Judul  : “ Pendidikan Pancasila untuk Perguruan tinggi
Penulis  : Hayat,S.AP,M,Si
Penerbit    : Baskar Media ( Aditiya Media Group )
Cetakan Pertama : Juli 2018
Tebal      : xii + 328 Halaman

Oleh Holifah Prodi Pendidikan Bahasa Iggris Universitas Islam Malang.

Resensi
Buku ini menjabarkan bahwa pancasila berkaitan dengan hubungan yang lebih spesifik yaitu iptek dan budaya dalam membentuk karakter antara nilai dan moral bahasa dalam rangka pengembangan sosial budaya.

Pengembangan iptek mencapai kemajuan pesat sehingga peradapan manusia mengalami perubahan yang luar biasa dari situasimelingkupinya yang selalu berkembang dalam satu ruang budaya.Teknologi telah menambah berbagai bidang kehidupan manusia secara intensif,  temasuk termasuk pola pikir dan budaya bahkan nyaris menggoyahkan eksistensi manusia itu sendiri.

Pancasila sebagai kerangka kesadaran yang dapat mendorong untuk inversalisasi yaitu melepaskan simbol-simbol dari keterkaitan struktur dan transendentalisasi yaitu meningkatkan drajat kemerdekaan manusia mencari kebenaran sesuatu yanag dapat di peroleh atau di cari melalui kepercayaam, pengetahuan dan falsafati.

Setiap sila pancasila merupakan sistem filsafah suatu kesatuan organisasi yang saling berhubungan, berkaitan bahkan mengkualifikasi secara demikian bagian sila-silanya membentuk struktur menyeluruh dalam pengertian ke filsafahan sebagai mana antara lain materialisme, idealisme, rasionalisme, liberalisme dan sosialisme. Kenyataan pancasila di sebut opjek bahwa kegiatan itu ada pada pancasila itu sendiri terlepas dari sesuatu yang lain atau pengetahuan orang.

Susunan pancasila bersifat hierarkhis serta berbentuk piramidal untuk menggambarkan kuantitas dan kwalitas menunjukkan suatu rangkaian tingkatnya. Di jelaskan juga dalam buku tersebut dasar memberikan implikasi positif bagi kehidupan bermasyarakat serta dapat menjadikan ini referensi dan lebih memahami mana pancasila yang terkait dengan bahasa yang prespektif ilmiah baik secara histories, politis, sosiokultural dan filsafati serta paradigma pembangunan bangsa.

Pada umumnya politik adalah suatu kegaiatan  dalam satu sistem yang menyangkut proses menentukan tujuan melaksanakannya mengenai pengambilan keputusan mengenai pengaturan dan pembagian alokasi dari sumber-sumber tersebut. Cara ini di gunakan untuk bisa berperan aktif melaksanakan kebijakan dari kekuasaan dan kewenaangan dengan baik yang di miliki agar membangun kerjasama dan menyelesaikan konflik timbulnya memungkinkan dalam proses. Oleh karena itu pancasila mempengaruhi aspek pengembangan apapun dari agama dan hukum.

Kelebihan Buku   :
Bahasa dalam buku ini sangat mudah di pahami bagi pembacanya.
Buku ini sangat berpengaruh untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme.
Dapat memberikan wawasan lebih bagi pembaca untuk lebih mengetahui dasar negara.
Penulisan buku yang tidak nembosankan.

Kekurangan Buku :
Penjelasan yang berbelit belit.
Ada beberapa penulisan kata yang salah.
Ada beberapa istilah asing dalam buku yang tidak di jelaskan secara detail.

Bagikan :

Tambahkan Komentar