Oleh Mu’adi
Mahasiswa STAINU Temanggung

Maraknya Sosial Media
Dulu sekitar tahun 2007 memiliki handphone Nokia 1208, sudah menjadi kebanggaan, walaupun hanya bisa telfon dan SMS. Dan kini Teknologi dari masa ke masa semakin maju seiring dengan perkembangan zaman. Termasuk handphone dari tahun-ketahun semakin berkembang. Bermunculan handphone cangih dari android sampai smartphone, banyak aplikasi yang terdapat dalam HP android dari Facebook, Instagram, WhatsApp, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mungkin orang mengunakan media sosial untuk melampiaskan segala sesuatu melalui layanan sosial media dari kehidupan sehari-hari, dagang hingga polotik, namun selain itu sering kali unggahan-unggahan yang ada, sering kali disalah gunakan. Kantor pusat Facebook yang ada di Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan februari 2004 hingga September 2012. Facebook memiliki lebih dari satu miliar penguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon gengam.

Tiga meliar orang sekitar 40% populasi dunia, mengunakan media sosial dan menurut sejumlah laporan, kita menghabiskan rata-rata dua jam setiap hari untuk membagikan, menyukai, menulis cuitan dan memperbaharui perangkat facebook. Artinya sekitar setengah juta cuitan dan foto dibagikan setiap menit.

Sosial media menjadi dunia baru yang bisa diperlakukan layaknya dunia nyata. Di layar televise, sering kali kita melihat selebriti-selebriti yang punya banyak pengemar. Dan didunia maya khusus nya facebook kita bisa menjadi selebriti yang mempunyai banyak followers hingga ribuan pengikut. Banyaknya pengikut didunia maya ini bisa membawa banyak keuntungan, mulai dari popularitas, tak ubahnya seperti artis layar kaca, bisa juga menjadi kesempatan mencari uang. Tapi menjadi popular di dunia maya juga tak bisa sembarangan. Telah kita ketahui bahwa Indonesia termasuk negara yang paling aktif mengunakan social media, mulai dari anak SD sampai orang tua semua memakai media social. Untuk menarik perhatian netizen yang berjuta-juta itu.

Geger di Facebook
Seperti kejadian di Temanggung tercinta ini, kemarin Pada tanggal 22 september 2019 di jalan raya Kedu, depan Hotel Nyaman terjadi kecelakaan maut yang merengut satu korban seorang anak motor yaitu klup CB dari Semarang, menurut cerita yang ada, kejadian bermula ketika segrombol  anak motor yang beriringan menyusuri jalanan dengan kecepatan tinggi, menyalip sebuah mobil sedan.

Dia berada di barisan bagian belakang dia berusaha mengikuti teman-teman yang ada didepannya, namun ia menyenggol mobil sedan tersebut kemudian ia jatuh dan tersungkur di jalan. Dari arah berlawanan ada sebuah truk yang melintas secara otomatis sepeda motor CB masuk menyelinap ke bawah kolong mobil truk tersebut, tanpa diduga kepala anak motor tersebut berada di depan ban, dan bertatap muka langsung dengan ban depan mobil truk tersebut. Langsung tanpa menunggu lama sebuah nyawa melayang, ditempat kejadian tidak bisa di selamatkan.

Namun yang saya soroti di sini bukanlah kecelakaannya yang merengut korban jiwa salah satu geng sepeda motor tersebut, melainkan postingan yang ada disosial media facebook, disebuah grup Facebook, yang bernama IKKT(info kecelakaan dan kriminalitas temanggung) saya pun termasuk salah satu anggota dari grup sosmed tersebut. Sebuah akun facebook yang bernama Lian Thu Yandhet mengunggah info dan tragedi tentang kecelakaan tersebut, yang terjadi di jalan raya kedu depan Hotel Nyaman, pada hari yang sama saat kecelakaan itu terjadi, di unggah pada tangal 22 september 2019 pada hari Minggu.

Dan postingan tersebut di banjiri berbagai komentar. , namun ada yang menarik seluruh angota grup Facebook yang bernama Info Kecelakaan dan Kriminalitas Temanggung (IKKT). ada salah satu angota grup yang memberi sebuah komentar sangat tidak pantas di tulis pada sosmed yang bisa dibaca oleh semua pihak dan semua penguna sosmed.

Akun facebook dengan nama Wahab Gokil menulis sebuah cuitan yang berbunyi “Kapok modaro suu sssuu, nyatane mempan modar nek kencot truk. Rasembodo nek ge konvoy bareng do sak geleme dewe neng ndalan”. Secara otomatis penguna facebook lainya membalas komen atau cuitan tersebut dengan berbagai pendapat. Respon yang berbeda-beda pun muncul sebagian menghujat akun facebook Wahab Gokil yang memberi ucapan sangat tidak pantas tersebut, respon pun bertubi-tubi muncul menghujat komentar yang sangat tidak sopan tersebut. Seluruh pengguna facebook di temanggung, digemparkan dengan postingan tersebut. rekormuri pun muncul. Dalam jangka waktu satu hari komen dari postingan kecelakaan tersebut mencapai 3.500an dan suka atau like mencapai 3.200an mungkin itu rekor tertinggi dan terbanyak di temanggung.  

Banyak orang yang mencari tau tentang pemilik akun facebook Wahab Gokil tersebut, ada yang mencari rumahnya, nomer teleponnya, dan lain-lain. Banyak orang yang tau dan kenal dengan sosok Wahab Gokil, sehingga terkenal dan viral di sosmed. Selang satu hari setelah Wahab Gokil dikenal orang banyak dan viral, kemuadian muncul memberi klarifikasi dan menangapi komen yang sudah terlalu banyak menghujadnya di facebook.

Hati-hati ber media sosial
Tangapan saya tentang peristiwa ini. Berhati-hatilah saat mengunakan sosial media, berbijaklah mengunakan kata-kata, sebenci-bencinya kita kepada seseorang tetaplah menjujung nilai kesopanan, dan menghargai seseorang yang dilanda musibah. Karena dunia maya khususnya Facebook merupakan dunia kedua setiap orang, banyak orang popular didunia maya. Contoh artis-artis, orang-orang hebat disekitarmu.

Jika ingin menjadi populer atau terkenal didunia maya buatlah prestasi sebanyak-banyaknya di dunia nyata. Dengan kecerdasan di dunia nyata, salah satu kunci untuk menjadi terkenal dimedia sosial dengan pengetahuan yang luas, secara otomatis orang juga akan tertarik mengikuti popularitas kita didunia maya.

Semudah itukah menjadi orang yang terkenal dan viral..!!!!!
Hanya dengan dua jari dan sebuah kata atau tulisan yang tak pantas, nyleneh dan ekstrim????

Bagikan :

Tambahkan Komentar