Judul Buku       : PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK PERGURUAN TINGGI
Penulis             : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H.,Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto. S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.Ap., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penyunting      : Hayat dan H. Suratman
Editor              : Asfira Fajar Humairoh
Penerbit          : Baskara Media
Cetakan           : Pertama, Juli 2018
Tebal Buku      : xii + 382 halaman
ISBN                 : 978-602-50306-7-3
Oleh: Jauhar Nabil

Ikhtisar Buku

Buku Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi merupakan buku yang berisi tentang pengetahuan dan pendidikan . Buku ini tersusun menjadi 11 bab yaitu : Pancasila dalam lintas sejarah, pengertian pancasila dan perkembangannya, pancasila sebagai ideologi negara, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai etika politik, hubungan agama dan pancasila, pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara, nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, UUD Negara Republik Indonesia, sistem pemerintahan, dan pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Buku ini sangat memudahkan kita untuk memahami tentang pancasila.Buku ini juga tetap mengikutsertakan nilai-nilai agama yang terkait dengan dasar-dasar Pancasila,tidak hanya menyuguhkan tentang pendidikan pancasila saja.

Ide yang ada pada buku ini merupakan suatu pengalaman dan penelitian dari penulis. Karena semakin rendahnya kesadaran generasi bangsa akan pentingnya pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan, maka pendidikan pancasila harus disampaikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun banyak yang masih memegang erat dengan pancasila tanpa disertakan dengan perilakunya yang mencerminkan setiap sila di Pancasila,sebagai mahasiswa , kita boleh melakukan hal-hal yang kita inginkan. Tapi ,tetap ingat mengikuti orang yang mungkin lebih berpengalaman dari kita sendiri. Sehingga  ,Buku ini mampu memberikan pelajaran positif bagi masyarakat dan memberikan langkah konkrit kepada dosen pengampu mata kuliah pancasila.

Kelebihan dalam buku ini yaitu sangat cocok dibaca oleh semua kalangan, terutama untuk pemuda pemudi di Indonesia saat ini. Setelah membaca buku ini pemuda pemudi akan tergerak untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada buku ini dan mempraktekkan pada kehidupan sehari-hari.Karena buku ini mengajarkan apa arti sebenarnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.Kelebihan buku ini yang lain yaitu memberikan informasi atau pelajaran yang sangat detail dan terperinci mengenai setiap bab yang termuat dalam buku. Sehingga apabila kita membaca buku ini, kita mengerti bahwa hidup di dunia, khususnya di Indonesia harus ada aturannya

Kekurangan  dalam buku ini kata yang digunakan sangat berbelit-belit, tidak langsung pada intinya, kurang memberikan pemahaman kepada pembaca, terutama pembaca yang masih pemula dan dapat menimbulkan pesan yang ada dalam buku tidak tersampaikan dengan baik, selain itu banyak ditemukan ejaan yang salah di dalam buku ini, banyak juga kata kata yang kurang jelas, karena beberapa kata yang tidak dapat dipahami.

Buku ini di lengkapi dengan dalil-dalil Al-Qur'an yang menyangkut tentang pancasila sehingga dapat membuat kita berpikir lebih luas lagi. Buku ini juga memberikan motivasi kepada semua orang untuk mempelajari dan mengamalkan pancasila pada kehidupan sehari-hari dan juga menambah wawasan tentang pancasila.
Bagikan :

Tambahkan Komentar