Judul buku: pendidikan pancasila untuk perguruan tinggi
Penulis: M.Taufik, S.H.,Diyan Isnaeni,S.H.Hum.,Dr.H.Mariyadi, S.H.,M.H.,Prof.Dr. H Yaqub Cikusin, S.H., M.Si.,Dr.Hj.Rahmatul Hidayati,S.H.,Dr.H. Suratman, S.H.,M.Hum.,Drs. H. Mohammad Bakar Mishbakhul Munir, M.H., Umar Said Sugharto, S.H., M.H., Dr.H. Abdul Rokhim,S.H., M.H., Hayat, S.AP., M.Si.Drs. Noorhudha Muchsin, B.E., M.M.,Ir.Sumartono, M.P.,
Penyunting: Hayat dan H. Suratman
Penerbit: Baskara Media, Aditya Media Group
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Juli 2018
Ukuran: 15X23 cm
Jumlah:xii + 382 halaman
Peresensi: M MAULIDI SYAHRUL ANAM

Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak suku, bangsa, dan agama. Dan pancasila dapat menjadikan indonesia sebagai satu kesatuan tanapa perbedaan. Inilah keunikan pancasila sebagai jati diri ditengah kemajemukan bangsa.

Bentuk negara, sistem pemerintahan, dan tujuan negara seperti apa yang ingin diwujudkan, serta bagaimana cara memujudkan tujuan negara tersebut, akan di tentukan oleh dasar negara yang di anut negara yang bersangkutan. Dengan kata lain, dasar negara akan menentukan bentuk negar, bentuk dan sistem pemerintahan, dan tujuan negara yang ingin di capai, serta jalan apa yang ingin di tempuh untuk tujuan mewujudkan tujuan negara.

Pancasila sebagai dasar negara yang autentik termaktub dalam pembukaan UUD 1945. Inti esensi nilai-nilai pancasila tersebut yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial.

Konsep pancasila dalam lintasan sejarah pun sudah ada sejak zaman kerajaan dari kerajaan kutai, kerajaan sriwijaya, hingga kerajaan majapahit. Kemudian pancasila mulai diformulasikan pada saat sidang BPUPKI yang (28 mei-1 juni 1945)

Pancasila dan juga perkembangannya dari zaman kezaman masih tetap relevan diterapkan dan di amalkan karena nilai-nilai yg terkandung dalam pancasila ini mampu mengikuti perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi. Ideologi pancasila adalah ideologi yang khas dan sesuai dengan budaya masyarakat indonesia. Sebuah ideologi yang mamapu memeprsatuakan bangsa indonesiayang terdiri dari berbagai suku agama dan bangsa.

Membangun masa depan bangsa dengan bertumpu pada nilai-nilai pancasila, betapa pentingnya pemahaman pancasial ini di terapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara baik di lingkup pedidikan maupun di luar pendidikan

Pancasiala sebagai sebuah ideologi tidak bersifat kaku dan tertutup, namun bersifat reformatis, dinamis dan terbuka. Hal ini di maksud bahwa ideologi pancasila adalah bersifat actual, dinamis, antisipatif dan senantiasamampu menyesuaikan perkembangan zaman serata mampu mengikuti dinamika aspirasi masyarakat

Buku ini memberikan informasi dan pelajaran untuk khalyak ramai denagn detail dan rinci dari setiap bab yang disajiakn di dalam buku.

Buku ini juga memberikan  gamabaran bahawa membangun masa depan juga dengan melihat apa yang terjadi di masa lalu demi kemajuan bangsa yang lebih baik.

Bagikan :

Tambahkan Komentar