Ilustrasi bosniatravel.net

Oleh Dwi Ina Fakotin

Mahasiswa Prodi PAI STAINU TEMANGGUNG

Destinasi wisata yang sedang viral dan patut di kunjungi yang berada di dusun Dadapan Desa Mangli Kecamatan kaliangkrik Kabupaten Magelang Jawa tengah ini mempunyai pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.

Namanya Gardu Pandang Silancur atau sering dikenal dengan sebutan Silancur Highland. Tempat ini di buat bertujuan untuk hunting foto di alam bebas, berkemah, melepas penat di sore hari dengan menikmati sunset, piknik ceria atau hanya sekedar menikmati pemandangan di alam bebas. Dan Lokasi sangat strategis yaitu dikaki gunung sumbing, membuat suasana semakin sejuk.

Pemandangan yang indah ditambah suasana yang asri di tambah lagi suasana yang sejuk seketika membuat hati senang dan pikiran menjadi fresh kembali. Pemandangan yang seperti itulah yang sangat di butuhkan disaat diri sangat Lelah akibat aktivitas yang sangat padat.

Tak hanya pemandangan saja yang indah di Silancur Highland Magelang ini mempunyai spot foto yang Menarik di alam bebas. Yang pasti akan membuat hasil foto menjadi lebih keren dan lebih fantastic

Selain udaranya yang sangat sejuk, paling utama dari Silancur Highland adalah golden sunrise yang bisa langsung dinikmati dan juga sunset yang tidak kalah bagusnya. Selain itu awan berwarna biru akan terlihat jika cuaca cerah, dan pemandangan gunung seperti gunung Merapi, Merbabu, Andong dan Telomoyo.

Tempat ini juga di tumbuhi banyak bunga berwarna warni yang semakin mempercantik tampilan Silancur Highland Magelang. Salah satu spot di Silancur Highland yang cukup menarik perhatian adalah taman bunga. Dengan beragam warna, taman bunga di Silancur Highland menjadi spot foto favorit.

Menurut owner Silancur Highland, Jarwo,sumber Kompas.com,aktifitas menarik lainya yang bisa dilakukan adalah berkemah atau camping. Saat berkunjung ke Silancur Highland biasanya wisatawan akan melihat banyak tenda – tenda berdiridi atas bukit, Tenda – tenda tersebut digunakan pengunjung untuk bermalam di Silancur Highland. Tiket masuk camping di Silancur Highland sebesar 15.000 per orang. Selain tempat camping, disini juga menyediakan villa dengan harga Rp 250.000 sampai Rp 350.000.

Tempat ini bisa diakses menggunakan sepeda motor maupun mobildan diparkirkan di tempat parkir sebelah loket pembayaran . Akses menuju kawasan wisata Gardu pandang Silancur ini sangat gampang dari kota Magelang.

Untuk sampai ke Gardu Pandang Silancur tersebut pengunjung harus melakukan perjalanan yang lumayan menantang. Hal ini mengingat lokasi tersebut berada di kaki Gunung Sumbing.

Kemudian untuk rute perjalanan pengunjung bisa dimulai dari pusat Kota Magelang. Dari pusat kota tempat, ini berjarak sekitar 18 km saja. Perjalanan bisa dimulai dari alun – alun kota Magelang. Dari alun – alun bisa melakukan perjalanan menuju ke Barat atau lebih tepatnya menuju Bandongan. Jika kalian sudah tiba di pasar Bandongan tinggal jalan lurus sampai menemukan pertigaan Tonoboyo. Dari pertigaan tersebut belok kearah Kalegen, Kemudian pengunjung akan menemukan pertigaan berbentuk Y. Pada pertigaan itu ambil arah menuju Mangli. Untuk sampai di Silancur Highland, pengunjung hanya perlu lurus mengikuti jalan tersebut. 

Walaupun wisata alam yang baru, Gardu Pandang magelang ini menawarkan daya Tarik yang cukup Variatif. Negeri para hobbit memang menyuguhkan keindahan yang luar biasa. Rumah – rumah kecil dengan pemandangan alam terhampar luas dan berwarna hijau merupakan perpaduan yang menyejukkan mata. Kini, wisatawan tidak perlu jauh – jauh ke Selandia baru untuk menemukan surga tersebut. Sebab, rumah Hobbit telah hadir di Gardu Pandang Silancur Highland. Ukuran rumah yang super mungil tidak memungkinkan kita untuk masuk tanpa menundukkan kepala. Yang menarik disini dikelilingi oleh bunga sehingga terlihat lebih asri.

Tempat wisata Silancur Highland ini buka setiap hari selama 24 jam non stop. Dan tiket masuk Ke Gardu Pandang Silancur Highland ini hanya Rp 5.000 per orang.

Bagikan :

Tambahkan Komentar