Oleh Tinah Isrofah

Mahasiswa INISNU Temanggung      

Apakah derajat seorang itu ditetapkan melalui besar kecil gajinya? Padahal semua orang di dunia ini yang jadi manusia sukses dengan segala profesi ya dari guru (dalam artian seseorang yang lebih tau dari kita lalu mengajari kita dan memberi ilmunya) kan? jadi guru itu pekerjaan yang paling mulia dunia dan akhirat. ilmu yg diajarkan akan menjadi pahala yang terus mengalir.satu lagi, jadi guru itu panggilan hati. bukan masalah gaji juga, orang yg baik mikirnya dia akan mengabdi untuk anak-anak bangsa.

lagian pahalanya insyallah besar. Kalian tahu kenapa guru disebut pahlawan tanpa tanda jasa? Ya karena  guru mengajarkan semua yang ga bisa diajarkan sama orangtua kalian. saat kamu berhasil, guru tidak dipuji, tapi orang tuamu. saat kamu bodoh, guru yang dicari, bukan orang tuamu. iya bener jangan jadi guru kalo mengharapkan gaji besar atau tidak.

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yaitu: pertama, pengakuan kedudukan guru sebagai tenaga profesional dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Kedua, kedudukan guru sebagai tenaga profesional berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Ketiga, kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab

Jabatan guru adalah dihormati oleh siapapun. Walaupun mungkin nafkah yang diperolehnya sangat minim apabila dibandingkan dengan profesi lainnya yang tidak menuntut tanggung jawab yang diberikan oleh guru. Di samping itu, dari guru inilah orang yang mengantar anak yang tadinya buta huruf menjadi melek huruf, orang yang tadinya bodoh menjadi pandai, orang yang semula dalam keadaan kegelapan menjadi terang benderang dan seterusnya. Dengan berbekal sifat-sifat tersebut dan kesadaran terhadap amanah yang diembannya, seorang guru akan selalu konsisten melaksanakan misinya serta berjuang untuk meletakkan kembali profesi guru pada posisi terhormat dan bermartabat

Guru bukan hanya sebatas memberikan pelajaran ilmu, melainkan membimbing serta memberikan perhatian dan kasih sayang kepada murid-muridnya.. "Siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan seorang guru yang bahagia. Siapa yang akan membuat mereka bersemangat untuk datang ke sekolah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar"

Semoga para guru sekolah di Indonesia segera mendapatkan hak yang layak.

Gaji tidak identik dengan penghasilan.

bagiku profesi guru itu hebat banget, valid. suka kagum sama teman-teman yg berani buat ngambil pgsd/pendidikan matematika/pendidikan yang lainnya, karena tidak semua orang mampu dan sabar buat mengajarkan anak-anak, dimana setiap anak memiliki karakter yang berbeda- beda dan guru pun harus bisa memahami karakter anak tersebut dengan penuh kesabaran.

Jadi bagi kalian yang sekarang ingin jadi seorang guru dan berpikir ingin menjadi kaya itu salah , jadilah seorang pengusaha jika ingin kaya .

Guru adalah sosok yang berjasa dalam memajukan pendidikan. Saat manusia masih buta aksara guru selalu membantu dan membimbing peserta didik membaca dan menulis, mengajarkan peserta didik dari nol sampai menjadi sosok yang melebihi gurunya. Ketika peserta didik tidak mau menerima apa yang diajarkan, guru selalu setia membimbing dan mengarahkan supaya menjadi manusia yang berguna bagi dirinya, orang tua, masyarakat, bangsa, dan negara. Menjadi seorang guru bukanlah suatu pekerjaan yang bekerja hanya untuk mendapatkan gaji saja, tetapi memiliki profesi seorang guru berarti ada tugas mulia yang sedang diemban. Menjadi guru adalah sebuah pengabdian, mengabdi untuk kecerdasan bangsa.

 

Bagi anak muda yang ingin berprofesi sebagai guru jangan pantang menyerah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar