Oleh : Fida Ulfa Sholihah
Mahasiswi Semester II Prodi Manajamen Pendidikan Islam (MPI) STAINU Temanggung

Judul : Strategi Belajar Mengajar
Penulis : Dra. Roestiyah N.K
Penerbit : PT RINEKA CIPTA
Kota Terbit : Jl. Jend. Sudirman Kav. 36-A Blok-B, No. 5, Jakarta
Cetakan : Kelima, November 1998 / Keenam, Oktober 2001
Tebal : ix+169 Hal, 14,4x25 cm
ISBN : 979-518-171-8

Resensi ini ditulis dalam memenuhi tugas Bahasa Indonesia Lanjutan dengan dosen pengampu Hamidulloh Ibda, M.Pd

Gagasan Utama : Teknik Penyajian Strategi Pembelajaran

Gagasan Tambahan :
Teknik penyajian pelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur. Pengertian lain adalah sebagai teknik penyajian yang di kuasai guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, agar pelajaran tersebut dapat di tangkap, dipahami dan digunakan oleh siswa dengan baik. Kita mengenal bermacam-macam teknik penyajian dari yang “tradisional”; yang telah digunakan sejak dahulu kala; tetapi juga yang “modern” yang digunakan baru akhir-akhir ini saja.

Dari bermacam-macam teknik mengajar itu, ada yang menekankan peran guru yang utama dalam pelaksanaan penyajian, tetapi ada pula yang menekankan pada media hasil teknologi modern seperti televisi, rdio kaset, video-tape, film, head-projektor, mesin-belajar dan lain-lain. Dalam mencapai tujuan teknik penyajian dipandang sebagai suatu alat atau sebagai suatu cara yang harus digunakan oleh guru agar tujuan dari pelajaran itu tercapai. Sudah sewajarnya pula bila setiap teknik mengajar hanya dapat digunakan di dalam situasi dan tujuan tertentu ; kalau situasi mengajar dan tujuan berubah, maka cara mengajarnya juga harus lain. Karena itulah seorang guru atau instruktur harus menguasai beberapa macam teknik penyajian dengan baik, sehingga ia mampu memilih teknik yang paling efektif untuk mencapai suatu tujuan tersebut, tanpa terasa mengubah situasi pengajaran.

Seorang guru harus mengenal sifat-sifat yang khas pada setiap teknik penyajian, hal itu sangat perlu untuk penguasaan setiap teknik penyajian, agar ia mampu mengetahui, memahami dan trampil menggunakannya, sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Walaupun setiap teknik penyajian mempunyai ciri khas, berbeda satu dengan lainnya, namun kita perlu memiliki suatu pola atau standar untuk mempelajari suatu teknik itu dan bisa saling melengkapi.

Pembaruan Ide dalam Tulisan :
Dalam teknik karya wisata, kadang dalam proses belajar mengajar siswa perlu diajak ke luar ruangan atau ke lapangan untuk meninjau tempat tertentu atau obyek yang lain. Hal itu bukan hanya sekedar rekreasi, tetapi juga untuk memperdalam pelajarannya dan untuk pengetahuan. Mereka juga dapat melihat, mendengar, meneliti dan mencoba apa yang dihadapinya, Hlm85 .

Sebagai mahasiswa saya sangat setuju dengan teknik karya wisata yang mengajak siswanya untuk meneliti berbagai penelitian yang di luar ruangan agar siswapun juga tidak bosan dengan pelajaran yang ada di dalam ruangan.



Keunggulan :
Keunggulan buku ini adalah bahasanya mudah untuk di mengerti sehingga kita dapat dengan cepat mengerti isi yang terkandung di dalamnya. Dan sangat tepat untuk bimbingan para calon pendidik yang berkarakter baik.

Kelemahan :
Kelemahan buku ini adalah kurang menariknya tampilan buku atau sampulnya. Terlalu banyak menggunakan angka.
Bagikan :

Tambahkan Komentar