Oleh : Iis Narahmalia

Mahasiswi PG MI 3 A STAINU Temanggung

Paradigma filsafat Secara Universal
Filsafat umum merupakan mata kuliah yang membahas banyak hal sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan (the mother of all science) filsafat merupakan teori tentang kebenaran, ilmu yang berintikan logika , etika, dan estetika. Di mana filsafat mengkaji masalah umum dan mendasar tentang persoalan seperti eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran, dan bahasa. Filsafat menjadi cara pandang dalam mengkaji hal-hal substansial yang erat kaitanya dengan Tuhan, alam, dan manusia (hlm:4)

Di dalam buku filsafat umum zaman now ini dijelaskan terkait pengetahuan, ilmu, sifat keberadaan,agama, konsep diri dalam perspektif filsafat, serta nilai-nilai Islam yang terkandung dalam pendidikan filsafat. Pengetahuan tentang filsafat sendiri tidak mengenal batas sehingga mampu dicari sebab — sebab yang paling dalam dan hakiki yang berkenaan dengan hakikat sesuatu (transenden), maka terkadang dalam perbincanganya membahas seputar hal-hal abstrak yang mengedepankan ontologi, epitemologi, dan aksiologi. Filsafat meghasilkan kebenaran hasil yang radikal, spekulatif, dan universal dengan melakukan perenungan kefilsafatan atau mengunakan metode analisis dan sintesis, sehingga bersifat rutut dan berhubungan logis antara yang satu dengan yang lainya. (Hlm:22-31)

Seberapa Pentingkah Filsafat Dalam Kehidupan
Filsafat adalah induk dari ilmu pengetahuan (mater scientiarium) yang melahirkan banyak ilmu pengetahuan yang membahasa sesuai dengan apa yang telah dikaji dan diteliti di dalamnya. Karena sejatinya sebuah ilmu itu membahas tentang apa, bagaimana dan untuk apa pengetahuan berupa ilmu itu bisa dipelajari. Fisafat merupakan acuan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Dengan memahami filsafat dengan baik maka orang akan dapat mengembangkan secara konsisten ilmu-ilmu pengetahuan yang dipelajari. Segala teori terkait ilmu filsafat yang dibahas dalam buku ini mapu diterapkan dalam pendidikan dasar menengah dari SD/MI,SMP/MTS,MA/SMK,SMA yang mana nilai-nilanya akan terus di bawa dalam segala aspek kehidupan. (Hlm:41-54)

Eksistensi Filsafat Dalam Menyikapi Perkembangan Zaman
Manusia sebagai makhluk Allah yang paling sempurna (ahsanul taqwim) dan paling unik sebagai objek dan subjek dari berbagai ilmu dan dengan kajian ini dapat memunculkan berbagai ilmu. Dalam hubunganya dengan lingkungan manusia merupakan suatu organisme hidup (Living organism) dari sana timbul anggapan dasar bahwa manusia dianugrahi kepekaan (sense) untuk membedakan (sesnse of discrimination) dan keinginan untuk hidup dimana keunikan manusia tersebut selau menyesuaikan zaman. Teori filsafat yang di bahas dalam buku ini setidaknya mampu mengantarkan seseorang menjadi manusia seutuhnya berupa keterlibatan ilmu filsafat dalam perkembangan ilmu pengetahuan maupun dalam kehidupan praktis. Dalam hal ini filsafat menjadi “ Induk” utama, peranti perkembangan ilmu dalam riset —riset modern maupun dalam dunia pendidikan, baik secara positif maupun negatif.(Hlm:101-108)

Peran Filsafat di Era Revolusi Industri 4.0
Perubahan besar sangat ditentukan dari perubahan cara berfikir, pola berfikir yang baik dan benar. Melalui sumber daya yang berkualitas, maka akan mampu menjawab tantagan di era Revolusi Idustri 4.0 di mana di dalam buku ini penulis menyampaikan perihal keharusan menguasai literasi data, teknologi, dan sumber daya manusia (humanisme). Perkembangan era revolusi Industri kan membawa era perubahan yang sangat cepat dalam kemajuan keilmuan teknik industri, dimana nilai-nilai agama termasuk Islam harus tetap survive dan memberikan sumbangsih pada perkembangan ilmu pengetahuan, baik nilai — nilai yang berkaitan dengan hablum minallah, hablum minannas, dan hablum minalalaam.(Hlm:235-238)

Kekurangan atau Kritik
Dalam buku ini penulis menggunakan kata-kat yang cukup sulit untuk dicerna seperti penggunaan kata kata ilmiah sehingga pembaca merasa sedikit kesulitan dalam memahaminya. Terdapat beberapa penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan seperti kesalahan penulisan kalimat perincian.

Kelebihan dan Pujian
Buku ini sangat cocok untuk mendalami konsep kehidupan yang ada keterkaitanya dengan ilmu filsafat, penulis juga menyajikan beberapa peran masyarakat yang berkaitan dengan konsep Living organism dimana manusia  mampu mengikuti perkembangan zaman di era Revolusi Industri 4.0 tanpa meninggalkan nilai-nilai keislaman. Selain itu penggunaan kertas yang cukup bagus sehingga memperjelas tulisan yang ada.

Biodata Buku
Judul : Filsafat Umum Zaman Now
Penulis : Hamidulloh Ibda, M.Pd.
Editor : Khamim Saifuddin, M.Pd.
Desain Sampul : Wahyu Egi Widayat
ISBN : 978-02-0213-3-6
Penerbit : CV.Kataba Group
Tahun Terbit : 2018
Cetakan : 1 (Pertama)
Tebal : 21 x 14 cm, xv + 281 Halaman
Bagikan :

Tambahkan Komentar