Temanggung, Hariantemanggung.com
- Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) INISNU Temanggung. Melaksanakan sosialisasi guna memperkuat daya saing UMKM pada kegiatan pembukaan Pasar Pawon di Dusun Dangun, Kecamatan Kedu. (02/08/2024)

Pasar tersebut diinisiasi oleh KWT Wahyu Aji. Pada acara tersebut dimeriahkan oleh artis ibukota yaitu Gandes Sembodro Budy. Acara tersebut mengundang antusias banyak orang. Selain itu acara tersebut juga dihadiri oleh ketua Kelompok Wanita Tani (KWT): Eri Wahyuningsih selaku Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Mei Sujiarti Ketua Halal Center INISNU Temanggung dan Abdul Wahab Fahrub pendamping proses produk Halal P3H: Rizal Setyawan.

Selain pembukaan, kegiatan ini diinisiasi untuk Meningkatkan daya saing UMKM melalui Sertifikasi Halal. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh anggota KWT yang aktif berdagang.
Sertifikasi Halal menjadi salah satu kunci penting dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme pelaku UMKM dalam mengikuti program pendampingan dan pengawasan sertifikasi Halal yang diselenggarakan oleh Rizal Setyawan Pendamping Proses Produk Halal (P3H) Halal Center INISNU Temanggung.

Kunjungan lapangan baru-baru ini ke beberapa UMKM di wilayah Pasar Pawon Kedu menunjukkan bahwa pendampingan dan pengawasan sertifikasi Halal telah memberikan dampak positif bagi pelaku usaha.

Manfaat Pendampingan dan Pengawasan Sertifikasi Halal
Pendampingan dan pengawasan sertifikasi Halal memberikan banyak manfaat bagi UMKM, antara lain:
* Meningkatkan kepercayaan pembeli: konsumen semakin yakin dengan kualitas dan kehalalan produk UMKM yang telah tersertifikasi Halal.
* Memperluas jangkauan pasar: Produk UMKM yang tersertifikasi Halal dapat dipasarkan ke pasar yang lebih luas, baik domestik maupun internasional.
* Meningkatkan daya saing: UMKM yang tersertifikasi Halal memiliki daya saing yang lebih tinggi dibandingkan dengan UMKM yang belum tersertifikasi.
* Meningkatkan akses ke pembiayaan: UMKM yang tersertifikasi Halal lebih mudah mendapatkan akses ke pembiayaan dari perbankan.

Upaya Pemerintah dalam Mendukung Sertifikasi Halal UMKM. (htm/nisa)
Bagikan :

Tambahkan Komentar