Temanggung, Hariantemanggung.com - Lembaga Bahasa (LB) STAINU Temanggung, Jawa Tengah pada tahun 2019 ini kembali menggelar Lomba Cipta Puisi Tingkat SMA/sederajat Se-Jawa Tengah dan  DIY. Lembaga Bahasa (LB) STAINU Temanggung yang merupakan lembaga pengembangan dan pelayanan bahasa di STAINU Temanggung akan menyelenggarakan Lomba Cipta Puisi Tingkat SMA/sederajat Se-Jawa Tengah dan DIY dengan tema “Nasionalisme”.

Menurut Kepala Lembaga Bahasa STAINU Temanggung Effi Wahyuningsih, M.Pd., kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi imajinasi dan kreativitas penyair muda, meningkatkan rasa patriotiosme dan nasionalisme yang dituangkan dalam karya sastra dalam bentuk puisi.

Pendaftaran dan pengumpulan berkas lomba dibuka mulai tanggal 10 September sampai dengan 15 November 2019. Penganugerahan pemenang lomba akan dilaksanakan pada Sabtu, 30 November 2019 bersamaan dengan diselenggarakannya seminar literasi bersama Muhammad Rois Rinaldi, sastrawan yang sekaligus menjadi Juri dalam lomba ini.

Siswa SMA/sederajat se Jawa Tengah dan DIY yang yang berminat menjadi peserta lomba dapat melakukan registrasi dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 40.000, - (empat puluh ribu rupiah). Seluruh peserta lomba akan mendapatkan sertifikat sebagai peserta lomba cipta puisi. Selain itu, semua puisi karya peserta akan dibukukan dalam antologi puisi ber-ISBN.

“Bagi sekolah yang mendelegasikan minimal 5 peserta, akan mendapatkan satu (1) Buku Antologi Puisi (karya peserta) secara gratis," ujar beliau, Sabtu (21/9/2019).

Andrian Gandi W., M.Pd selaku ketua panitia Lomba Cipta Puisi menambahkan kegiatan ini merupakan momentum bagi penyair muda tingkat SMA Se-Jawa Tengah dan DIY dalam membangkitkan ruh dan semangat dalam menulis karya  sastra dalam bentuk puisi.

“Selain itu, kegiatan ini diharapkan semakin menggugah semangat nasionalisme dan patriotiosme generasi muda di Jawa Tengah dan DIY," katanya.

Pihaknya menambahkan 10 besar peserta dan satu pendamping  diwajibkan hadir pada hari Sabtu, 30 November 2019 untuk mengikuti rangkaian kegiatan penganugerahan pemenang lomba, seminar literasi, pemberian penghargaan kepada pemenang lomba, dan peluncuran antologi puisi karya peserta."

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung berikut: Khamim Saefuddin,  M.Pd.I (081226987584) dan Wahyu Egi Widayat (089671559908).

Untuk formulir pendaftaran silakan klik: http://bit.ly/LombaciptapuisiLBSTAINUTMG2019

Untuk Pedoman/Juknis Lomba silakan kilik: https://stainutmg.ac.id/lomba-cipta-puisi-2019

 (agw).
Bagikan :

Tambahkan Komentar