Oleh Zaidatul Hidayah

Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Syariah, Hukum, dan Ekonomi Islam INISNU Temanggung


Teknologi digital merupakan alat yang sistem operasinya berjalan secara tidak manual (otomatis) dan bertujuan untuk memudahkan setiap kegiatan manusia. Perkembangan Teknologi digital ini akan terus berkembang di kalangan masyarakat, dan akan menjadi poin yang sangat fundamental untuk setiap aktivitas manusia terutama dalam hal bisnis atau perekonomian. 

Pesatnya perkembangan teknologi yang semakin meningkat setiap harinya dapat dilihat dari setiap aktifitas manusia yang banyak menghabiskan waktunya untuk menggunakan teknologi. Hal ini yang berpengaruh sangat signifikan dalam bisnis terutama di dalam bidang strategi pemasaran (promosi).

Bisnis usaha yang berbasis mikro merupakan bisnis atau usaha yang bisa dijalankan oleh siapapun dengan modal kecil dan dapat dilakukan dirumah (Home industri). Bisnis usaha yang berbasis mikro dijelaskan pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 yakni usaha mikro adalah usaha yang dimiliki perorangan, dan berkriteria memiliki kekayaan bersih maksimal Rp 50.000.000 selain tanah da bangunanya dan kriteria lain adalah hasil penjualan tahunan tidak melebihi Rp 300.000.000. 

Contoh Bisnis usaha yang berbasis mikro yakni seperti bisnis kuliner, bisnis kecantikan, bisnis agribisnis dll. Dalam menjalankan usahanya Sebagai bisnis usaha yang berbasis mikro ini perlu untuk mengikuti perkembangan zaman atau melek teknologi agar usahanya tetap bisa eksis dan dapat meningkatkan pendapatan.

Didalam bisnis usaha yang berbasis mikro teknologi yang digunakan untuk pemasaran dari produknya biasanya menggunakan aplikasi media sosial. Media sosial merupakan sebuah media daring yang mempermudah manusia dalam kebutuhan komunikasi jarak jauh atau bersosialisasi antara satu sama lain dengan akses yang sangat cepat. 

Biasanya aplikasi media sosial yang digunakan dalam bisnis usaha yang berbasis mikro ialah seperti : Facebook, Instagram, twitter, blog, youtube dll. Dari aplikasi Media sosial inilah yang membantu pelaku usaha dalam mencaari pelanggan dan sebagai media promosi dengan memberikan sebuah informasi mengenai produknya.

Aplikasi Media sosial yang digunakan dalam bisnis usaha berbasis mikro dalam membantu melihat peluang dan memulai sebuah bisnis biasanya menggunakan aplikasi facebook. Facebook merupakan sebuah perangkat aplikasi jejaring sosial yang memungkinkan manusia berinteraksi satu sama lain dan tergolong cukup lama berkembang di dalam masyarakat. 

Sangat wajar jika penggunaan akun aplikasi ini banyak seperti Menurut data internetwordstats pengguna Facebook di Indonesia mencapai 175,3 juta pada akhir maret 2021 dan angka tersebut setara dengan 63,4 % dari populasi yang mencapai 276,36 juta jiwa (estimasi 2021) atau 82% dari pengguna internet. Dan inilah salah satu alasan logis yang menjawab alasan mengapa perlu memasarkan melalui facebook.

Dengan adanya era digital ini Sebagai pelaku Usaha mikro bisa memanfaatkan untuk sarana promosi atau sebagai sarana mendekatkan diri kepada konsumen. Ditambah lagi, Pengguna Facebook saat ini banyak yang mengakses cendrung rata-rata anak –anak menuju pubertas (besus), ibu-ibu dan bapak bapak. 

Dengan ini pelaku usaha dapat memanfaatkan aplikasi facebook sebagai sarana menjual produknya, yang sasaran pangsa pasarnya anak –anak menuju pubertas (besus), ibu-ibu dan bapak bapak. Saat ini, Facebok memiliki fitur marketplace yang dapat dengan mudah diakses oleh siapapun. Di dalamnya terdapat sakumpulan barang yang ditawaran seperti contoh : karpet, kasur, handphone, snack, makanan dan masih banyak lagi

Facebook Sebagai Pemasaran Usaha Mikro

Majunya zaman, mengakibatkan banyak perubahan terutama selera masyarakat dalam berbelanja, seperti yang sebelumnya berbelanja secara langsung datang ke pasar berubah menjadi digital (online) atau bisa dilakukan kapanpun dan dimana saja. Dari sinilah, yang mendorong pelaku usaha untuk menawarkan produknya di Facebook. Dapat dilakukan dengan menawarkan dimarketplace atau di grup-grup lapak lainnya yang sudah banyak pengikutnya di facebook.

Dalam mencapai hasil yang optimal dalam bisnis perlu memiliki beberapa strategi : pertama, pelaku usaha perlu memiliki tujuan yang jelas. Hal ini, bertujuan untuk evaluasi kedepannya, apakah strategi yang digunakan sudah baik dan tepat atau perlu diganti. Namun bukan hanya sebagai bahan evaluasi pelaku usaha, bisa juga meningkatkan brand dari produknya

Kedua, mengetahui siapa target pasar dari produknya. Hal ini membantu pelaku usaha berbasis mikro dalam menentukan jenis postingannya. Seperti menggunakan gaya bahasa dari tulisannya yang sederhana tapi berkesan menarik dan mudah untuk dipahami

Ketiga, membuat postingan yang memberikan kesan mendalam atau menarik. Strategi ini bisa memeberikan format postingan yang jangan hanya berbentuk tulisan(teks). Namun alangkah baiknya ditambahkan foto, video atau testimoni pelanggan dari produk tersebut.

Keempat, menjadwalkan waktu memposting produknya. Waktu dalam memposting produknya sangat penting dalam strategi pemasaran, karena akan membantu kedepannya,saat terlalu sering memposting produk akan mempengaruhi dalam menciptakan jenis postingan yang menarik.

Kelima, aktif dalam berkomunikasi dengan setiap calon pelanggan. Dengan berkoumunikasi dengan calon pelanggan akan membangun relasi komunikasi, terutama membalas pesan dan komentar-komentar dari konsumen


Bagikan :

Tambahkan Komentar