Anisa Rachma Agustina

Kurang lebih selama satu bulan Mahasiswa IAIN Salatiga akan melaksanakan Pelatihan Praktik Lapangan (PPL) di Inisnu Temanggung.

Berbagai agenda dibuat oleh koordinator Dewan Pembimbing Lapangan Moh. Syafi' M.Hum untuk para mahasiswa.

Salah satunya adalah pelatihan manajemen referensi Mendeley.

Mendeley ialah salah satu aplikasi manajemen referensi yang sangat penting bagi para mahasiswa.

Bagi mereka yang sedang menulis jurnal ilmiah, artikel ilmiah, dan skripsi penggunaan Mendeley sangat dianjurkan untuk memudahkan para penulis dalam mensitasi dan membuat daftar pustakan.

Namun pada kenyataannya tidak semua mahasiswa mengenal aplikasi manajemen referensi tersebut.

Masih banyak mahasiswa yang bahkan belum pernah mendengar dan mengetahui fungsi dari Mendeley

Mahasiswa yang belum mengenal manajemen referensi Mendeley akan menulis rujukannya secara manual.

Hal ini akan membuat mereka menghabiskan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugasnya.

Maka dari itu Warek II Bidang Hubungan Masyarakat Moh. Syafi’, M. Hum dan Dekan Fakultas Tarbiyah INISNU Temanggung  Andrian Gandi Wijanarko, M.Pd yang menggandeng mahasiswanya untuk menajdi pemateri dalam pelatihan manajemen aplikasi untuk mahasiswa IAIN Salatiga yang tenggah melaksanakan PPL di INISNU Temanggung.

Pelaksanaaan pelatihan manajemen referensi dilaksanakan pada 5 Agustus 2022 pukul 2022 di gedung Akper NU Temanggung.

Para mahasiswa PPL IAIN Salatiga dikenalkan dan dilatih untuk menggunakan aplikasi Mendeley untuk memudahkan mereka ketika melakukan sitasi dalam pengerjaan karya ilmiah.

Pelatihan dimulai dari mengenalkan aplikasi  manajemen referensi, penjelasan mengenai bahaya plagiarisme, kegunaan dari aplikasi Mendeley, manfaat aplikasi Mendeley, kelebihan aplikasi Mendeley, kekurangan aplikasi Mendeley, setelah itu peserta pelatihan diperkenankan untuk membuka laptopnya dan mendownload aplikasi Mendeley.

Setelah selesai di download para peserta diarahkan untuk menginstal aplikasi tersebut.

Setelah aplikasi terinstal, pemateri akan memberi pengarahan dan cara penggunaan aplikasi Mendeley.

Dimulai dari membuat akun Mendeley, lalu menghubungkan akun Mendeley ke MS. Word, setlah itu peserta dikenalkan beberapa fungsi dari tools yang ada diMendeley.

Peserta juga diajarkan untuk memasukkan sumber referensi dan memaksimalkan penggunaan Mendeley sebagai aplikasi manajemen referensi.

Pemateri memantau satu persatu peserta dan memastikan apakah peserta telah memahami kegunaan dari aplikasi Mendeley tersebut.

Pelatihan dilanjutkan dengan membuat daftar pustaka secara otomatis dengan aplikasi Mendeley. 

Harapan dari Dekan Fakultas Tarbiyah INISNU Temanggung Andrian Gandi Wijanarko, M.Pd ialah para Mahasiswa PPL IAIN Salatiga dapat mengenal dan menggunakan aplikasi Mendeley dalam penulisan berbagai karya ilmiah, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal dan manfaat bagi para Mahasiswa IAIN Salatiga yang tengah mengadakan PPL di INISNU Temanggung.***

Bagikan :

Tambahkan Komentar