Oleh Puji Rahayu
Mahasiswi PAI IA STAINU Temanggung, tulisan ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Filsafat Umum yang diampu Hamidulloh Ibda


Dalam pengertian KBBI, Carang Gesing berarti makanan kukus tradisional Jawa, dibuat dari pisang yang sudah masak, dicampur dengan santan kental, dibungkus dengan daun pisang.
Kue Carang Gesing merupakan salah satu kekayaan kuliner Nusantara yang merupakan kue khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta . Namun karena begitu populernya kue carang gesing khas Jogja , kue carang gesing pun sudah dapat ditemui dimana-dimana . Dari kota Jogja dan sekitar Jawa Tengah kita tidak akan kesulitan mencari kue carang gesing . Kue carang gesing merupakan salah satu jajanan pasar tradisional yang memiliki rasa manis enak sekali .
Cara pembuatan kue carang gesing pun sangat mudah. Bahan-bahan untuk pembuatannya pun mudah ditemukan dipasar maupun di toko bahan-bahan pembuatan roti. Beberapa bahan untuk pembuatan kue carang gesing beserta cara pembuatannya:

        
Bahan-bahan:
15 sdm tepung terigu
8 buah pisang kepok atau sesuai selera, iris
10 sdm gula pasir
1 butir telur utuh
1/2 sdt garam
2 daun pandan
150 ml santan kental
300 ml air
Daun pisang (untuk membungkus)
Lidi/tusuk gigi bersih(untuk mengikat daun)


Cara Pembuatan:
Campur semua bahan dalam panci, kecuali pisang, aduk rata, lalu masak dengan api kecil sampai mengental
Masukkan pisang, aduk sampai rata. Lalu matikan api
Ambil 2 lembar daun pisang ukuran cukup, isi dengan dua sendok adonan, lalu bungkus. Lakukan sampai adonan habis dan kukus kurang lebih 20 menit.
Selain untuk dikonsumsi sendiri, kue carang gesing banyak disuguhkan ketika ada acara-acara di kampung. Misalnya yasinan, tahlilan, kumpul keluarga dan lain sebagainya. Rasa yang khas tepung terigu dan pisang, rasanya begitu legit sehingga, pas sekali disajikan untuk acara-acara seperti itu. Dan sering sekali kita lihat, kue carang gesing kerap kita jumpai di pasar-pasar sebagai jajanan tradisional khas orang Jawa. Selain untuk mengobati rasa lapar, pisang dalam kue carang gesing juga bisa membantu menyembuhkan sariawan, karena kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya. 



Bagikan :

Tambahkan Komentar