Oleh Erlina Novita Sari
Mahasiswi Prodi PGMI STAINU Temanggung

Biodata Buku
Judul : Lima Tema Utama Filsafat
Penulis: Julian Baggini
Editor  : M. Zain
ISBN   : 979-3603-09-7
Desain Cover  : Agus Gong
Philosophy: Key Themes
Penerjemah: Nur Zain Hae
Cetakan 1: Juni 2014
Penerbit: TERAJU PT. Mizan Publika
           

Apa yang khas dari filsafat adalah ia yang memepertanyakan segalanya dan bebasa asumsi.filsafat justru mengungkapakan dan memepertanyakan asumsi-asumsi yang mendasari pemikiran sehari hari kita tentang dunia, didri kita, milai kita dan kepercayaan kita. Filsafat adalah soal argumentasi. Argumentasi adalah justifikasi rasional yang mendasar untuk kesimpulan.(hlm. 2) Berikut beberapa tema utama dalam filsafat:

Apakah Teori Pengetahuan itu?
Teori pengetahuan merupakan tema sentral dalam filsafat. Hubungan antara pengetahuan dan kepercayaan akan di pertimbangkan lebih detail lagi Kita telah mengetahu bahwa pengetahuan itu tidak sama dengan kepercayaan, tetapi kelihatannya ada hubungan yang kuat di antara keduannya. Pengetahuan tampak menjadi sejenis kepercayaan khusus, kepercayaan yan membawa sebuah tanda kepastian. (hlm. 17)

 Teori pengetahuan berkenaan dengan persoalan tentang dasar dan pembenaran pengetahuan. Kaum rasionalis telah membuktikan bahwa seluruh pengetahuan di temukan dalam akal, yang tidak perlu menumtut bukti pengalaman untuk menunjukkan kebenaran. Kaum empiris percaya bahwa seluruh pengetahuan di turunkan dari pengalaman dan hanya kebenaran logika, geometri dan matematika yang bias dikenal menjadi benar tanpa referensi akan pengalaman. Empirisme maupun rasionalisme bias dilihat sebagai undasionalis, mereka berupaya menemukan apa yang menjadi dasar pengetahuan itu dan membangunnya dari sana. (hlm. 51)

Apakah Filsafat Moral Itu?
Filsafat moral adalah bidang filsafat yang mengasyikan tempat penerapan kehidupan nyata dan filsafat sangatlah jelas kelihatan. Tetapi pada saat yang sama untuk melakukannya dengan tepat sasaran mesti menghabiskan waktu untuk mempertimbangkan isu-isu metaetika yang membawanya jauh dari perhatian pilihan moral sehari hari. Etika menaruh perhatian pada isu bagaiman kita sebaiknya hidup, bukan agar supaya mencapai tujuan kusus, tetapi agar hidup  dalam kehidupan yang baik pada umumnya. (hlm. 57)

Apakah Filsafat Pikiran Itu?
Pikiran adalah jenis substansi yang berbeda yang bukanlah objek ilmu fisika, tetapi walaupun demikian dalam makhluk berakal seperti diri kita.(hlm. 105) Filsafat pikiran berkaitan dengan relasi pikiran dan materi khususnya, dan tubuh. Fungsionalisme menyatakan sesuatu memiliki pikiran jika ia mampu memproses input dan menghasilkan output dengan cara yang cerdas. Masalah pikiran yang lain adalah masalah bagaimana kita bias tahu yang lain memiliki pikiran ketika kita tidak bias tahu mereka memiliki kehidupan dalam, kita hanya bias mengamati perilaku mereka.(Hlm. 138)

Apakah Filsafat Agama Itu?
Filsafat agama sebagian besar mengenai latar rasional bagi kepercayaan atau ketidakpercayaan kepada tuhan. Ia berbeda dari teologi yang bermula dari kepercayaan keagamaan atau seperangkat kepercayaan tertentu dan berusaha memahami, mengeksplorasi persoalan-persoalan dalam agama, filsafat agama dari sisi lain tidak diandaikan bermula dari sejumlah asumsi atau kepercayaan sebelumnya. Tujuannya adalah untuk menguju dasar kepercayaan keagamaan dan untuk melakukan itu ia tidak bias mengasumsikan bahwa kepercayaan itu benat atau salah. (hlm. 143)

Beberapa orang percaya bahwa pengalaman relijius adalah dasar utama untuk kepercayaan. Problemnya adalah sebagaimana pembenaran akan eksistensi tuhan adalah fakta bahwa kita merasa sesuatu harus benar tidak biasanya diangap alasan yang baik untuk menerima bahwa ia sebenarnya benar pengalaman umum akan mukjizat tidaklah mencukupi untuk membenarkan kepercayaan pada tuhan karena tidak ada bukti yang layak untuk mengira keajaiban seperti itu telah terjadi. (hlm. 178)

Apakah filsafat politik itu?
Politik adalah masalah yang membagi orang kedalam banyak haluan. Ia juga membagi orang berdasarkan kepentingan mereka, beberapa orang melihat politik sebagai bagian kehidupan yang paling penting, sementara yang lai tidak bias melihat pokok soalnya bahkan ketika harus ikut pemilu lima tahun sekali.(hlm. 183)
Filsafat politik adalah mengenai cara kita membenarkan berbagai bentuk pemerintah, ideologi politik, hukum dan ciri lain dari negara. Filsafat politik menyelidiki hal-hal di balik hiruk-pikuk banyak debat politik dan menguji soal yang lebih abadi. Sebuah kinsep penting dalam politik adalah kebebasan. Kebebasan bias jadi positif (kebebasan melakukan sesuatu memenuhui  potensi seseorsng) atau kebebasan negarif (kebebasan dari campur tangan pihak luar). Kedua bentuk kebebasan ini dioerlukan sekali tetapi mungkin kadang-kadang bertentangan satu sama lain. (Hlm. 221)

Kekurangan dan Kritik:
Dalam buku ini ada beberapa kalimat yang tidak efektif dan bahasanya sulit dimengerti mungkin dapat disederhanakan lagi agar si pembaca tidak merasa kebingungan.

Kelebihan dan pujian:
Cover bukunya sangat kekeinian dapat menarik perhatian si pembaca, buku ini juga dapat di gunakan sebagai bahan kajian untuk semua kalangan, dan jenis kertas yang di gunakan juga bagus dan berkualitas.

Bagikan :

Tambahkan Komentar