Temanggung, Hariantemanggung.com - Dalam memperkenalkan pentingnya kantin halal di lingkungan madrasah, MAN Temanggung menerima sosialisasi program kantin halal pada hari Selasa, (23/05/2023).

Kegiatan yang di narasumberi oleh Abdul Wahab Fahrub, M.Pd, seorang pendamping proses produk halal yang saat ini berkarir sebagai dosen di INISNU Temanggung dihadiri oleh pengurus kantin MAN Temanggung, penjual yang berjualan di kantin, serta siswa-siswi kelas ketrampilan bisnis.

Dalam penyampaiannya, Abdul Wahab Fahrub mengatakan tentang pentingnya kantin halal di lingkungan madrasah, dengan alasan adanya kewajiban sertifikasi halal produk dari pemerintah.

"Dalam hal ini saya mengacu pada Surat Edaran BPJPH Nomor: P-2230/BD.II/Set.BD.II.1/HM.00/03/2023 tentang Sertifikasi Halal dan Peningkatan Aktivitas Pendampingan PPH dari Guru dan Tenaga Keperawatan. Yang mana dalam SE ini menekankan pentingnya semua produk yang dijual di kantin madrasah adalah produk yang benar-benar halal dan memiliki sertifikat halal dari BPJPH". Ujar Wahab.

"Program kantin halal madrasah memberikan berbagai manfaat, antara lain memberikan kenyamanan kepada konsumen di lingkungan madrasah, kemudian memberikan akses lebih mudah untuk pengembangan produk kantin dan produk siswa di lingkungan madrasah, dengan persyaratan legal formal seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikat halal yang nantinya dapat digunakan sebagai penunjang pengembangan produk. Selain itu juga akan memberikan barokah yang lebih kepada seluruh anggota sekolah". Lanjutnya.

Disisi lain, pemateri juga mendorong pihak pengurus kantin madrasah untuk memperhatikan bahan dan proses produksi di kantin, serta menyortir produk dari luar yang masuk dengan persyaratan sertifikat halal, serta mendorong kerjasama antar madrasah dalam membentuk ekosistem halal di lingkungan mereka.

"Saya sangat berharap kepada siswa kelas APHP MAN untuk mengembangkan inovasi menjadi usaha yang baik di masa depan. Dan diharapkan pula MAN Temanggung dapat menjadi pelopor madrasah yang memiliki kantin halal di kota Temanggung, karena kedepannya akan dilaksanakan pelatihan teknis tentang pendaftaran sertifikasi halal, mulai dari pembuatan akun SIHALAL hingga proses pengajuan sesuai dengan prosedur yang berlaku". Lanjutnya.

Sebagai penutup sosialisasi, Wahab berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat mendorong kepatuhan dan inovasi dalam menjalankan prinsip halal di lingkungan Madrasah.

"Dengan adanya sosialisasi program kantin halal ini, harapannya dapat mendorong kepatuhan dan inovasi dalam menjalankan prinsip halal di lingkungan Madrasah, khususnya di MAN Temanggung, serta dengan adanya kantin halal, diharapkan tercipta lingkungan yang aman dan nyaman bagi konsumen, serta memberikan peluang pengembangan usaha yang lebih baik bagi siswa. (htm/mpp)

Bagikan :

Tambahkan Komentar