Oleh Luqman Aji Kusuma

Mahasiswa Progam Studi Ekonomi Syariah Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung


Akuntansi merupakan sebuah alat penunjang dalam segala urusan manusia, tak memungkiri bahwa setiap manusia membutuhkan yang namaya akuntansi,bahkan seseorang maupun perusahaan dapat dikatakan maju ketika akuntansinya berhasil. Namun kita belum tau sejak kapan istilah akuntansi mulai di kenal dan siapa penemu akuntansi, menurut sejarahnya ilmu akuntansi muncul pertama kali pada tahun 1494 yang mana di kala itu ada seorang matematikawan bernama Luca Paciolo yang berhasil membukukan pencatatan keuangan dengan model berpasangan.

Buku yang dicetak oleh matematikawan ini diberi judul Summa De Arithmetica Proportioni et Proportionita. Isi dari buku adalah metode pembelajaran cara mengelola keuangan yang dibuat secara khusus untuk para usahawan. Selanjutnya di daerah Eropa Barat muncul istilah sistem pembukuan berpasangan yang sama untuk menyebutkan akuntansi. Namun beberapa waktu kemudian, sistem pembukuan berpasangan mulai dikenal di banyak negara-negara besar yang lainnya. Bahkan negara sekelas Amerika Serikat juga menggunakannya sekalipun dengan nama yang berbeda. Di Amerika sistem pembukuan disebut sistem Anglo Saxon.

Selain Amerika Serikat, Belanda juga mengadopsi ilmu pembukuan berpasangan. Negara ini menamakannya Pembukuan Sistem Kontinental. Sistem pembukuan berpasangan yang sudah menyebar di Eropa barat mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Terutama di jaman-jaman pertengahan karena di kala itu terjadi perpindahan progres perdagangan dari Venesia Italia ke Eropa barat. Karena eksodus para pedagang yang terbiasa melakukan pencatatan pembukuan, maka pembukuan mulai berkembang sistem akuntansi yang beredar di Inggris di kala itu yaitu sistem pembukuan berpasangan, yang nama inggris-nya sudah dijelaskan di atas. Karena perkembangan inilah, maka muncul versi-versi baru dengan nama yang berbeda.

Lalu di abad ke 19, Amerika Serikat mempatenkan teori Anglo Saxon 2 menjadi teori yang lebih komprehensif yang disebut dengan istilah Teori accounting dan ini yang dianggap cikal bakal lahirnya teori akuntasi modern. Teori ini mulai berkembang pesat di awal abad 20, yang mana di kala itu, Amerika Serikat sudah mengenal komputer, yang membuat pengaplikasian akuntansi menjadi lebih mudah. Tak hanya itu, penambahan teori di dalam pembukuan tersebut juga semakin diperkuat. Maka dari itu, saat ini, bisa ditemukan teori akuntansi sebagai disiplin ilmu pengelolaan keuangan yang kompleks dan seakan final.

Dan untuk akuntansi di Indonesia muncul pada abad 1642 dimana masyarakat tradisional sudah mengenal pencatatan keuangan termasuk kalkulasi laba rugi kemampuan ini dibawa oleh pedagang pedang dari Belanda, Portugis dan Spanyol, bahkan ada sebagian bukti bahwa akuntansi pertama digunakan di Indonesia pada tahun 1747 namun pada tahun ini belum terlalu utuh pelaksanaannya ,baru pada tahun 1870 akuntansi mulai dijalankan dengan lebih serius setelah dihapusnya PP Tanam Paksa yang berdampak pada masuknya investor asing terutama Belanda yang menanmkan modalnya di Indonesia. Maka demi sebuah aturan yabg teratur teori akuntansi pun mulai diterapkan di Indonesia dan mulai saat itu teori akuntansi mulai digunakan, bahkan pada tahun 1952 Universitas Indonesia mulai mengajarkan akuntansi.

Pada tanggal 17 Oktober 1957 resmi didirikan IAI (Ikatan Akuntasi Indonesia) di Universitas Indonesia yang berfungsi untuk mewadahi para akuntan Indonesia serta berusaha mengembangkan akuntansi agar tercapai akuntansi yang lebih baik dan benar sehingga generasi berikutnya dapat memahami akuntansi dengan mudah.lalu setelah itu mulai banyak Universitas yang mengajarkan ilmu akuntansi baik negeri maupun swasta.

Dan gelar akuntasi pertama kali di masukkan ke dalam regulasi pada tanggal 23 Desember 1957, hal ini ada dalam UU nomor 34 tahun 1957 yang isinya mengatur pemberian gelar akuntan kepada sarjana akuntasi maupun para luluan sejenisnya. Perlu kita ketahui bahwa yang berusaha menjaga akuntansi bukan pemerintah tapi Ikatan Akuntasi Indonesia. Bahkan berkat kerja kerasnya organisasi ini membuka 2 organisasi baru yaitu Seksi Akuntansi Publik pada tahun 1978 dan Seksi Akuntan Pendidik pada tahun 1980.

Semestinya kita sebagai generasi muda harus mensyukuri terkait adanya akuntasi dan patut berterimakasih kepada para pencetus akuntansi baik dunia maupun Indonesia karena sampai saat ini manfaat akuntasi dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari hari, tak dapat dibayangkan jika kehidupan ini tanpa akuntansi ,pasti semua akan hancur karena akuntasi secara umum adalah ilmu yang digunakan untuk memenegemen kehidupan sehari hari atau mengatur jadwal diri terlebih jadwal organisasi dan perusahaan.


Bagikan :

Tambahkan Komentar