Oleh Astri Yuliana Dewi
Mahasiswi Prodi PGMI STAINU Temanggung
Tugas ini disusun untuk memenuhi mata kuliah Filsafat Umum yang diampu Bapak Hamidulloh Ibda

Apa itu kue bandros?
Bandros adalah jajanan khas yang dapat ditemukan di Jawa. Bandros adalah salah satu makanan khas daerah Jawa Barat. Kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan santan. Kue ini biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir, tapi bisa juga dengan tabran variasi lainnya.

Apa sebutan bandos di berbagai daerah itu sama?
Tidak, Kue bandros ada yang menyebutnya kue rangin ataupun kue pancong. orang Surabaya menamakannya rangin, orang Jakarta mengistilahkan kue pancong, orang Bandung menyebutnya bandros, orang Bojonegoro mengatakan tratak jaran, dan orang Bali memberi nama daluman sedangkan saya menyebutnya bandos gimbal.

Bagaimana bentuk kue bandros?
Bentuknya melengkung dengan ketebalan sekitar 2 cm. Bagian di dalam kue berwarna putih. Sedangkan pada permukaan kulitnya berwarna coklat keemasan. Bentuk kue ini mirip dengan kue pukis karena memang di cetak pada cetakan yang serupa, yakni cetakan yang berbentuk setengah lingkaran dan berjejer cukup banyak.

Apa saja jenis kue bandros?
Ada beberapa jenis bandros yang dikenal di tanah Jawa Barat. Ada yang disebut dengan bandros asin dan juga bandros manis. Kedua jenis bandros tersebut dibedakan karena ada beberapa kebiasaan di masyarakat Jawa Barat untuk makan bandros tanpa menggunakan gula, tetapi ada juga yang menggunakan taburan gula pasir sehingga membuat bandros yang dimakan terasa manis. Tak jauh berbeda dengan selera orang paraan yang kebanyakan suka dengan bandos manis.

Dimana kita dapat menemukan kue bandros?
Di Jawa Barat, khususnya di Bandung, kita dapat menemukan bandros di beberapa tempat. Kita dapat menemukan bandros dipenjual makanan yang berkeliling kompleks perumahan yang didorong atau dipanggul. Selain itu, kita juga dapat menemukan penjual bandros di sekitar pusat keramaian atau pusat perbelanjaan. Namun tidak hanya di Jawa Barat saja sekarang bandros sudah mendunia, di Temanggung sekarang sudah banyak orang yang menjual kue bandros, bahkan di paraan kita juga bisa menemukan kue bandros tersebut dengan mudah. Lebih mdahnya bisanya dijual di pasar.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat kue bandros?
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bandros antara lain tepung beras, santan, daun pandan, garam, kelapa parut kasar, telur yang dikocok, air dan gula pasir.

Lalu, bagaimana cara pembuatannya?
Pertama-tama, sebagian tepung beras, santan, daun pandan dan garam direbus bersama-sama sambil diaduk hingga mengental.

Selanjutnya, adonan yang sudah mengental tersebut dicampurkan dengan sebagian tepung beras sisa dan kelapa parut yang sudah diaduk sebelumnya.

Sambil diaduk, kita dapat memasukkan telur yang sudah dikocok dan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk secara rata.

Setelah adonan jadi, kita dapat memasukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan. Cetakan bandros serupa dengan cetakan kue pukis. Kita dapat menambahkan variasi seperti coklat, keju dan lain-lain.

Setelah kita memasukkan adonan tadi ke dalam cetakan. Adonan bandros ditutup dan biarkan hingga matang sehingga kita bisa mengeluarkan kue bandros yang sudah jadi dan disajikan dengan taburan gula pasir atau pun variasi lainnya.

Lalu, bisanya kue bandros disajikan untuk apa?
Kue bandros biasanya disajikan untuk ganjalan perut ataupun cemilan, dan biasanya disajikan bersamaan dengan teh manis atau kopi. Karena rasa bandos yang cukup gurih dan nikmat apalagi disajikan dengan teh manis atau kopi itu bisa memberikan nuansa nostalgia pada cita rasa kue tradisional


Bagikan :

Tambahkan Komentar