Temanggung, Hariantemanggung - Kemajuan prodi dimulai dari penyusunan VMTS atau Visi Misi, Tujuan dan Strategi yang disusun dengan sistematis, baik dan rapi. Acara di adakan di Jambu Klutuk dengan pembahasan Pemaparan VMTS PAI oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam INISNU Temanggung, evaluasi VMTS PAI, pembahasan kesiapan MBKM prodi PAI untuk tahun ajaran 2022/2023 narasumber dari UIN Salatiga yaitu Dr. Suwardi, M.Pd. acara dilaksanakan Rabu, 20 Juli 2022 turut hadir beberapa stake holder juga user dan alumni serta mahasiswa dan dosen seperti Aisjah, M.Pd. kepala SMA N 1 Parakan Temanggung, Ida Herlina M, Pd. Alumni sekaligus user dan kaprodi PAI Luluk Ifadah, M.S.I., turut hadir beberapa dosen PAI 

Luluk menambahkan, Pembuatan VMTS untuk prodi menyesuaikan dari tingkat Institut dan Fakultas yang terbaru. Karena untuk menentukan VMTS untuk tingkat prodi harus ada kesinambungan dengan fakultas dan institut terutama yang berkaitan dengan bidang kerjasama. Akan tetapi prodi PAI disepakati untuk membuat VMTS sesuai dengan program-program yang ingin dicapai oleh prodi PAI”. Jelas aktivis HMI nasional tersebut.

Beberapa masukan pun masuk seperti Aisjah, M.Pd. menyatakan: “Visi dan Misi harus disertakan tahun ketercapaian, karena untuk memotivasi terwujudnya program-program yang sudah direncanakan. “Paling tidak ada jangkauan tahun untuk mewujudkan program kerja yaitu minimal 5 peridoe kepemimpinan yaitu tercapai pada tahun 2042, tegasnya. Senada dengan beliau, Ibu Aida Herlina, M.Pd., Mengatakan :“Prodi PAI harus percaya diri dalam memberikan kata Unggul dalam merumuskan VMTS karena membuktikan keseriusan dan kemampuan prodi dalam mencapai akreditasi A”, lanjutnya “Unggul yang dimaksud dalam VMTS harus memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh lulusan Prodi PAI dari perguruan tinggi lainnya. Jelasnya. 

Nur Alfi Mu’anayah, S.S., M.Hum. juga menambahkan: “ Perlu disertakan diksi khusus dalam Visi, Misi yang bertujuan untuk memecahkan permasalahan global seperti misalnya kesetaraan dan perdamaian dunia ”. tidak hanya itu Sigit Tri Utomo, M.Pd.I. menyatakan : “ kata terdepan dalam VMTS dihilangkan saja karena indicator pencapaiannya sulit”. Tegasnya yang juga kandidat doktor UIN Sunan Kalijaga. 

Muchammad Iqbal Chailani, M.Pd. : “kata SAINTEK dalam VMTS PAI akan dijadikan sebagai dasar atau nilai? Karena dasar dari VMTS PAI INISNU Temanggung sudah ada yaitu Islam Ahlussunnah Wal Jamaah Annahdliyah”, tukasnya, Abdul Wahab Fahrub, M.Pd. : “Output dari lulusan belum tertera dengan jelas pada VMTS Prodi PAI.” Tambahnya, Ana Sofiatul Azizah, S.S., M.Pd. : “ Penulisan kata kerja yang terdapat pada MISI harus menggunakan awalan “Me” karena menunjukkan proses misalnya “menghasilkan” atau “mewujudkan” dan lain sebagainya”, imbuhnya. 

Hasil diskusi pada acara tersebut melahirkan Opsi rumusan Visi Prodi PAI oleh narasumber Dr. Suwardi, M.Ag.: “Pada tahun 2042, terwujudnya lulusan pendidik agama Islam unggul yang kompetitif, dan kolaboratif dalam keilmuan dan saintek berprinsip dasar Islam Ahlussunah Wal Jama’ah Annahdliyah”, Terwujudnya lulusan pendidik agama Islam unggul yang kompetitif, dan kolaboratif dalam keilmuan dan saintek berprinsip dasar Islam Ahlussunah Wal Jama’ah Annahdliyah Pada tahun 2042, jelas Wadek 1 FTIK UIN Salatiga tersebut. 

Adapun hasil diskusi perumusan MISI oleh Narasumber yaitu: Melaksanakan/ Menyelenggarakan/ Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang berprinsip Dasar Islam Ahlussunah Wal Jama’ah Annahdliyah yang menjujung / menghargai kearifan lokal, Melaksnakan/ Menjalin kerjasama yang berprinsip Dasar Islam Ahlussunah Wal Jama’ah Annahdliyah yang menjujung / menghargai kearifan local Melaksanakan/ Menyelenggarakan/ Mengembangkan manajemen terpadu, bermutu, transparan, akuntabel, dan demokratis. Adapun hasil diskusi tujuan oleh narasumber: Menghasilkan Pendidik Agama Islam yang profesional, kompetitif, menguasai Saintek dan kolaboratif yang berprinsip dasar Islam Ahlussunah Wal Jama’ah Annahdliyah yang menjujung / menghargai kearifan local, menghasilkan ilmu pengetahuan Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan Saintek berprinsip dasar Islam Ahlussunah Wal Jama’ah Annahdliyah yang menjujung / menghargai kearifan local, mewujudkan manajemen untuk mendukung pelaksanaan tri dharma yang berprinsip Dasar Islam Ahlussunah Wal Jama’ah Annahdliyah yang menjujung / menghargai kearifan lokal. Dari kegitan ini prodi PAI INISNU Temanggung berharap terus meningkatkan mutu mengingat sudah banyak lulusan S1 yang terserap ASN baik PNS maupun ASN PPPK dikarenakan prodi PAI sudah terakreditasi BAN PT dengan predikat “Baik Sekali” menuju “Unggul”, selain itu prodi PAI tahun ini juga membuka pasca sarjana S2 (Magister) PAI (STU).(htm/sul)

Bagikan :

Tambahkan Komentar