Magelang, Hariantemanggung.com - Bertempat di aula Politeknik Pembangunan Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma), Pjs Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Temanggung TV Hamidulloh Ibda mengajak 67 mahasiswa Program Studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Jurusan Peternakan untuk melek literasi digital. Hal itu terungkap dalam kegiatan Peningkatan Kompetensi Bidang Kemultimediaan yang dilaksanakan pada Selasa (2/8/2022).

Hamidulloh Ibda yang juga dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung tersebut mengawal materinya dengan membeberkan data bahwa Indonesia hari ini dalam bayangan internet. "Kita seumpama pergi, daripada ketinggalan HP mending ketinggalan dompet. Satu jam saja kita tidak pegang HP rasanya tidak bisa. Ini membuktikan bahwa basic need kita hari ini adalah internet. Maka ada idiom kekayaan hari ini bukan Harta Tahta Wanita, tapi sudah bergeser menjadi Harta Tahta Kuota," beber Kabid Media, Hukum, dan Humas FKPT Jateng tersebut.

Pria kelahiran Pati tersebut juga menegaskan bahwa literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat￾alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. 

"Kalau saya kutip dari Kominfo, literasi digital itu kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, membuat, dan mengkomunikasikan informasi, yang membutuhkan keterampilan kognitif dan teknis," ujar mahasiswa S3 Universitas Negeri Yogyakarta tersebut.

Pihaknya juga menyampaikan sejumlah kebijakan dalam bermedia, ciri-ciri berita hoax, fake, buzzer, media abal-abal, perundungan siber, cyberterrorism, dan peran mahasiswa dalam dunia digital. "Mahasiswa Polbangtan wajib membuat konten kreatif minimal terkait pertanian, peternakan. Jangan sampai konten-konten terkait peternakan justru dikuasai mereka yang tidak paham di bidangnya yang tidak memiliki otoritas keilmuan yang jelas," lanjut Ibda.

Usai pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi, dan direncanakan mahasiswa Polbangtan akan melakukan studi banding di LPPL Temanggung TV dalam waktu dekat. (htm/ton)

Bagikan :

Tambahkan Komentar