Oleh Zaidatul Hidayah

Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung 

Komitmen dalam berorganisasi merupakan keinginan, kemauan dan keyakinan pada diri seseorang dalam suatu perkumpulan atau sering disebut dengan organisasi atau kelompok, dengan menerima nilai-nilai dan tujuan dari sebuah organisasi ini. Komitmen disini berarti memiliki sikap setia dan tanggung jawab individu dalam berkontribusi disebuah kelompok atau organisasi. Berkontribusi disini diartikan memiliki kesediaan terlibat mewujudkan tujuan sebuah organisasi.

Setiap individu yang ikut serta dalam berorganisasi diharuskan untuk berkomitmen dalam berkerja, karena dengan berkomitmen bisa menjadi bertanggung jawab dalam melahkukan tugasnya dalam berorganisasi. Dengan berkomitmen bisa juga menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya (tidak asal-asalan atau gawur). Bahkan bisa dengan memberikan perhatian, pikiran, tenaga dan waktu dalam menjalankan tugasnya, sehingga tercapailah    apa yang diinginkan oleh sebuah organisasi itu tersebut.

Manfaat dari komitmen dalam berorganisasi ini yakni : Pertama, individu yang berkomitmen dalam organisasi memiliki kemungkinan yang tinggi dalam berpartisipasi di dalam kelompok atau organisasinya. Komitmen dalam organisasi ini juga nerdampak pada kinerja individu tersebut didalam krlompoknya.  Bahkan juga berdampak dalam melaksanakan tugas sesuai dengan apa yang ditentukan atau ditargetkan oleh sebuah organisasi.

Kedua,  mempunyai rasa ingin yang tinggi dalam berkerja di organisasi dan dapat membantu menggapai tujuan dari sebuah organisasi dan selalu ingin melibatkan dirinya dalam setiap pekerjaan. Rasa ingin yang tinggi ini menciptakan semangat dalam melahkukan pekerjaannya dengan bersungguh-sungguh tanpa ada rasa tertekan atau unsur keterpaksaan.

Ketiga, adanya komitmen organisasi ini meningkatkan fenomena tingkat kinerja individu dalam organisasi. Dengan ini maka,  akan sangat mudah untuk mencapai target atau tujuan dari sebuah organisasi. Maka dari itu kita perlu menumbuhkan komitmen dalam organisasi sejak awal bergabung dalam sebuah organisasi.

Komitmen dalam organisasi ini bisa diwujudkan atau dapat dibentuk dengan adanya kebijakan organisasi yang adil dan cara menyampaikan kebijakan organisasi kepada individu. Nanum dalam mewujudkan itu ternyata ada beberapa hal yang mempengaruhinya. Seperti : gender,  usia,  status,  tingkat pendidikan,  etos kerja dan persepsi  individu.

Agar komitmen ini tumbuh disetiap individu,  perlu adanya tindakan-tindakan seperti: pertama,  memiliki tujuan yang sama dan jelas.  Hal ini secara tidak langsung, komitmen kan mulai muncuk dalam diri setiap individu dengan bentuk semangat kerja dan selali ikut serta dalam meraih tujuan bersama.

Kedua,  memiliki lingkungan yang nyaman dan menyangkan. Kenapa perlu demikian?  Karena lingkungan kerja yang nyaman adalah tempat kedua setelah rumah yang dpaat memberikan kesan positif dan menciptakan semangat dalam mengerjakan tugasnya.  Rasa nyaman disini seperti memiliki kebebasan berpendapat, kebebasan dalam bagaiamana ia mengatur dirinya sendiri dalam perusahaan atau bahakan menata ruangannya sendiri sesuai dengan seleranya.

Ketiga,  memiliki rasa cinta dan bangga terhadap kelompoknya. Sebuah organisasi yang maju, dibelakangnya,  terdapat karyawan yang berkerja keras dalam memajukan sebuah organisasinya. Maka dari itu,  akan timbul rasa sayang dala.  Individu itu untuk meninggalkan organisasinya.

Keempat,  komitmen dalam berkerja bisa muncul juga dengan adanya evaluasi atau sharing antara individu satu dengan yang lain. Atuau bahkan bisa juga memiliki kesempatan untuk menceritakan masalah dalam menejalankan tugasnya.  Hal ini dapat menumbuhkan rasa slaing memahami antar individu.

Bagikan :

Tambahkan Komentar