Hariantemanggung.com - Pada Sabtu, 16 Oktober 2021, gagasan MES ( masyarakat ekonomi syariah) di Temanggung mulai dimunculkan oleh para akademisi dari INISNU Temanggung. Diantara penggagasnya yaitu Dr (Cand) Sumarjoko M.S.I selaku Rektor INISNU Temanggung, Amin Nasrullah Lc M.Ek selaku Kaprodi Ekonomi Syariah, Dr (Cand) Fatmawati Sungkawaningrum M.S.I selaku Sekretaris Prodi Ekonomi Syariah, Muh. Saiful Bakri M.E selaku dosen ekonomi dan Nasrudin S.H.I. selaku praktisi perbankan syariah.

Mengingat Indonesia sebagai penganut agama islam terbesar di dunia merupakan peluang yang strategis untuk lebih mengenalkan ekonomi syariah. Dimana ekonomi syariah adalah sebuah sistim yang tidak hanya berorientasi bisnis dan profit saja. Pendirian MES ( masyarakat ekonomi syariah ) dimaksudkan untuk menyelenggarakan kegiatan perekonomian yang berimbang antara maslahah dan aspek keagamaan.

Perekonomian yang syariah adalah mempertimbangkan kepentingan dunia dan juga akhirat. Untuk dapat membudayakan ekonomi syariah perlu di bentuk adanya MES. MES di kota tembakau ini bertujuan agar masyarakat lebih familiar pada ekonomi yang syariah. Secara dasar ekonomi syariah melarang segala bentuk bisnis yang mengandung unsur maysyir (judi),  gharar (ketidak jelasan), dan riba.

Ketiga unsur tersebut mengandung unsur merugikan atau ada pihak lain yang di zalimi. Ketika  mitra bisnis yang tidak memahami suatu bisnis, maka masyarakat ekonomi syariah perlu lebih di perkenalkan, sebagaimana pemerintah membentuk PKK untuk ibu rumah tangga.

Tujuan yang penting dalam MES adalah supaya masyarakat lebih sistimatis dalam mengelola keuangan rumah tangga ataupun dalam kegiatan perekonomian yang lain.

Masyarakat perlu mendalami bagaimana cara menjaga agamanya, menjaga akalnya, menjaga jiwanya, menjaga keturunannya dan juga menjaga hartanya. Pembentukan MES juga telah di utarakan bapak wakil Presiden Makruf Amin. MES dapat menjadi mediator dalam banyak hal terkait dengan perekonomian. Karena MES mengatur cara berfikir dan bertindak.

Edukasi - edukasi yang bertujuan mencerdaskan masyarakat, dengan adanya MES maka akan lebih terstruktur dalam berkehidupan dan berekonomi. Sehingga dapat mengenali rambu rambu untuk tujuan kemaslahatan. Ibarat di jalan raya pihak pemerintah memasang rambu - rambu di jalanan, agar dapat di pahami dan di taati oleh setiap pengguna jalan untuk tujuan keselamatan bersama.

Adanya MES diharapkan mejadikan masyarakat lebih berpengetahuan dalam berekonomi khususnya para pewirausaha, supaya lebih berkompetensi dalam pasar. Pengetahuan sebagaimana di ketahui sangat perlu sebab dengan pengetahuan maka akan dapat mempengaruhi cara berfikir dan bertindak. MES tidaklah memihak pada sekelompok pemodal atau golongan tertentu akan tetapi untuk tujuan penciptaan ekonomi yang membawa berkah dan seimbang.

Bagikan :

Tambahkan Komentar