Oleh Agustin Wulandari

Mahasiswi STAINU Temanggung

 

Tampil cantik dan menawan adalah dambaan semua wanita di seluruh penjuru dunia. Terumana pada kalangan muda mudi sekarang ini yang tampak cantik dan anggun dalam berbusana sesuai dengan model dan gaya yang kekinian. Cantik menurut pandangan islam adalah wanita yang sengaja menutup auratnya dari ujung kepala sampai ujung kaki. Tidak mengenakan pakaian yang ketat karena itu biasanya akan memunculkan hal-hal yang tidak di inginkan.Ketika sesorang memiliki jiwa dan hati yang bersih maka tidak berlaku kepada dirinya untuk melakukan hal yang tidak semestinya. Tampil dengan busana tertutup seperti syar’i terlihat begitu elegant dan biasanya banyak orang yang menilai bahwa orang- orang yang mengenakan pakaian syar’i adlah cerminan akhlak mulia.

Banyak yang beranggapan bahwa berbusana syar’i merupakan cerminan akhlak yang mulia , namun siapa sangka masih banyak dikalangan remaja maupun muda mudi yang mengenakan pakaian syar’i namun perilakunya tidak sesuai dengan ajaran agama. Entah itu masih suka mengolok-olok teman, masih suka berkata seenaknya sendiri kepada teman lainya, masih suka sombong terhadap dirinya, dan masih banyak lagi aneka ragam orang-orang berbusana syar’i yang saya jumpai.

Indahnya Memkai  Busana Muslim Syar’i

Hay Ladies! Tampil syar’I merupakan dambaan setiap wanita muslimah bukan? Tentu saja iya dong. Bagaimana tidak jika dalam agama islam sendiri setiap wanita dan pria memiliki batas aurat nya masing-masing. Dan untuk wanita harus menutupi semua anggota badan kecuali muka telapak tangan. Ketika seorang muslimah sudah memutuskan untuk berhijab maka sebiknya di tingkatkan yang tadinya hanya asal-asalan memakai pakaian yang penting menutup aurat dan yang penting berhijab gitu saja menjadi berpakaian muslimah yang tidak asal-asalan. Seperti apa sih adab berpakaian muslim yang benar?

Yang pertama adalah menutup aurat. Adab berpakaian dalam islam yang mendasar adalah pakaian yang menutup aurat. Dimana aurat laki-laki adalah berada antara pusar hingga lutut sedangkan perempuan adalah seluruh badan kecuali telapak tangan dan muka. Yang kedua adalah ada berpakaian yang tidak menyerupai pakaian orang kafir. Yang ketiga adalah cara berpakaian yang tidak menyerupai pakaian lawan jenis. Kita herus selalu mempertimbangkan pakaian yang akan dikenakan agar tidak menyerupai pakaian lawan jenis karena hal itu sangat dibenci oleh Allah Swt. Yang keempat adalah berbusana yang tidak transparan. Dalam memakai busana tidak boleh memakai bahan yang tipis atau transpara karena dengan berpakaian seperti itu akan mengundang nafsu orang yang melihatnya. Lalu pakaian yang tidak ketat karena ketika wanita memakai pakaian ketat itu akan mengundang nafsu lawan jenis dan bisa menimbulkan kemaksiatan. Nah maka dari itu ladies yang harus kita perhatikan adalah bagaimana adab berbusana kita itu adalah berbusana muslim yang baik. Salah satunya adalah memakai busana syar’i . busana syar’I tidak hanya sekedar menutup aurat saja melainkan longgar atau tidak ketat dan anggun ketika kita memakainya.

Yuk Ladies Perbaiki Diri

Manusia adalah makhluk sempurna diantara makhluk lainya. Namun sesempurna manusia tidak lain adalah makhluk yang paling rendah dan paling lemah karena manusia adalah makhluk yang tak luput dari kesalahan dan dosa- dosa. Untuk itu kita sebagai umat muslim sebaiknya harus mempunyai cara dan tekat agar kita bisa lebih baik dalam pandangan orang lain dan dalam padangan Allah SWT. Dalam Al- Qur’an Surat Ar-Ra’d ayat 11 yang artinya “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri”  Lalu bagaimana cara kita dalam memperbaiki diri kita sendiri menurut islam?

Ada berbagai cara yang harus kita lakukan ladies yang pertama kita harus memiliki tekad yang kuat. Ketika sudah memiliki tekad yang kuat pasti sudah mempunyai kemauan yang kuat juga untuk berubah dan memperbaiki diri. Dan kita harus yakin bahwa allah akan memudahkan kita dalam melangkah menuju kepada hal yang lebih baik lagi. “ Dalam QS Al- Ankabut ayat 69 “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) kami, kami akan tunjukkan kepada mereka jalan –jalan kami. Dan sungguh Allah bersama orang-orang yang berbuat baik.”

