Oleh: Jumilah
Peresensi adalah Mahasiswi Prodi PIAUD STAINU Temanggung

Judul Buku  : Pola Asuh Orang Tua (dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri  sebagai Pribadi yang Berkarakter )
Penulis  :Prof. Dr. Moh. Shochib
Penerbit : Rineka Cipta
Kota Terbit: Jakarta
Tahun Terbit: 2010
ISBN  :978-979-518-742-4
Jumlah Halaman :xiii + 222

Resensi ini ditulis dalam memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia yang diampu Bapak Hamidulloh Ibda, M.Pd

Gagasan Utama :
Upaya  Orang Tua Dalam Membantu Anak Untuk Mengembangkan Disiplin Diri dan Pribadi yang Berkarakter

Gagasan Tambahan :
Konsistensi orang tua dalam mendidik anak sangat berpengaruh dalam menanamkan sikap disiplin pada diri anak.Penyimpangan moral pada anak dihasilkan dari imitasi perilaku orang tua dan dikukuhkan oleh teman pergaulan. Jika orang tua berusaha un tuk men gembalikan nilai moral maka akan dirasa sebuah pendiktean dan mengusiknya dalam merealisasikan dunianya. Hal ini akan ditentang bahkan akan dilawan oleh anak. Karena keluarga berlaku tidak konsisten  dan gelapnya suasana keluarga terhadap nilai-nilai moral.

Nilai  Agama sangat dijadikan sandaran dalam kehidupan  sehingga nilai-nilai yang diupayakan oleh anak untuk memiliki dasar –dasar dan mengembangkan disiplin diri,bernafaskan dan berjiwa darinya. Anak yang berdisiplin diri yang bersumber dari nilai-nilai agama akan menjadikan pribadi yang berkarakter unggul dan bermanfaat.

Pembaruan Ide dalam Tulisan:
Upaya Orang tua untuk membantu anak memiliki disiplin diri dapat dilakukan melalui (1)Penataan Lingkungan Fisik keluarga ,(2)Penataan Lingkungan SosialInternal dan Eksternal, ( 3)Penataan Lingkungan Pendidikan Internal dan Eksternal,(4) Dialog Dalam Keluarga,(5) Penataan  Suasana Psikologis Keluarga,(6) Penataan Sosiobudaya Keluarga,(7) Perilaku Orang Tua saat terjadi pertemuan dengan anak,(8) Kontrol Orang Tua terhadap perilaku anak,(9)Nilai Moral yang menjadi dasar perilaku orang tua dan yang diupayakan kepada anak. 

Pujian Tulisan :
Menurut saya tulisan yang terdapat dalam buku Pola Asuh Orang Tua ini sangat bagus untuk pendidikan Orang Tua pada khusunya  dan pembaca pada umumnya agar tidak salah dalam memberikan pola asuh terhadap anak-anak.
Bagikan :

Tambahkan Komentar