Apa asal usul pecel mi kenci?
Asal usulnya, daerah temanggung itu mimiliki kelebihan yang sangat aneh, yaitu tumbuh kenci dimana-mana, mengapa demikian? Karena kenci itu tumbuh sangat liar di air dan kebetulan daerah temanggung termasuk sumber mata air yang sangat cukup, sehingga kenci tersebut tumbuh sangat melimpah. Karena masyarakat temanggung itu bingung sehingga mereka mengolah kenci tersebut menjadi pecel mi kenci. Dan kita bisa menemukan pecel mi kenci itu dengan sangat mudah yaitu di Kawasan objek wisata pikatan temanggung. Biasanya bukak pukul 7 sampai pukul 6.

Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan?
2 ikat kenci (selada air), siangi dan cuci
2 genggam tauge
Tambahan sayur yang lain
Untuk bumbu-bumbunya:
150 gram kacang tanah
2 siung bawang putih
1 ruas kencur
100-150 gram gula merah/gula jawa/gula aren
5 cabe merah keriting (boleh kurang boleh lebih)
1 iris (±1cm) kulit jeruk pecel/ jeruk purut
Garam secukupnya
TEMPE MENDOAN ala ibu penjual
Bagaimana cara membuatnya?
BUMBU PECEL: goreng kacang dan blender sampai halus/ agak kasar sesuai selera. Rebus/ kukus cabe sampai matang. Uleg semua bahan dimulai dari kulit jeruk pecel (klo pake) ,kencur dan baput, kemudian cabe dan bumbui garam, setelah halus tambahkan gula merah dan uleg lagi smp halus dan bumbu menyatu. Terakhir masukkan kacang halus dan diaduk dg sendok+ulekan, Saat akan disajikan tinggal dituangi air panas secukupnya (kekentalan sesuai selera) 
SAYUR: Setelah sayur disiangi dan cuci bersih, tata dalam kukusan dan diblancing ±3 menit atau tunggu air hingga mendidih, Siap di sajikan
Bagaimana rasanya?
Wow,,, keren selera sihhh,,
Untuk apa pecel mi kenci dibuat?
Untuk dimakan sebagai ganjal perut, saat tidak ada makanan lain hehe,,,

Narasumber: Wahyu Ratnasari


Bagikan :

Tambahkan Komentar