Yang kedua yaitu dengan cara memperbaiki niat. Tidak hanya sekedar tekad saja melainkan harus mempunyai niat yang bulat. Karena sebaiknya perubahan yang kita inginkan adalah bertujuan dengan niat yang baik dan harus lilahita’ala. Sebab jika niat hanya dikarenakan manusia maka jangan heran jika akan berlangsung sementara, namun jika niat sudah karena allah ingsyaallah akan dipermudah segala hal yang sulit dan akan di beri pentunjuk oleh allah jalan yang benar.

Yang ketiga adalah berusaha lebih exstra. Untuk mewujudkan segala hal tentunya juga diperlukan adanya usaha. Tidak hanya tekad dan niat namun juga harus adanya usaha yang maksimal. Adanya usaha yang maksimal ingsyaallah allah juga akan memudahkan segala hal yangingin kita rubah menjadi lebih baik dan ingsyaallah akan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Yang keempat jangan bermalas-malasan. Karena semua hal yang dilakukan jika didasari rasa malas tidak aka nada habisnya. Malas juga hanya akan membuang waktu tanpa arti. Untuk itu jangan terbuai dengan oleh rasa malas ayo lawan malas dan terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Yang kelima jangan melupakan ibadah, poin ini adalah poin yang sangat penting. Ketika sudah berusaha dengan sebaik mungkin maka jangan lupa jika semua hal yang mengatur hati dan diri kita adalah allah. Maka jika ingin menjadi lebih baik perbanyak solat dan ibadah lain yang sudah seharusnya kita sebagai umat islam melaksanakannya. Dengan berdzikir juga akan membuat hati lebih damai dan tenang. Yang keenam yaitu dengan cara kita mencari motivasi. Kenapa kita harus mencari motivasi ? karena biasanya orang yang melakukan sesuatu yang berjanka panjang akan bertemu pada titik jenuh. Dimana jenuh itu harus kita lawan dengan cara kita mencari berbagai motivasi yang bisa membangkitkan diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Yang ketujuh yaitu istiqomah, ketika sedang dalam proses memperbaiki diri tentu yang dibutuhkan adalah istiqomah. Menjaga istiqomah tidaklah mudah unuk itu kite perlu memperbanyak dzikir, berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Lalu Optimis, optimis berarti berprasangka baik kepada Allah Swt. Percayalah ladies, bahwa apa yang kita usahakan dengan sungguh-sungguh tidak akan sia-sia. Walaupun mungkin itu tampak sulit dan mustahil, tapi jika kita optimis dalam melakukannya ingsyaalah allah akan mempermudah jalan kita ke jalan yang di ridhainya. Lalu kita sebaiknya berkumpul dengan orang-orang yang baik. Jika dipikir- pikir terkadang memang sulit merubah diri tanpa bantuan orang lain. Karena manusia adalah saling membutuhkan satu sama lain. Maka dari itu carilah teman! Yang bisa mengingatkan kita kepada hal-hal yang baik dan melarang kita jika akan melakukan hal-hal yang sekiranya tidak baik. Lalu perbanyak bersyukur ya ladies! Kita tidak bisa berubah jadi lebih baik jika kita belum bersyukur  atau mengeluh dengan apa yang kita punya dan kita capai. Stop membandingkan kehidupan kita dengan kehidupan orang lain. Perbanyak bersyukur dengan apa yang sudah diberikan allah kepada kita . karena nikmat yang diberikan allah kepada kita tidaklah Cuma-Cuma jika kita rajin bersyukur. Karena dalam QS Ibrahim ayat 7 dijelaskan yang artinya “ Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan” Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah nikamat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmatku, maka sesungguhnya azabku sangat pedih”. Untuk itu yuk rajin bersyurkur ya.

Nah Ladies! Sudah taukan bahwa betapa indahnya memakai busana muslim yang indah itu? Berbusana syar’i belakangan ini juga menjadi tren masyarakat di Indonesia karena selain indah dan anggun saat memkainya juga terlihat pancaran aura yang berbinar ketika dipandang oranglain dan ingsyaallah dengan berbusana syar’I jarang laki-laki akan menggoda kita dan memunculkan hawa nafsunya. Nah ketika berpakaian sudah sesuai syariat islam maka yang perlu di perbaiki lagi adalah diri kita entah itu dalam ucapan maupun perbuatan. Sehingga apa yang terlihat dari luar baik maka yang di dalam pun sebisa mungkin terlihat  baik juga. Yuk Semangat berbenah diri Ladies!

Bagikan :

Tambahkan Komentar