapat mengetahui berapa harga dari produk kita sehingga kita tidak mengalami kerugian,

Kenyataannya akuntansi ini memang sangat diperlukan karena berhubungan dengan keberlangsungan sebuah usaha/bisnis yang sedang dijalani. Karena dengan akuntansi ini kita tidak kebingungan ketika kita berada pada titik bawah dan ketika kita berada titik atas kita bisa mengontrol keuangan kita, sehingga usaha/bisnis yang kita jalani akan tetap pada porsinya (proporsional).

Tentunya dalam kegiatan usaha/bisnis pasti terdapat kendala dan dengan adanya penerapan akuntansi keuangan ini setidaknya kita dapat meminimalisir terjadinya kebangkrutan. Dan pada akhirnya usaha/bisnis yang kita jalani akan tetap dapat berjalan dan tidak berhenti di tengah jalan.


Bagikan :

Tambahkan Komentar