Oleh : M. Zainal Abidin – Mahasiswa Universitas Islam Malang

Judul Buku      : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Pengarang        : M. taufik, S.H., M.H., Dkk.
Penyunting       : Hayat dan H. Suratman
Penerbit           : Baskara Media
Cetakan           : Pertama, Juli 2018
Tebal Buku      : Xii + 382 Halaman

PANCASILA- dalam lintasan sejarah. Pancasila sudah ada ketika indonesia masih di zaman masa kerajaan. Kerajaan-kerajaan tersebut diantaranya kerajaan Kutai, Zaman Sriwijaya, dan Kerajaan Majapahit.

Setelah masa kerajaan. Indonesia mengalami zaman penjajahan. Sejarah mencatat bahwa Belanda berusaha untuk memperkuat kekuasaanya d Indonesia. Belanda terbukti menindas rakyat Indonesia melalui berbagai cara, namun berkat kegigihan para pejuang untuk bebas dari penjajah, kerajaan dan pemerintahan yang ada saat itu melakukan perundingan silih berganti.

Namun, semua perlawanan senantiasa kandas karena tidak disertai rasa persatuan dan kesatuan dalam menaklukkan penjajah.. Kemudian Indonesia jatuh ke tangan Jepang karena Belanda takluk pada Jepang. Tak ada bedanya dengan Belanda, Jepang pun memeras tenaga rakyat untuk kepentingan Jepang. Janji merdeka diberikan pada Indonesia berkali-kali melalui BPUPKI dan PPKI. BPUPKI mengadakan sidang untuk mewujudkan keinginan merdeka.

Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideologi tetap bangsa serta mencerminkan kepribadian bangsa. Pancasila merupakan ideologi bagi negara Indonesia. Dalam hal ini Pancasila dipergunakan sebagai dasar mengatur pemerintahan negara. Pancasila merupakan kesepakatan bersama bangsa Indonesia yang mementingkan semua komponen dari Sabang sampai Merauke.
Pancasila sebagai sistem filsafat. Secara etimologis, filsafat berasal dari bahasa Yunani Philein yang berarti cinta, sophos yang berarti hikmah/ kebijaksanaan/ love of wisdom. Istilah bijaksana memiliki dua segi arti, yang pertama memiliki pengertian yang mendalam dan yang kedua memiliki sikap hidup yang benar. Jadi filsafat itu mencari kebijaksanaan. Filsaat memiliki manfaat seperti merasakan hidup yang lebih sadar, tidak menjadikan kita tenggelam dalam kejasmanian saja, menyebabkan kita lebih cerdas dan tangkas, dan melatih kita berpandangan luas. Filsafat juga memiliki landasan diantaranya ialah landasan ontology,epistimologi, dan aksiologi.

Dalam filsafat Pancasila terkandung di dalamnya suatu pemikiran-pemikiran yang bersifat kritis, mendasar, rasional, sitematis dan komprehensif (menyeluruh) dan sistem pemikiran ini merupakan suatu nilai. Oleh karena itu, suatu pemikiran filsafat tidak secara langsung menyajikan norma-norma yang merupakan pedoman dalam suatu tindakan atau aspek praksis melainkan suatu nilai-nilai yang bersifat mendasar. Norma-norma tersebut meliputi norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, norma hukum.

Moral dan etika memiliki hubungan yang erat. Moral adalah sesuatu hal yang mutlak harus dimiliki oleh manusia. Dan Etika adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kebiasaan manusia.

Hubungan agama dan pancasila. Agama merupakan realitas yang berada di sekeliling manusia. Agama diyakini tidak hanya berbicara soal ritual semata melainkan juga berbicara tentang nilai-nilai yang harus di konkretkan dalam kehidupan sosial. Munculnya tuntutan konkretisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan bernegara memunculkan perdebatan yang tidak kunjung selesai mengenai relasi antara Negara dan agama.
Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai paradigma merupakan landasan pola pikir bangsa Indonesia dalam membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan demikian pancasila merupakan model yang menjadi acuan dalam membangun bangsa Indonesia di segala segi kehidupan.

Pancasila memiliki nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam sila-sila pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang merupakan cita-cita bangsa Indonesia sejak dulu. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak lepas dari sebuah tatanan tingkah laku kehidupan yang sesuai dengan karakter  dan kepribadian bangsa. Oleh karena itu peranan pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara memiliki pengaruh yang sangat besar dalam tatanan bangsa dan Negara.

Hubungan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dengan pancasila dapat dilihat dari hubungan antara pancasila dengan pembukaan UUD 1945 dan hubungan pancasila dengan pasal-pasal dalam UUD 1945. Yang membuat pancasila memiliki hubungan dengan kedua bagian tersebut ialah  Pembukaan UUD 1945 telah memnuhi syarat unsur mutlak sebagai staatsfundamentalnorm. Pancasila juga merupakan asas kerohanian dari pembukaan UUD 1945.

Sistem pemerintahan memiliki dua pengertan, dalam artian sempit dan arti luas. Dalam artian sempit, sistem pemerintahan ialah perbuatan pemerintah yang dilakukan oleh badan eksekutif beserta jajarannya untuk mencapai tujuan Negara. Sedangakan dalam artian luas sistem pemerintahan adalah perbuatan memerintah yang dilakukan oleh badan legislatif, eksekutif, yudikatif di suatu Negara dalam mencapai tujuan Negara.

Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa mencapai kemajuan pesat, sehingga peradaban manusia mengalami perubahan yang luar biasa. Pengembangan iptek tidak dapat terlepas dari situasi yang melingkupinya, artinya iptek selalu berkembang dalam suatu ruang budaya.

Dari sini saya tahu bahwa pendidikan pancasila ini memang sangatlah penting untuk perguruan tinggi. Karena  melalui  pendidikan Pancasila, mahasiswa mempu memahami, menganalisis, dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.  Melalui  pendidikan Pancasila, mahasiswa dapat berpartisipasi dalam upaya mencegah dan menghentikan berbagai tindak kekerasan dengan cara cerdas dan damai. Melalui  pendidikan Pancasila, mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki pandangan yang benar terhadap nilai-nilai demokrasi dan HAM. Melalui  pendidikan Pancasila, mahasiswa berpikir kritis dan objektif terhadap persoalan kenegaraan, HAM, dan demokrasi.

Kelebihan buku ini adalah buku ini mampu menjelaskan secara rinci tentang sejarah pancasila, pengertian pancasila, tujuan pancasila dan fungsi pancasila.

Kekurangan buku ini adalah terdapat kata kata yang sulit untuk dimengerti bagi pemula yang belajar pancasila.


Bagikan :

Tambahkan Komentar