Oleh Yusuf Wicaksono

Mahasiswa PGMI STAINU Temanggung

Biodata Buku :

Judul   : Filsafat Umum Zaman Now

Penulis : Hamidulloh Ibda

Editor  : Khamim Saifuddin

ISBN   : 978-602-50213-3-6

Cetakan:  I, Agustus 2018

Tebal   : 21x 14 cm, xv + 281 Halaman

Penerbit: CV.Kataba Group

Sinopsis Buku

Perubahan besar, sangat ditentukan dari perubahan cara berpikir. Pola dan cara berpikir benar, baik, dan indah, maka akan menentukan perkataan dan perbuatan, bahkan putusan benar, baik dan indah, begitu sebaliknya. Urgensi filsafat sebagai  the mother all of sciences menjadi landasan bagi perkembangan pikiran manusia.

Lewat sumber daya berkualitas, maka akan mampu menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0 ini. Apalagi, keharusan kita di abad 21 ini tidak sekadar dituntut memiliki “kompetensi, karakter dan literasi” yang hanya pada literasi lama. Mulai dari membaca, menulis, dan berhitung.

Revolusi Industri 4.0 mengharuskan kita memiliki bekal literasi baru, yaitu literasi data, teknologi, dan sumber daya manusia (humanisme). Di situlah tampak jelas, filsafat selalu relevan dalam kehidupan manusia.

Filsafat umum mencakup kajian tentang persoalan kesatuan, keseragaman, serta hubugan di antara segenap ilmu. Kajian ini terkait dengan masalah hubungan antara ilmu dengan kenyataan, kesatuan perjenjangan, susunan kenyataan, dan sebagainya. Filsafat ilmu khusus, yaitu kajian filsafat ilmu yang membicarakan kategori-kategori serta metode-metode yang digunakan dalam ilmu-ilmu tertentu atau dalam kelompok-kelompok ilmu tertentu, seperti dalam kelompok ilmu pendidikan.

Buku Filsafat Umum Zaman Now ditulis oleh Hamidulloh Ibda yang merupakan dosen dan Kaprodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAINU Temanggung yang mengkaji tentang persoalan kesatuan,keseragaman,serta hubungan di antara segenap ilmu

Isi Buku

Filsafat sebagai induk dari semua ilmu atau the mother of sciens yang menjadi dictum urgense yang mendasari untuk melakukan penguatan pemahaman, pendalaman dan penelitian objektif secara continue tentang studi filsafat. Di bab 1-2 dijelaskan bahwa filsafat merupakan teori tentang kebenaran, ilmu yang berintikan logika, etika, dan estetika. Filosof merupakan ahli filsafat, filosofi adalah flsafat, sementara filosofis merupakan cara berfikir secara filsafat.

Setiap ilmu pengatahuan pasti mempunyai objek atau bahan dijadikan sasaran penyelidikan.sementara onjek formal filsafat yaitu sudut pandang yang ditujuk pada bahan dari penelitian atau pemebntukan penelitian.

Kemudian di bab 3 juga dijelaskan latar belakang manusia karena manusia makhluk paling unik diantara makhluk lainnya. Manusia memiliki peranti lengkap dari aspek akal, nafsu, hati, pikiran, perasaan, fisik, dan lainnya.

Secara garis besar perkembangan ilmu filsafat semakin kesini banyak mengalami perkembangan begitu pesat dari abad ke abad. Ilmu pengetahuan dinamis, selalu berkembang menyesuaikan zaman. Dari semua itu, siapa yang bisa menguasai dunia? Tentu yang tau spirit zaman.

Dalam menjalankan kehidupan ini, sagat mustahil ketika manusia tidak membutuhkan ilmu dan nilai. Keduanya bagaikan dua keeping mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Manusia membutuhkan ilmu untuk hidup, baik yang konsep maupun yang praktis. Sedangkan dalam hidup itu, manusia membutuhkan tata nilai agar mereka  bisa benar, baik dan indah.

Pada zaman sekarang ini diakui atau tidak, pada era revolusi industry 4.0 ini, perkembangan ilmu pengetahuan sangat cepat bak kilatan cahaya. Era revolusi industri yang sarat akan fenomena disruption ini mengharuskan nilai-nilaiagama termasuk islam harus tetap survive dan memberikan sumbangsih pada perkembangan ilmu pengetahuan

Kelebihan Buku

Buku nya tebal kualitas kertas juga sangat baik dan sangat begitu menarik untuk dibaca bagi yang ingin belajar mendalami ilmu filsafat.

Kekurangan Buku

Bahasa yang digunakan terlalu tinggi untuk dimengerti bagi seorang pembaca yang masih awam

Bagikan :

Tambahkan Komentar