Oleh Afi Maedina

Mahasiswa STAINU Temanggung

Di zaman seperti sekarang ini yang mana serba modern maka banyak hal yang sudah ada dahulu perlahan-lahan akan mulai pudah dengan sendirinya. Tidak hanya itu saja, akan tetapi kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan oleh orang terdahulu, sekarang ini sudah jarang yang melakukannya dan melestarikannya. Terus jika bukan kita yang melestarikannya,,siapa lagi,,. Ini semua tidak lain disebabkan oleh perubahan yang terus berkembang dari waktu ke waktu secara pesat. Bicara tentang hidup ini, mungkin setiap orang menginginkan hidup yang bahagia tentunya. Tidak ada orang yang ingin hidupnya sengsara dan menderita. Karena hidup ini di dunia hanya sekali. Oleh karena itu, dalam hidup ini biasakan untuk melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi orang sekitar.

Salah satunya yaitu melakukan pembiasaan sedekah meskipun itu sedikit. Dengan kita bersedekah kepada orang lain, yang pertama tentu kita akan mendapatkan suatu rasa kebahagiaan dalam diri kita, tidak lain kebahagiaan ini kita dapatkan setelah orang yang kita beri merasa senang dan asa senang inilah menjadikan kita bahagia. Selain itu, dengan bersedekah maka hati kita akan menjadi tentram, tenang, dan harta akan menjadi berkah jika sambil digunakan untuk bersedekah. Makna sedekah itu, memberikan sebagian harta yang kita miliki kepada orang lain. Memang sedekah itu tidak selalu melulu tentang harta. Tapi biasanya yang terkenal dimasyarakat itu jika bersedekah itu berupa sejumlah uang. Yang perlu diingat disini yaitu jika kita ingin bersedekah tentu harus dengan niat yang ikhlas bukan karena ingin mendapatkan pujian dan balasan dari orang lain ataupun orang yang kita beri sedekah.

Tidak ada patokan jumlah dalam bersedekah. Jumlahnya sedikit tapi mengeluarkannya ikhlas tentu lebih baik daripada banyak tapi dengan tujuan riya, pamer atau supaya mendapt sanjungan dari orang lain. Jadi, kita bersedekah itu harus sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Meskipun ketika sedekah banyak memang lebih baik. Tidak ada ketentuan dan kriteria orang yang boleh untuk sedekah. Semua orang diperbolehkan untuk melakukannya baik orang itu kaya, pas-pasan ataupun sebagainya. Tidak ada larangan jika orang yang hidupnya misalnya buat makan saja sudah terus orang itu tidak boleh sedekah, disini orang itu tetap boleh sedekah. Jangan mengira kalau orang yang kurang mampu maka orang itu tidak melakukan pembiasaan sedekah dalam hidupnya. Sekarang ini banyak orang yang hidupnya kelihatannya biasa-biasa saja tapi serasa kehidupannya itu jauh dari kata pas-pasan karena ada suatu keberkahan seperti sudah bersedekah dan sebagainya. Semuanya kembali kepada diri kita masing-masing, mau melakukannya atau tidak perbuatan yang baik ini. Tidak ada paksaan ketika sedekah misalnya dengan nominal dan jumlah sekian serta tidak ada suruhan waktu untuk bersedekah. Karena sesuatu yang dilakukan dengan paksaan itu tidak baik, meskipun terkadang pertama kalinya harus dilakukan dengan dipaksa. Lama-lama akan dengan terbiasa melakukannya dan akan timbul kesadaran pada diri kita masing-masing tanpa perlu dipaks lagi. Pahala yang didapat dari sedekah itu tergantung dari niat kita, jika niatnya ikhlas maka tentu pahala yang kita dapatkan.

Akan tetapi bukan berarti semua orang sanggup untuk bersedekah, masih banyak orang yang enggan untuk bersedekah dengan berbagai alasan misalnya saja alasannya kita untuk biaya kebutuhan hidup  dan makan saja pas-pasan masa kita mau sedekah, terus ada juga yang berpikiran dan beranggapan jika saya bersedekah nanti harta jadi berkurang dan beberapa alasan yang lain. Terlebih pada situasi seperti sekarang ini yang sulit maka banyak orang yang enggan untuk bersedekah karena mereka ketakutan hartanya akan berkurang. Disini yang pelu diingat dengan kita bersedekah itu tidak menjadikan harta kita berkurang sebab diberikan kepada orang lain akan tetapi yang ada malah sebaliknya harta kita akan bertambah dan lebih berkah lagi. Maka tidak usah takut untuk melakukan perbuatan baik seperti sedekah ini. Oleh karena itu, jika kita semua sudah yakin jika dengan kita bersedekah harta tidak menjadi berkurang maka semua kita semua pasti ingin melakukannya setiap hari. Karena banyak sekali manfaat dibaliknya. Bersedekahlah dengan harta yang halal dan baik, maksudnya harta itu diperoleh dari hasil yang halal dan baik bukan harta hasil mencuri, merampok, mencopet. Mengapa demikian, karena jika kita bersedekah lalu harta itu haram maka sama saja orang yang kita beri sedekah jadi makan harta haram. Kegiatan seperti inilah alangkah lebih baiknya jika dilakukan setiap hari. Meskipun dengan jumlah yang sedikit.

Ada pepatah sedikit demi sedikit lama kelamaan akan menjadi bukit. Ketika sering bersedekah tentu di akhirat kelak kita akan mendapatkan pahala yang banyak sesuai dengan apa yang sudah dilakukannya selama berada di dunia. Jadi untuk menggapai keberkahan dalam sedekah maka perlu membiasakannya setiap saat. Jadi bisa diartikan disini kalau bukit itu pahala. Akan lebih baik jika melakukannya itu secara diam-diam. Sedekah yang diberikan secara diam-diam tentu hal ini akan jauh lebih baik dan lebih utama daripada yang diberikan secara terbuka yang nantinya pada akhirnya akan muncul riya dan pamer. Meskipun demikian, sedekah yang diberikan secara terbuka juga boleh-boleh saja. Awal-awal memang terasa sulit untuk sekedar memberi, tapi lama kelamaan akan terbiasa. Ibaratnya itu jika kita belum melakukannya rasanya itu ada kurang gitu ketika sudah membisakannya setiap hari. Lalu kita akan mengingat, apa sih yang kurang hari ini kok perasaan masih ada yang mengganjal. Kemudian kita baru ingat oiya hari ini saya belum sedekah.

Maka bersedekahlah setiap saat ketika mampu melakukannya. Dengan memberikan kepada orang lain meskipun itu tidak seberapa jumlahnya, akan tetapi setelah itu kita akan menjadi merasakan ikut bahagia. Terlebih lagi bisa meringankan orang lain tentu hati ini senang sekali..

Tidak usah takut harta akan berkurang dan terkuras. Biasakan hidup ini dengan bersedekah. Walaupun sedikit yang penting ikhlas, dan melakukannya setiap saat. Keberkahan akan menghampiri orang-orang yang berbuat demikian. Jangan menunggu kita yang mendapatkan sedekah tapi jadilah yang memberi.

Bagikan :

Tambahkan Komentar