Semarang, Hariantemanggung.com - Perkemahan Prestasi Ma’arif NU I (Persimanu I) Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU (Sakoma NU) Jawa Tengah akan diramaikan 1.059 peserta se Jawa Tengah, 110 panitia dan juri, dan 275 pendukung kontingen. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Sakoma NU Jawa Tengah Kak H. Shobirin pada Rabu (12/7/2023).

Dikatakannya, bahwa kegiatan PERSIMANU I Jawa Tengah tahun 2023 akan dilaksanakan pada hari Rabu 12 Juli 2023 sampai Sabtu 15 Juli 2023 di Bumi Perkemahan Munjuluhur Kabupaten Purbalingga.

Kak Shobirin menjelaskan bahwa Perkemahan Prestasi Ma’arif NU (Persimanu I) merupakan perkemahan yang dilaksanakan oleh Pengurus Sakoma NU Lembaga Pendidikan Ma'arif NU PWNU Jawa Tengah. Persimanu I diselenggarakan secara serentak untuk jenjang penggalang dan penegak. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan format perpaduan antara kemah besar dan perlombaan yang merupakan sifat anak, remaja dan juga pemuda

dalam kegiatannya sehari-hari dan dapat digunakan sebagai alat pendidikan dalam mencapai tujuan Gerakan Pramuka. 

"Dalam perlombaan ini, prinsip-prinsip kemanusiaan akan terasah dengan diperkuat keberanian, kreativitas, keuletan, kesabaran, ketekunan, kepercayaan diri, persaingan secara sehat (sportif) yang berkembang menjadi pribadi yang disiplin/patuh, bertanggung jawab, dan mempunyai sifat kepemimpinan atau leadership," kata Kak Shobirin.

Sementara itu, tujuan Persimanu I ini adalah untuk mempererat tali persahabatan dan persaudaraan antar sesama Penggalang

dan Penegak se-JawaTengah dai bawah naungan Sakoma NU Jateng, memperkuat persatuan dan kesatuan, meningkatkan pengembangan jiwa kepemimpinan dan patriotisme pramuka penggalang, memberikan tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan bagi Pramuka Penggalang yang sangat berguna untuk mengabdi kepada masyarakat, negara dan bangsa.

"Kegiatan ini juga sebagai ajang kompetisi bagi Pramuka Penggalang dan Penegak di bawah naungan Sakoma NU se-Jawa Tengah, meningkatkan inovasi dan kreatifitas Pramuka Penggalang dan Penegak dalam bingkai kekinian yang berbudaya, dan meningkatkan rasa cinta tanah air yang tinggi, sebagai implementasi

dari Kode Kehormatan Pramuka, yaitu Janji Trisatya dan Ketentuan Moral Dasa Dharma," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pendidikan Ma'arif NU PWNU Jawa Tengah R. Andi Irawan mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan mandat dari hasil rapat Sakoma NU PCNU se Jawa Tengah dengan mengusung tema “Berukhuwah menuju Sakoma NU Jateng Gemilang”.

Andi juga berharap semua peserta menjaga sportivitas, menjaga kebersihan dan kesehatan agar kegiatan Persimanu I berjalan maksimal. Pihaknya juga mengapresiasi semua panitia wilayah dan panitia dari Purbalingga yang telah mempersiapkan kegiatan tersebut. 

Sesuai rencana, upacara pembukaan Persimanu I dilaksanakan pada Rabu 12 Juli 2023 di lapangan utama Bumi Perkemahan Induk Munjuluhur Purbalingga. (Htm/Ibda)

Bagikan :

Tambahkan Komentar