Ilustrasi
Oleh Zaenal Arifin
Mahasiswi Prodi PAI STAINU Temanggung

Assalamu'alaikum wr wb
Alhamdulillah, alhamdulillahirobbil'alamin 
Washolatu wassalamu ala asyrofil ambiyai wal murssali, sayyidina muhammadin wa'ala alihi wasshobihi ajmain, amma ba'd

Perkenalkan nama saya Zaenal Arifin, mahasiswa STAINU Temanggung. Pada kesempatan ini saya akan sedikit menjelaskan tentang rasa syukur atas nikmat yang telah Allah berikan.

Saudara sekalian,
Hari ini kita telah memasuki hari ke 13 di bulan penuh kemuliaan dan keberkahan yaitu Bulan Ramadhan. Ini menjadi kesempatan setiap hamba Allah  untuk lebih meningkatkan ketaqwaan.
Di bulan ini begitu banyak keutamaan dan manfaat yang luar biasa, salah satunya yaitu Syahrul Quran. Ramadhan merupakan Syahrul Quran yaitu diturunkannya Al Quran bukti nyata kemuliaan dan keutamaan Bulan Ramadhan. Allah Ta'ala berfirman yang artinya :
“ Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam Lailatul Qodar (Kemuliaan). Dan tahukah kamu apa malam Lailatul Qodar itu? Malam Lailatul Qodar itu lebih baik dari seribu bulan” (QS. Al Qodr 1-3)
Tentu masih banyak keutamaan dan manfaat di Bulan Ramadhan ini, antara lain Syahrun Mubarak, bulan pengampun dosa dan masih banyak lagi.
Saudaraku,
Sebagai seorang muslim hendaknya kita senantiasa bersyukur atas apa yang Allah berikan. Allah masih memberikan kesempatan kepada kita merasakan indahnya Bulan Ramadhan. Ini menjadi momentum bagi kita untuk memperbaiki iman kita kepada Allah yang masih jauh dari kata sempurna.
Berbicara mengenai rasa syukur, Allah berfirman dalam Surah Ibrahim ayat 7 yang artinya :
“ Dan ( ingatlah juga ) tatkala Tuhanmu memaklumkan : sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah ( nikmat ) kepadamu, Dan jika kau mengingkari, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih “
Saudara sekalian,
Ketika kita mulai lali dalam bersyukur, maka tengoklah saudara-saudara kita yang berada di Palestina. Di hari pertama Bulan Ramadhan saja, negara mereka sudah di jatuhi bom dan roket. Akan tetapi merekan tetap teguh menjalankan kewajiban sebagai seorang muslim dalam Bulan Ramadhan yaitu berpuasa.
Suatu ketika warga Palestina di tanya oleh seseorang : 
“ Mengapa kalian tidak pergi dan pindah ke tempat lain? Bukankah bangsa Yahudi memperlakukan kalian dengan kejamnya? “
Dan tahukah Anda apa yang mereka jawab?
“ Apabila kami pergi dari tanah in ( Palestina )? Siapa yang akan menjaga Masjid Al Aqsa? Siapa lagi yang akan menjaga tanah waqaf umat Islam? Biarlah, biarlah kami tetap di sini, mewakili kalian ( umat Islam seluruh dunia ) saudaraku “ Subhanallah
Bahkan, ada juga seorang wanita yang meninggal di tembak tentara Israel karena enggan melepas jilbabnya. Sementara di Indonesia saja, ada yang sampai mati enggan berhijab. Na'udubillahimindzalik
Saudaraku,
Tidakkah kalian malu? Mereka berperang atas nama umat Islam seluruh dunia, sedangkan kita hanya mengejar dunia semata, yang ketika kita mengejarnya dan mati seketika, itu sebagian dari hal yang sia-sia.
Saudara sekalian
Seberapa kecil nikmat yang Allah berikan, kita wajib mensyukurinya. Kita berharap Allah SWT akan menambah nikmat dan memberi pengampunannya, amin-amin ya robal'alamin
Demikian sedikit penjelasan mengenai rasa syukur yang dapat saya berikan, kurang lebihnya mohon maaf 
Wabilahi taufiq wal hidayah
Wassalamu'alaikum wr wb

Bagikan :

Tambahkan Komentar