Temanggung, Hariantemanggung.com - Lembaga Kemahasiswaan INISNU Temanggung dari tingkat Institut hingga Program Studi (Prodi) menggelar kegiatan Ramadan Bil Jami'ah dari Rabu, (29/03/2023) sampai dengan Selasa, (11/04/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa INISNU, terkhusus perwakilan dari lembaga kemahasiswaan tersebut terdiri dari berbagai rangkaian acara, mulai dari ngaji kitab Tarikh Al-Hawadits Wal-Ahwal An-Nabawiyyah bersama KH. M. Syakur, M.H., Tadarus Al-Qur'an yang bersifat one people one juz, Khotmil Qur'an, Pembacaan Maulid Al-Barzanji, Penyerahan Al-Qur'an dan Turutan Kepada TPQ Al-Furqan Banjarsari, Kandangan, dan Bagi-bagi takjil geratis kepada masyarakat umum Temanggung.


Dalam ngaji kitab tersebut, ormawa (organisasi mahasiswa), UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), dan UKK (Unit Kegiatan Khusus) INISNU Temanggung merealisasikan dengan 8 (delapan) kali pertemuan. Kemudian saat penyerahan Al-Qur'an dan Turutan, lembaga kemahasiswaan INISNU bekerja sama dengan LAZISNU Temanggung, dan saat bagi-bagi takjil, mereka bekerja sama dengan Polres Temanggung.

Menteri Agama DEMA INISNU Temanggung yang sekaligus menjadi ketua OC dalam kegiatan ini menyampaikan beberapa tujuan dari program Ramadan Bil Jami'ah ini.

"Selain menyemarakkan bulan suci Ramadan di kampus INISNU, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembalikan fungsi masjid kampus selain untuk ibadah melainkan untuk fungsi sosial lainnya. Sehingga kami bersama seluruh lembaga kemahasiswaan INISNU Temanggung mengoptimalkan fungsi masjid kampus bukan hanya dalam aspek kegiatan ibadah ritual saja, tapi juga pembinaan aspek wawasan sosial, politik, ekonomi, serta wawasan-wawasan lainnya." Ucap Wahyuni, saat diwawancarai.


Seusai khotmil Qur'an, Rektor INISNU Temanggung, Dr. H. Muh. Baihaqi, M.M., memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan yang dilakukan oleh lembaga kemahasiswaan INISNU Temanggung di bulan Ramadan kali ini.

"Pertama, saya sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa yang salah satu tujuannya yaitu untuk meramaikan kampus, khususnya meramaikan masjid saat bulan puasa, kedua, saat puncak acara Ramadan Bil Jami'ah tahun ini dibarengi pula dengan Nuzulul Qur'an, sehingga penuh sekali keberkahan di bulan Ramadan, dan banyak pula hikmah yang dapat kita ambil." Ujar Baihaqi, saat sambutan.

Diluar sambutannya, Rektor INISNU juga memberikan hadiah berupa uang tunai kepada santri TPQ yang dihadirkan pada kegiatan tersebut. Hadiah tersebut diberikan kepada santri yang bisa menjawab pertanyaan dari Rektor INISNU Temanggung tersebut.

Seluruh rangkaian acara mulai dari ngaji hingga puncak acara ditutup dengan buka bersama. (htm/kominfo DEMA INISNU)

Bagikan :

Tambahkan Komentar