Nama      : Inayatul Ainiyah
Universitas Islam Malang

Judul Buku :
Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Penyunting :
Hayat dan H.Suratman,
Penulis :
M. Taufiq, S.H., Diyana Isnaieni, S.H.,M.H.,Dr.Mayiyadi,S.H.,M.H.,Prof.Dr.Drs.Yaqub Cikusin,S.H.,M.Si.,Dr.Hj.Rahmatul Hidayati/S.H.,M.H.,Dr.Suratman,S.H.,M.H.,Drs. H. Drs.H.Moh. Bakar Misbakhul Munir,M.H., H.Umar Sa’id Sugiharto,S.H., M.H., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs, Noorhuda Muchsin, B.E.M., M.M., Dr.Ir. Sumartono, m.p.
Penerbit :
BASKARA MEDIA
Aditya Media Group
Anggota IKAPI No. 003/DYI/94
Alamat:
Jl. Telogo Suryo No. 49 Tlogomas Malang
Tlp./Faks (034)568752
Jl. Bimasakti No. 19 Yogyakarta 55221
Tlp./Faks. (0274)520612-52013
Tahun terbit   : juli 2018
Ukuran   : 15 x 23 cm
Jumlah halaman: xii + 382 halaman
Harga buku   : Rp. 45.000

Pancasila adalah sebagai  sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, bagi bangsa Indonesia oleh sebab itu, seluruh tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia menggunakan pancasila sebagai nilai dasar dan tolak ukur baik buruk serta benar salahnya sikap dan tingkah laku sebagai rakyat bangsa Indonesia yang baik. Apalagi pada zaman sekarang ini (milenial) banyak sekali para pemuda yang tidak menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, kebanyakan perilaku pemuda yang menyimpang dan tidak berada pada aturan yang telah diterapkan, hal itu dikarenakan remaja yang kurang sadar akanrasa pengamalan nilai pancasila dalam kehidupan.


Oleh karna itu, dengan mempelajari atau mengkaji nilai-nilai pancasila seseprang dapat memahami pancasila, untuk menghayati pancasila dan dapat mengamalkan pancasila serta melestarikan pancasila. Jika pancasila sudah mampu diamalkan dan merasakan manfa’at darinya, maka akan tumbuh kesadaran untuk menjaga agar pancasila dijadikan sebagai tolak ukur kepribadian bangsa, karna sudah jelas pada uraian dalam buku ini, bahwa pancasila sudah diterapkan sejak zaman kerajaan di Indonesia kemudian dilanjutkan pada zaman penjajahan, kebangkitan nasioanal, pasca kemerdekaan hingga sa’at ini.

Banyak pendapat menurut para ahli tentang pengertian pancasila, namun pada intinya pancasila adalah dasar falsafah serta ideology Negara yang diharapkan dapat menjadi pandangan hidup bangsa. Pancasila sebagai system filsafat adalah suatu kesatuan yang saling berhubungan untuk suatu tujuan tertentu dan saling berkualifikasi yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya. Dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan Negara, etika politik menuntut agar kekuasaan dalam Negara dijalankan sesuai dengan legitimasi moral, oleh karna itu, etika politik harus mengacu pada nilai-nilai pancasila.

Di Indonesia memiliki beragam keyakinan yang dianut oleh masyarakatnya, sehingga pancasila dapat menjadi penengah segala problematika dan keselarasan hidup agama-agama di Indonesia dalam kaitannya dengan kebangsaan dan kenegaraan.

Kelebihan buku
Kelebihan buku ini adalah pembaca dapat menjadikan buku pancasila ini sebagai referensi atau dijadikan pegangan tentang pendidikan pancasila, dan dengan buku ini pembaca menjadi lebih memahami tentang nilai-nilai pancasila dan pentingnya menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, dan dalam buku ini juga membahas pancasila dalam lintasan sejarah hingga pada masa sekarang ini, juga menjelaskan pengertian serta pancasila sebagai sisitem filsafat, etika politil, hubungan beragama, dan lain sebagainya.

Kekurangan buku
Kekurangan buku ini adalah kurang memberikan pemahaman untuk pembaca yang masih pemula, karna penyusunan kata-katanya yang masih bersifat umum, sehingga menyebabkan pesannya tidak tersampaikan dengan baik.

Bagikan :

Tambahkan Komentar