Oleh Silfia Rahma Khuriana

Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah INISNU Temanggung

Pada dasarnya, akuntansi merupakan ilmu yang penting secara umum karena dalam kehidupan sehari-hari pun kita juga harus menerapkan ilmu tersebut. beberapa orang beranggapan bahwa ilmu Akuntansi hanya dapat digunakan dalam suatu perusahaan, Tentu jawaban bukan begitu karena sederhana nya saja dalam keseharian kita juga memerlukan akuntansi.

Beberapa orang menganggap bawasanya ilmu akuntansi merupakan suatu hal yang berkaitan dengan sistem menghitung dan faktanya akuntansi adalah sebuah proses pekerjaan yang tidak sederhana. Ilmu tersebut memiliki cukup banyak di gunakan di dalam penerapan sehari-harinya, terutama pada suatu hal yang berkaitan banyak dalam kegiatan bisnis.

Akuntansi lebih tepatnya hitung-menghitung pengeluaran pengolahan pendapatan untuk menjadi lebih paham dalam memahami keuangan dalam bisnis maupun keseharian untuk merencanakan pengeluaran secara strategis dan benar di perhitungkan untuk memaksimalkan keuntungan.

Pentingnya akuntansi juga erat dengan masalah uang dan laporan keuangan secara umum di dalam perusahaan, bisnis, maupun kehidupan sehari-hari. Menerapkan akuntansi sangat lah penting agar dapat memanajemen serta mengawasi atau mengontrol keuangan dalam perusahaan maupun umum.

Ilmu akuntansi pun sangat membantu bagi kita untuk melakukan pengolahan dalam berbisnis dan kehidupan kesehariannya. Dengan adanya pencatatan ini kita dapat mengetahui keberadaan keuangan kita saat ini.

Penerapan Akuntansi dalam kehidupan sehari-hari

Secara umum akuntansi juga bukan hanya dapat di gunakan oleh akuntan atau manajer dalam suatu perusahaan melainkan akuntansi juga dapat di terapkan secara umum tanpa kita ketahui ilmu ini dapat digunakan dengan latar belakang apapun karena pada dasarnya dalam kehidupan kita tidak bisa lepas dari kata akuntansi dalam hal tersebut kita harus melakukan pencatatan dengan contoh memanajemen keuangan kita sendiri yang di kelelola untuk memaksimalkan dalam bisnis maupun kehidupan berumah tangga. 

Secara tidak langsung, di sekeliling kita pun banyak yg belum mengetahui tentang akuntansi, banyak juga pertanyaan, contoh apa itu akuntansi? gimana cara kerja akuntansi itu sendiri? gimana penerapan akuntansi dalam kehidupan rumah tangga? dari hal tersebut kita jadi mengetahui mengenai jarangnya orang sekitaran kita yang belum mengetahui.

Akuntansi merupakan ilmu penting untuk melakukan pencatatan, mengumpulkan serta melaporkan informasi terkait keuangan, posisi keuangan, dan metode strategi dalam sebuah bisnis. Manfaat dari sebuah akuntansi juga dapat memberikan informasi perihal keuangan dan mengenai pada perubahan sumber ekonomi atau perusahaan yang di harap dapat membantu pada pembuatan potensi bisa mendapatkan sebuah keuntungan perusahaan, membantu pencatatan ekonomi keluarga, sebagai bahan evaluasi keuangan, dan sebagai informasi keuangan kepada pihak yang membutuhkan untuk bisa lebih baik dan terencana.

prinsip akuntansi yang berlaku umum adalah prinsip yang di gunakan di rumah tangga maupun perusahaan dalam menyusun laporan keuangan, Akuntansi juga mempunyai seni dari seni tersebut akuntansi pasti melibatkan berhubungan nya dengan uang, dengan intinya akuntansi itu bersifat finansial.


Bagikan :

Tambahkan Komentar