Ilustrasi Katalog Kuliner
Oleh Umi Chanik
Mahasiswa STAINU Temanggung

Narasumber      : Ibu Sri Wahyuti
Alamat           : Kertosari, Jumo, Temanggung.
Dadar gulung adalah salah satu makanan tradisional indonesia yang berasal dari pulau jawa, dadar gulung sendiri dibuat dari tepung beras dan pandan yang di  gulung sehingga membentuk lembaran tipis, kemudian digulung dan diisi dengan parutan kelapa manis (parutan kelapa yang dicampur dengan gula).

Bagaimana bisa disebut dengan “Dadar Gulung”?
Menurut narasumber, karena pada proses pembuatan kulit  dadar gulung seperti halnya mendadar telur  dan akhirnya disebut dengan “dadar” dan setelah selesai mendadar, selanjutnya kulit itu digulung dan diberi isi, dan dimsyarakat lebih dikenal dengan dadar gulung.

Bahan yang Dibutuhkan :
Untuk Pengisi:
- 250 g parutan kelapa
- 150 g kelapa atau 100 g gula pasir
- 100 ml air
- Garam secukupnya

Untuk Membuat Dadar:
- 250 g tepung terigu
- 1 butir telur
- 250 ml santan
- 100 ml air
- Pewarna
- Garam secukupnya





Cara Membuatnya:
Campur kelapa parut, gula, garam. Goreng campuran dalam wajan kering di atas api sedang / rendah, tambahkan air. Terus-menerus diaduk selama sekitar 5 menit atau sampai campuran kering.
Untuk membuat pancake: campur tepung, telur, pasta pandan, santan, garam dengan sedikit air. Aduk  ke dalam adonan sampai halus, seperti Anda membuat campuran pancake. Ketika sudah siap,  tuangkan 3 sendok makan adonan ke dalam panci 8 inch. Pastikan panci sama ditutupi dengan adonan sehingga menjadi lapisan tipis kue dadar. Goreng selama satu menit, balikkan dan goreng selama satu menit.
Bubuhi dadar dengan 2 sendok teh kelapa disisi pinggir (dekat dari pancake). Lipat sekali kemudian lipat di sisi kiri dan kanan dan gulung sampai habis.

Bagaimana cara agar Dadar Gulung tetep dikenal  masyarakat?
Supaya tetap dikenal masyarakat dadar gulung biasanya dijajakan di jalan – jalan atau sebagai jajanan anak sekolah.














Bagikan :

Tambahkan Komentar