Oleh Anisa Rejeki

Identitas buku

Judul             : MEMBANGUN PARADIGMA KEILMUAN KETUPAT    ILMU Integrasi-Kolaborasi, Collaboration of Science, Takatuful Ulum

Penyusun     : Hamidulloh Ibda

Penerbit        : YAPTINU Temanggung

Tebal buku    : 202 Halaman

Cetakan         : 1, Januari 2021

Isi

Paradigma adalah suatu asumsi-asumsi dasar dan asumsi-asumsi teoretis yang umum ( merupakan suatu sumber nilai ) sehingga merupakan sumber hukum-hukum, metode serta penerapan dalam ilmu pengetahuan sehingga sangat menentukan sifat, ciri serta karakter ilmu pengetahuan itu sendiri.

Paradigma keilmuan sangat  penting bagi perguruan tinggi karena adanya paradigma menjadikan perguruan tinggi memiliki kecirian dan karakter yang berbeda dengan perguruan tinggi lainya juga paradigma keilmuan berfungsi untuk memberikan kerangka, mengarahkan, bahkan menguji konsistensi dari proses keilmuan. Tidak hanya itu , paradigma ilmu juga berfungsi sebagai lensa para ilmuan dan dapat mengati memahami masalah-masalah ilmiah dalam bidang masing-masing dan jawaban-jawaban ilmiah terhadap masalah-masalah tersebut.

Dengan fungsi paradigma tersebut ,perguruan tinggi harus memiliki paradigma keilmuan agar bisa memenuhi Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yaitu (1) Standar Nasional Pendidikan; (2) Standar Penelitian; dan (3) Standar Pengabdian Kepada Masyarakat.

Selain itu perguruan tinggi juga dihadapkan dengan sejumlah potensi dan peluang. Pertama, adanya wacana Kampus Merdeka-Merdeka Belajar yang berimplikasi kepada kurikulum dan tata kelola perguruan tinggi. Kedua, beban dan capaian akreditasi BAN-PT yang harus mencapai 9 kriteria. Ketiga, adanya persaingan antar kampus yang mengharuskan adanya inovasi dan kreativitas. Keempat, tuntutan dunia kerja yang mengharuskan lulusan memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan yang dituntut oleh lembaga. Dengan adanya paradigma keilmuan ini perguruan tinggi bisa memenuhi Peraturan Mentri dan sejumlah potensi dan peluang, Sehingga  Paradigma keilmuan sangat penting bagi perguruan tinggi.

 

Kelebihan Buku

Buku  berjudul Membangun Paradigma Keilmuan Ketupat Ilmu ini mampu memberikan model-model paradigma keilmuan dari berbagai perguruan tinggi sehingga kita dapat memahami paradigma tersebut, juga buku ini di cetak dengan ukuran font yang sedang sehingga nyaman ketika membacanya.

 

 

Kekurangan Buku

Selain memiliki kelebihan, buku ini juga memiliki kekurangan yaitu terdapat istilah asing yang sulit dipahami.

 

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar