Temanggung, Hariantemanggung.com - Bertempat di Ex Stasiun Temanggung, Komunitas Layar Budaya mengadakan kelas menulis tingkat lanjut pada tanggal 19-21 Agustus 2022.

Pada kesempatan tersebut, komunitas yang digagas pada November 2021 ini, menggandeng para pegiat literasi milenial. Sri Wintala Achmad, penulis senior, menjadi narasumber dalam kesempatan ini. 

Pengenalan komunitas layar budaya dan program-program mereka menjadi agenda pada hari pertama. Menurut penggagas komunitas ini, Andi Yoes, salah satu latar belakang terbentuknya Komunitas Layar Budaya adalah keprihatinan tentang minimnya dokumentasi dan literasi tentang kebudayaan Temanggung. Lebih lanjut, beliau  mengatakan bahwa literasi yang dimaksudkan bukan hanya sebatas pengetahuan tentang kebudayaan tersebut.  Akan tetapi juga pemahaman yang mendalam terkait makna filosofis budaya Temanggung. 

Pada hari kedua, kegiatan yang dilaksanakan adalah pembahasan tentang karya para penulis milenial. Pada kesempatan ini, pegiat literasi diminta untuk memaparkan dan mendiskusikan tentang karya yang pernah di buat. 

Rencana tindak lanjut menjadi pokok bahasan pada hari ketiga. Bersama dengan para penulis milenial, komunitas layar budaya akan melakukan aksi nyata dalam menghidupkan literasi, khususnya literasi tentang kebudayaan Temanggung. (htm/dwi Kurniawan)

Bagikan :

Tambahkan Komentar